Faktor genetik dan imunitas bisa menyebabkan penyakit kulit psoriasis.
Selain faktor genetik dan kekebalan tubuh, ada kondisi lain yang memicu psoriasis.

Psoriasis merupakan penyakit yang menyebabkan penumpukan kulit mati. Penyakit ini mengubah sel kulit tumbuh lebih agresif sekitar 5-10 kali lebih cepat dibandingkan kondisi normal.

Kulit-kulit yang berkembang cepat ini pun tidak mengelupas, dan malah menumpuk di kulit, sehingga menimbulkan sisik yang gatal. Penyebab psoriasis ini sendiri masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli.

[[artikel-terkait]]

Para ahli mencurigai adanya persoalan kekebalan tubuh, yang memicu kombinasi genetik di bawah kulit. Berikut dugaan penyebab psoriasis menurut para ahli yang penting untuk Anda ketahui.

Faktor Genetik Penyebab Psoriasis

Bagian terkecil dalam DNA yang disebut gen, merupakan salah satu strukstur pembangun sel. Gen memengaruhi kondisi anggota tubuh seperti mata dan warna rambut. Saat mengalami psoriasis, gen dalam tubuh yang mengatur sinyal imun mengalami percampuran.

Alih-alih dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit, sel kulit malah menjadi bermasalah. Para ahli menemukan bahwa setidaknya ada 25 gen yang berbeda pada penderita psoriasis.

Penyebab Psoriasis Lainnya

Jika Anda tidak memiliki masalah dari gen atau imun, mungkin ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebab psoriasis, antara lain:

  1. Kulit yang luka. Luka pada kulit dapat terjadi karena gigitan serangga, goresan benda tajam, atau garukan yang Anda lakukan secara kasar.
  2. Infeksi bakteri streptococcus. Kondisi ini biasanya lebih mengarah ke radang yang memicu psoriasis guttate. Hal ini umumnya lebih banyak dialami oleh anak-anak yang sering mengalami radang tenggorokan, infeksi telinga, amandel, dan infeksi pernapasan seperti flu, pilek, dan radang paru-paru.
  3. HIV. Psoriasis biasanya memburuk di tahap awal infeksi HIV, namun membaik ketika Anda memulai pengobatan. 
  4. Obat-obatan. Obat-obatan yang dapat memengaruhi psoriasis adalah lithium (untuk gangguan bipolar dan penyakit mental), obat untuk tekanan darah tinggi dan jantung, obat antimalaria, dan obat-obatan yang mengobati radang.
  5. Stres. Sistem imun dalam tubuh akan merespons tekanan emosi dan mental yang dirasakan manusia. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab psoriasis.
  6. Rokok. Salah satu kegiatan yang paling berisiko adalah merokok. Dengan merokok, risiko Anda mengalami psoriasis semakin besar. Ini berkaitan erat dengan psoriasis pustular yang sulit diobati, dan memengaruhi telapak tangan serta kaki.
  7. Alkohol. Peminum alkohol yang aktif juga berisiko terserang psoriasis, seperti halnya perokok. Alkohol juga membuat pengobatan psoriasis menjadi kurang efektif.
  8. Perubahan hormon. Penyakit ini muncul pada saat perubahan hormon manusia terjadi, termasuk saat pubertas.

Ada baiknya Anda senantiasa menjaga kesehatan dan sering berkonsultasi dengan dokter jika mengonsumsi obat-obatan yang memicu penyakit ini.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/psoriasis-causes-triggers#1
Diakses pada 1 Februari 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/psoriasis
Diakses pada 1 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed