8 Penyebab Penuaan Dini Beserta Cara Mencegahnya

(0)
15 Mar 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak penyebab penuaan dini, salah satunya kebiasaan merokok.Paparan sinar matahari menjadi salah satu penyebab penuaan dini.
Tanda-tanda penuaan, seperti kulit keriput atau rambut rontok, dapat terjadi di usia muda. Kondisi ini dikenal sebagai penuaan dini. Terdapat sejumlah penyebab penuaan dini yang sering kali disepelekan, mulai dari pola makan, gaya hidup, hingga faktor lingkungan.Untuk tetap terlihat awet muda, ada baiknya Anda memahami apa saja penyebab penuaan dini dan tanda-tandanya yang perlu diwaspadai.

Penyebab penuaan dini yang sering disepelekan

Proses penuaan sejatinya tidak bisa dihindari, terutama jika Anda sudah berusia lanjut. Namun, ada beberapa cara mencegah penuaan dini yang dapat Anda lakukan di usia muda.Sebelum memahami cara mencegahnya, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu berbagai penyebab penuaan dini yang harus diwaspadai.

1. Merokok

Berbagai jenis racun yang terkandung di dalam rokok akan membuat kulit Anda terpapar dengan stres oksidatif. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menunjukkan berbagai tanda penuaan dini, seperti keriput dan kulit kering.

2. Paparan sinar matahari

Terpapar atau berjemur di bawah sinar matahari terlalu lama akan membuat kulit Anda mengalami kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV). Akibatnya, DNA di sel kulit akan rusak dan menyebabkan munculnya keriput.

3. Kondisi medis

Terdapat beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini di awal masa muda atau pubertas, salah satunya adalah progeria.Selain itu, ada pula sindrom Werner yang bisa menyebabkan keriput, munculnya uban, dan kerontokan rambut di usia 13-30 tahun. Namun, penyakit ini cukup langka dan hanya 1 dari 1 juta orang yang mengalaminya.Sindrom Hutchinson-Gilford juga bisa menyebabkan penuaan dini. Penderitanya akan mengalami masa pertumbuhan yang lambat, kerontokan rambut, hingga tubuh yang kurus. Angka harapan hidup penderita sindrom Hutchinson-Gilford hanya 13 tahun.

4. Pola tidur yang buruk

Saat Anda tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk bisa meregenerasi sel. Jika Anda kurang tidur, proses ini akan terganggu.Setidaknya ada satu studi kecil yang membuktikan bahwa pola tidur buruk dapat meningkatkan risiko penuaan dini dan rusaknya fungsi penghalang kulit (skin barrier).

5. Pola makan

Pola makan yang buruk juga bisa menjadi penyebab penuaan dini. Sebuah riset mengungkapkan, jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan, kulit akan mudah rusak.

6. Alkohol dan kafein

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat tubuh dehidrasi. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini dapat menyebabkan kulit mengendur.Sama seperti alkohol, mengonsumsi kafein berlebihan juga dipercaya dapat menjadi penyebab penuaan dini. Namun, sejumlah ahli masih belum yakin apakah mengonsumsi kopi setiap hari dapat menyebabkan keriput.

7. Faktor lingkungan

Mengutip sebuah riset, bintik-bintik dan keriput di kulit dapat diperparah oleh polusi yang ada di lingkungan sekitar.Saat kulit terpapar langsung dengan udara yang sudah terkontaminasi, kulit akan langsung bersentuhan dengan racun dan polusi sehingga menyebabkan munculnya tanda penuaan dini.

8. Stres

Jika Anda sering mengalami stres, berhati-hatilah karena masalah ini dapat memicu respons peradangan di dalam tubuh dan merusak kebiasaan tidur Anda. Sejumlah ahli percaya, hormon stres dan peradangan dapat membuat tubuh menua dengan cepat.

Tanda-tanda penuaan dini yang harus diwaspadai

Rambut rontok menjadi salah satu tanda penuaan dini
Rambut rontok menjadi salah satu tanda penuaan dini
Terdapat berbagai jenis tanda penuaan dini yang harus Anda waspadai, di antaranya:
  • Kecepatan berjalan menjadi lambat
  • Munculnya bintik-bintik cokelat di wajah hingga lengan
  • Mudah lupa alias pikun
  • Persendian mulai terasa nyeri
  • Kulit menjadi kering
  • Mudah memar
  • Sulit menaiki tangga
  • Melebarnya pinggang
  • Melemahnya genggaman tangan
  • Penglihatan mulai kabur
  • Menstruasi tidak teratur.
Jika tanda-tanda penuaan dini di atas sudah Anda rasakan di usia yang tergolong muda, tidak ada salahnya untuk datang ke dokter untuk mencari tahu penyebab dan solusinya.

Cara mencegah penuaan dini yang bisa dilakukan

Setelah mengenal tanda-tanda dan penyebab penuaan dini, terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan guna mencegahnya.
  • Jaga kulit dari sinar matahari

Entah itu berjemur di pantai atau berlari di siang hari, Anda disarankan untuk tetap menjaga kulit dari paparan sinar matahari.Gunakan pakaian yang bisa menutup tubuh Anda atau carilah tempat yang tertutup saat sedang berada di luar rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari berlebihan.Kalau bisa, gunakan tabir surya dan carilah pakaian yang sudah dilengkapi dengan perlindungan UV.
  • Berhenti merokok

Merokok akan mempercepat penuaan dini, khususnya pada kulit. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan munculnya keriput. Maka dari itu, hentikan kebiasaan merokok secepatnya.
  • Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan dan sayur-mayur, dapat menjadi cara mengatasi penuaan dini pada kulit. Selain itu, Anda juga perlu menghindari terlalu sering melahap makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan.
  • Hindari alkohol

Alkohol bisa berdampak buruk pada kulit karena mampu menyebabkan kulit dehidrasi dan rusak. Lambat laun, konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan Anda terlihat lebih tua.
  • Rajin berolahraga

Berolahraga rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat sistem imun. Inilah alasan mengapa berolahraga bisa membuat Anda awet muda.
  • Jangan melupakan air putih

Jika Anda ingin terlihat awet muda, cobalah untuk minum air putih secara rutin. Dengan begitu, tubuh akan senantiasa terhidrasi dan keriput dapat dicegah.
  • Tidur teratur

Tidur memiliki peran penting untuk kesehatan organ tubuh, termasuk kulit. Maka dari itu, cobalah untuk menjaga pola tidur Anda sehingga penuaan dini dapat dicegah.

Catatan dari SehatQ

Dengan memahami berbagai penyebab penuaan dini di atas, diharapkan Anda dapat mencegahnya agar tetap awet muda.Jika Anda mulai khawatir dengan tanda-tanda penuaan dini pada tubuh, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kesehatan kulitkulit dan kecantikanpenuaan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/premature-aging#overview
Diakses pada 1 Maret 2021
Web MD. https://www.webmd.com/healthy-aging/ss/slideshow-body-aging-faster
Diakses pada 1 Maret 2021
AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/reduce-premature-aging-skin
Diakses pada 1 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait