10 Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah yang Perlu Diwaspadai

(0)
15 Sep 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pembuluh darah mata pecah dapat disebabkan oleh cedera pada mataPembuluh darah mata pecah ditandai dengan bercak merah pada bagian putih mata
Pembuluh darah mata pecah, yang juga dikenal sebagai perdarahan subkonjungtiva, adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah kecil pecah tepat di bawah permukaan mata.Kondisi ini menyebabkan darah terperangkap di sana sehingga menimbulkan bercak merah pada bagian putih mata. Perdarahan subkonjungtiva umumnya tidak berbahaya dan akan menghilang dalam kurun waktu 2 minggu.

Penyebab pembuluh darah mata pecah

Selain munculnya bercak merah, pembuluh darah mata pecah dapat menyebabkan rasa gatal di permukaan mata sehingga membuat penderitanya tidak nyaman. Meski demikian, kondisi ini umumnya tidak terasa sakit, tidak memengaruhi kemampuan penglihatan, dan tidak ada cairan yang keluar dari mata karena darah yang terperangkap tidak mengenai bagian dalam mata atau kornea.Penyebab pecahnya pembuluh darah mata tidak selalu bisa diketahui. Namun, beberapa hal berikut adalah penyebab umum dari pembuluh darah mata pecah.

1. Batuk

Batuk yang terlalu keras dapat meningkatkan tekanan darah di area mata sehingga pembuluh darah bisa pecah. Oleh sebab itu, tahan batuk Anda agar tidak terlalu keras dan tangani masalah tersebut untuk menghindari pecahnya pembuluh darah mata.

2. Bersin

Sama halnya dengan batuk, bersin yang kuat juga bisa menyebabkan pembuluh darah pecah karena meningkatnya tekanan darah di area mata.

3. Mengejan

Mengejan terutama saat sembelit juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, termasuk di area mata, sehingga memicu pecahnya pembuluh darah mata.

4. Muntah

Muntah yang parah atau berlangsung terus-menerus bisa meningkatkan tekanan darah di area mata. Kondisi ini bisa menyebabkan pembuluh darah mata pecah.

5. Cedera mata

Cedera mata dapat disebabkan oleh hantaman keras di area mata, mengucek mata secara berlebihan, atau masuknya benda asing yang melukai mata. Kondisi tersebut bisa menyebabkan pembuluh darah di mata rusak atau pecah.

6. Diabetes

Gula darah yang tinggi bisa menjalar sampai ke bagian mata sehingga berpotensi merusak dan membuat pembuluh darah mata pecah.

7. Hipertensi

Hipertensi memungkinkan tekanan darah pada area mata mengalami peningkatan. Kondisi ini bisa memicu terjadinya pecah pembuluh darah mata.

8. Beberapa jenis obat pengencer darah

Obat pengencer darah tertentu, seperti warfarin dan aspirin, dapat menyebabkan pembuluh darah mata pecah. Kondisi ini biasanya hanya efek samping yang bersifat sementara.

9. Gangguan pembekuan darah

Gangguan pembekuan darah dapat menyebabkan darah sulit membeku. Hal ini kemungkinan bisa memicu terjadinya pembuluh darah mata pecah.

10. Operasi mata

Pecahnya pembuluh darah di mata juga mungkin terjadi ketika Anda melakukan operasi mata, seperti LASIK atau operasi katarak. Namun, kondisi ini akan segera membaik pascaoperasi.Risiko Anda mengalami pembuluh darah mata pecah meningkat seiring bertambahnya usia, terutama setelah usia 50 tahun, karena Anda lebih rentan terhadap diabetes dan tekanan darah tinggi.

Perawatan pembuluh darah mata pecah

Anda tidak memerlukan perawatan khusus untuk mengobati pecahnya pembuluh darah di mata karena darah yang terperangkap akan terserap dalam waktu 1-2 minggu. Apabila timbul rasa tidak nyaman, gunakan obat tetes mata atau kompres es untuk meredakan rasa gatal pada mata Anda. Pastikan juga untuk tidak mengucek mata karena dapat meningkatkan risiko perdarahan berulang. Dalam kebanyakan kasus, tidak ada komplikasi yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah mata. Akan tetapi, pendarahan subkonjungtiva total dapat menjadi tanda gangguan pembuluh darah yang serius pada orang tua sehingga perlu diwaspadai.Jika bercak merah tak kunjung menghilang, muncul gejala lain pada mata, atau pembuluh darah di mata yang pecah jumlahnya lebih dari satu, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter. Mereka akan melakukan pemeriksaan mata dan menentukan penanganan yang tepat untuk mengatasi keluhan Anda.
pembuluh darahpenyakit mataperdarahan mataobat mata
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/subconjunctival-hemorrhage/symptoms-causes/syc-20353826
Diakses pada 01 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/subconjunctival-hemorrhage/diagnosis-treatment/drc-20353832
Diakses pada 01 September 2020
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/hemorrhage.htm
Diakses pada 01 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/subconjunctival-hemorrhage-eye-red-spot-causes#1
Diakses pada 01 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait