Penyebab Payudara Besar Sebelah saat Menyusui dan Cara Mengatasinya


Payudara besar sebelah saat menyusui adalah kondisi yang sangat normal terjadi, bahkan setiap wanita dapat merasakannya. Penyebab terbesarnya adalah menyusui anak dengan satu payudara saja.

0,0
04 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Payudara besar sebelah saat menyusui bisa jadi hanya satu payudara Anda saja yang aktifPayudara besar sebelah saat menyusui bisa diatasi dengan menggunakan kedua payudara Anda untuk menyusui bayi.
Kondisi payudaranya besar sebelah saat menyusui kerap dialami sejumlah ibu saat menyusui bayinya secara aktif. Anda tidak perlu khawatir, kondisi ini merupakan hal yang sangat lazim terjadi. Bahkan, setiap wanita dapat mengalami masalah yang sama.Untuk menghilangkan rasa khawatir berlebih akibat payudara besar sebelah, ada baiknya kita mengenali penyebab dan cara mengatasi kondisi ini.

Penyebab payudara besar sebelah saat menyusui

Saat menyusui, ukuran payudara akan membesar 2-3 kali lipat. Namun terkadang, kedua payudara tidak memiliki besar yang sama.Hal ini umumnya terjadi di beberapa minggu melahirkanpertama setelah , di mana pasokan ASI di dalam payudara masih dalam proses penyesuaian. Meski begitu, payudara besar sebelah masih bisa terjadi setelahnya.Payudara besar sebelah saat menyusui biasanya dapat terjadi akibat Si Kecil terlalu sering menyusu pada salah satu payudara saja.Payudara yang sering digunakan oleh bayi untuk menyusu ini akan lebih terangsang dan memproduksi lebih banyak susu sehingga ukurannya akan membesar untuk mengakomodasi pasokan ASI yang melimpah ruah.Lantas, bagaimana dengan payudara yang jarang digunakan untuk menyusui? Payudara ini jarang mendapatkan rangsangan sehingga produksi susunya tidak selancar payudara di sebelahnya. Hasilnya, ukurannya pun tidak ikut membesar.

Cara mengatasi payudara besar sebelah saat menyusui

Payudara besar sebelah saat menyusui dapat disebabkan oleh si bayi yang menyusu dari satu payudara saja
"Aktifkan" kedua payudara Anda saat menyusui bayi
Sebagian dari Anda mungkin tidak memusingkan kondisi payudara besar sebelah saat menyusui. Namun, ada segelintir ibu yang mungkin terganggu dengan kondisi ini. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Aktifkan payudara yang jarang disusui

Mulailah susui Si Kecil dengan payudara yang jarang aktif itu. Setelah beberapa hari, Anda dapat melihat payudara tersebut membesar karena pasokan susunya semakin lancar. Nantinya, kedua payudara akan terlihat memiliki ukuran yang sama.

2. Gunakan pompa ASI

Setelah Anda menyusui Si Kecil, cobalah untuk memompa payudara yang tidak aktif disusui. Hal ini dilakukan untuk merangsang produksi ASI agar ukuran kedua payudara Anda seimbang. Selain itu, memompa ASI juga bisa meningkatkan produksi ASI.

3. Cari tahu alasan Si Kecil punya payudara ‘favorit’

Terkadang, ada bayi yang hanya suka menyusu dari satu payudara saja. Ketika diberikan payudara di sebelahnya, ia akan menolak. Jika ini kasusnya, cobalah cari tahu alasannya.Sambil mencari tahu penyebabnya, Anda bisa memompa ASI dari payudara yang ‘tidak disukai’ oleh Si Kecil supaya produksi susunya tetap terangsang.

4. Memijat payudara

Selagi Anda fokus menyusui anak dengan payudara yang ukurannya lebih kecil untuk menyeimbangkan ukurannya, kemungkinannya payudara yang lebih besar akan terasa nyeri karena pasokan ASI-nya sudah penuh.Cobalah pijat payudara yang lebih besar untuk mengatasi rasa nyeri dan mencegah pembengkakan. Selain itu, Anda juga bisa memompa payudara untuk menghindari pembengkakan.Jika kedua ukuran payudara Anda sudah seimbang, jangan lupa untuk rutin menyusui Si Kecil dengan kedua payudara Anda. Dengan begitu, payudara besar sebelah saat menyusui dapat dicegah.

5. Menggunakan padding atau pengganjal

Untuk mengatasi penampilan akibat payudara besar sebelah kanan saat menyusui atau payudara besar sebelah kiri saat menyusui, Anda bisa menggunakan padding atau pengganjal bra di bagian payudara yang besar sebelah. Padding ada yang terbuat dari busa, kain, silikon hingge jel. Pilihlah yang sesuai dan nyaman saat dipakai. Anda juga bisa memakai bra dengan tambahan busa pada bagian cup untuk menutupi payudara yang besar sebelah.

Kapan payudara besar sebelah saat menyusui harus dikhawatirkan?

Payudara besar sebelah saat menyusui
Sebagian besar kasus payudara besar sebelah saat menyusui tidak perlu dikhawatirkan
Bagi kebanyakan ibu menyusui, payudara besar sebelah bukanlah kondisi medis yang harus dikhawatirkan. Namun, jika payudara sudah besar sebelah sedari awal dan tidak kembali ke ukuran normalnya selama kehamilan atau setelah melahirkan, ada baiknya Anda datang ke dokter.Ada sejumlah penyakit yang menyebabkan payudara besar sebelah tapi tidak terdeteksi, misalnya payudara hipoplastik.Payudara hipoplastik adalah payudara yang tidak memiliki cukup jaringan kelenjar. Gejalanya adalah bentuk payudara yang kecil, tipis, layaknya tabung atau sangat tidak rata. Jaraknya juga bisa berjauhan dari payudara di sebelahnya. Selain itu, areolanya bisa berbentuk sangat besar. 

Catatan dari SehatQ

Payudara besar sebelah saat menyusui adalah kondisi yang sangat lazim dirasakan setiap ibu menyusui. Jadi, janganlah berkecil hati apalagi malu dengan kondisi ini.Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin datang ke dokter dan berkonsultasi. Dengan begitu, dokter dapat memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab payudara besar sebelah.Bagi Anda yang ingin datang ke rumah sakit tapi belum memiliki waktu luang, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
bayi & menyusuikesehatan wanitaibu menyusuipayudara
Healthline. https://www.healthline.com/health/breastfeeding/breasts-after-breastfeeding#changes
Diakses pada 20 November 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/breastfeeding-and-uneven-breasts-431788#:~:text=Why%20Breasts%20May%20Become%20Uneven&text=It%20can%20happen%20when%20a,really%20anything%20to%20worry%20about.
Diakses pada 20 November 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/what-are-hypoplastic-breasts-431773
Diakses pada 20 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3706053/ Diakses pada 15 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait