Penyebab Orang Memilih Abstinence, Keputusan untuk Tidak Berhubungan Seks


Abstinence merupakan pilihan untuk tidak melakukan hubungan seks dengan siapa pun, termasuk pasangan. Alasannya beragam, mulai dari tidak siap, takut sakit, hingga hendak meningkatkan kepuasan di aktivitas seksual lainnya.

0,0
Abstinence adalah pilihan seseorang yang memutuskan untuk tidak melakukan hubungan seks
Berhubungan seks merupakan salah satu kebutuhan biologis manusia. Namun, ada beberapa orang yang memutuskan untuk tidak melakukan berhubungan intim dengan siapa pun, termasuk pasangan. Keputusan untuk tidak berhubungan seks ini dikenal dengan istilah abstinence.

Apa itu abstinence?

Abstinence adalah pilihan seseorang yang memutuskan untuk tidak melakukan hubungan seks. Cara ini seringkali dilakukan untuk mencegah kehamilan atau menghindari penularan penyakit infeksi menular seksual (IMS).

Penyebab seseorang memutuskan untuk abstinence

Alasan memutuskan untuk abstinence pada masing-masing orang bisa berbeda satu sama lain. Berikut ini sejumlah alasan orang memilih untuk tidak melakukan hubungan seks dengan orang lain, termasuk pasangan:
  • Tidak siap untuk berhubungan intim
  • Ingin menjelajahi bentuk keintiman lainnya
  • Tidak mempunyai ketertarikan untuk berhubungan seks
  • Merasa tidak nyaman atau sakit saat berhubungan intim
  • Sedang dalam masa pemulihan trauma terkait hubungan seks
  • Ingin meningkatkan kenikmatan seksual selain lewat hubungan seks
  • Sudah pernah melakukan hubungan seks tapi memutuskan untuk tidak melakukannya lagi
  • Tidak punya akses untuk mengonsumsi pil KB atau menggunakan alat kontrasepsi lain seperti kondom

Tanpa hubungan seks, bagaimana cara meraih kepuasan seksual dengan abstinence?

Meski tidak melakukan hubungan intim, beberapa orang yang memutuskan untuk abstinence masih mau untuk melakukan aktivitas seksual dengan pasangan. Beberapa aktivitas seksual yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Ciuman

Orang yang abstinence sex tetap berciuman untuk menyalurkan hasratnya
Meski tidak melakukan seks penetrasi, orang yang abstinence sex tetap berciuman
Berciuman tidak hanya melepaskan hormon bahagia, tetapi juga membangun keterikatan Anda dengan pasangan. Menurut studi, pasangan yang sering berciuman melaporkan kepuasan lebih tinggi dalam hubungan mereka. Tidak hanya baik untuk hubungan Anda dan pasangan, ciuman juga memberi dampak positif bagi kesehatan secara keseluruhan.

2. Terlibat percakapan “kotor

Obrolan “kotor” bisa membangun hubungan Anda dan pasangan menjadi semakin intim. Dalam sebuah studi yang dirilis pada tahun 2017, komunikasi verbal dan non verbal punya keterkaitan dengan kepuasan seksual. Meskipun begitu, Anda harus berhati-hati ketika terlibat percakapan “kotor” dengan pasangan, terutama jika obrolan tersebut dilakukan melalui ponsel.

3. Dry humping

Dry humping adalah melakukan aktivitas seksual tanpa harus melepas pakaian. Metode ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengenal tubuh Anda dan pasangan secara lebih dalam. Anda juga dapat bereksperimen dengan berbagai posisi, teknik, bahkan pakaian yang dikenakan.

4. Masturbasi

Meskipun memutuskan untuk abstinence, Anda tetap bisa melakukan masturbasi. Masturbasi bisa dilakukan secara bersamaan dengan pasangan. Selain bisa memberi kepuasan seksual, masturbasi juga menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

5. Seks oral

Meski abstinence, kepuasan seksual bisa didapatkan dengan melakukan seks oral
Kepuasan seks bisa didapatkan dengan seks oral
Seks oral dapat membantu Anda untuk memperoleh kepuasan seksual tanpa harus melakukan hubungan seks. Ketika melakukan aktivitas ini, Anda bisa saling memanjakan organ vital satu sama lain untuk mencapai orgasme.Perlu diingat, aktivitas-aktivitas di atas memang dapat mencegah kehamilan tetapi tidak bisa mengurangi risiko penularan penyakit infeksi menular seksual lewat kontak fisik, kecuali jika Anda dan pasangan hanya terlibat percakapan “kotor”. Untuk memberi perlindungan ekstra ketika melakukan aktivitas seksual seperti seks oral, kondom bisa dijadikan pilihan.

Apakah abstinence sama dengan selibat?

Orang yang memutuskan untuk abstinence dan selibat sama-sama memilih tidak melakukan hubungan seks. Bedanya, orang yang memutuskan selibat tidak melakukan aktivitas seksual karena alasan agama atau kepercayaan.Selain itu, abstinence umumnya hanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu saja. Sementara itu, selibat merupakan keputusan jangka panjang atau bahkan bisa berlangsung selama seumur hidup.

Catatan dari SehatQ

Abstinence adalah pilihan seseorang untuk tidak melakukan hubungan seks dengan siapa pun, termasuk pasangan. Ada beragam alasan orang melakukannya, mulai dari tak siap melakukan hubungan seks, sakit saat berhubungan intim, hingga ingin meningkatkan kepuasan di aktivitas seksual lainnya.Selain itu, abstinence juga biasanya dilakukan untuk mengontrol kehamilan serta mencegah penularan penyakit infeksi menular seksual. Meski begitu, perlu diingat bahwa cara ini hanya mengurangi risikonya saja.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal abstinence dan cara melakukannya dengan benar, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
hubungan sekshubungan seksualinfeksi menular seksualkepuasan seksual
Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/abstinence
Diakses pada 5 Mei 2021
Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/abstinence.html
Diakses pada 5 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait