Ini 7 Kondisi yang Dapat Menjadi Penyebab Nyeri Tumit


Nyeri tumit sering terjadi saat Anda berdiri dalam waktu yang lana. Kondisi ini tidak hanya disebabkan oleh cedera. Ada beberapa penyebab nyeri tumit yang harus diketahui, salah satunya heel spur.

0,0
20 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Nyeri tumit kerap terjadi saat Anda berdiri dalam waktu yang lamaPada kebanyakan kasus, nyeri pada tumit bukan disebabkan oleh cedera
Nyeri tumit kerap terjadi saat Anda selesai berolahraga atau berdiri dalam waktu yang lama. Rasa sakit umumnya dialami di permukaan tumit atau di bagian belakang tumit. Namun terkadang, rasa sakit ini dapat juga dirasakan di area kaki di samping tumit.
Pada kebanyakan kasus tumit sakit, penyebabnya bukanlah cedera. Kondisi ini umumnya merupakan gangguan ringan. Namun apabila tidak segera diatasi, tumit sakit ini dapat berkembang menjadi parah dan bahkan membuat Anda sulit untuk bergerak.

Penyebab tumit kaki sakit

Untuk mendapatkan perawatan yang tepat, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab munculnya rasa sakit pada tumit. Berikut ini 7 kondisi yang paling sering menyebabkan tumit sakit.

1. Keseleo

Salah satu penyebab tumit kaki sakit yang paling familiar adalah karena keseleo dan terkilir. Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh manapun, termasuk di tumit. Tingkat keparahannya pun bisa bermacam-macam, dari ringan hingga parah.

2. Plantar fasciitis

Kondisi ini merupakan penyebab paling umum dari tumit sakit. Plantar fasciitis terjadi karena adanya kerusakan pada fascia, struktur serupa otot yang menghubungkan antara tulang pada tumit dengan bagian dasar dari ibu jari kaki.Beberapa kegiatan seperti lari berlebihan atau berdiri dan berjalan dalam waktu yang lama, dapat memicu timbulnya kondisi ini. Selain itu, penggunaan sepatu yang kurang pas atau terlalu sempit, kelebihan berat badan, dan aktivitas telapak kaki yang berlebihan, dapat menyebabkan plantar fasciitis.

3. Achilles tendinitis

Rasa sakit yang muncul pada tumit bagian belakang, dapat disebabkan oleh achilles tendinitis. Kondisi ini disebabkan oleh peradangan pada otot achilles yang berada di belakang pergelangan kaki, dan menyambung ke bagian belakang dari tulang tumit.Kondisi ini umumnya terjadi pada orang yang banyak berlari dan berjalan, sehingga serat-serat otot achillesnya menjadi tegang dan mudah robek. Saat hal ini terjadi, akan muncul peradangan, nyeri, dan mungkin timbul benjolan tulang di belakang tulang tumit.

4. Bursitis

Bursitis tumit terjadi saat terjadi peradangan pada bagian belakang tumit yang disebut bursa. Bursa adalah kantong yang terbuat dari serat-serat fibrous dan berisi cairan.

Bursitis dapat timbul jika Anda mendarat dalam posisi yang salah setelah melompat, atau muncul tekanan yang ditimbulkan oleh alas kaki. Apabila Anda mengalami kondisi ini, rasa sakit akan dirasakan di belakang tumit, atau justru di dalam tumit.
Bursitis juga terkadang menyebabkan pembengkakan pada otot achilles. Jika tidak segera diobati, rasa sakit pada tumit akan semakin terasa parah.

5. Patah akibat tekanan berlebihan

Patah tulang akibat tekanan berlebihan (stress fracture) pada tumit umumnya terjadi pada atlet atau pelari jarak jauh, yang terus-menerus meningkatkan jarak tempuh larinya, dalam jangka waktu yang singkat. Tekanan berlebihan yang selalu diterima oleh tulang di tumit, lama-kelamaan menyebabkannya menjadi patah.Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami stress fracture adalah:
  • Kepadatan tulang yang kurang
  • Gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia
  • Gangguan pada siklus menstruasi
Selain menimbulkan rasa sakit pada tumit, kondisi ini juga mungkin disertai dengan pembengkakan dan memar pada area tulang yang patah.

6. Heel spur

Heel spur merupakan deposit kalsium yang terbentuk apabila plantar fasciitis dibiarkan dalam waktu yang lama dan tidak disembuhkan. Kondisi ini terlihat sebagai benjolan, dan terbentuk di lokasi fascia yang terhubung dengan tulang tumit.Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan biokimia tubuh, olahraga seperti berlari atau jogging, dan sering menggunakan sepatu yang tidak pas di kaki.

7. Ankylosing spondylits

Penyakit ini sebenarnya masih masuk sebagai kelompok radang sendi dan umumnya menyebabkan kerusakan di tulang belakang. Peradangan yang terjadi akibat penyakit ini, bisa berkembang menjadi sangat parah dan berujung menyebabkan nyeri kronis dan kecacatan.Dengan mengetahui penyebab tumit sakit seperti di atas, Anda diharapkan dapat melakukan perawatan yang sesuai. Segera konsulasikan kepada dokter apabila sakit pada tumit yang Anda alami, tidak kunjung hilang.
tips lari untuk pemula
olahraga lansiacederanyeri tumit
American Academy of Orthopaedic Surgeons. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/heel-pain/
Diakses pada 12 April 2019
The College of Podiatry. https://cop.org.uk/foot-health/common-foot-problems/heel-pain/
Diakses pada 12 April 2019
American Podiatric Medical Association. https://www.apma.org/Patients/FootHealth.cfm?ItemNumber=985
Diakses pada 12 April 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/181453.php
Diakses pada 12 April 2019
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/heel-pain-information-and-causes-2549378
Diakses pada 12 April 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/heel-pain#causes
Diakses pada 22 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait