Penyebab Nyeri Punggung Kaki dan Tindakan Penanganannya

(0)
10 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Penyebab nyeri punggung kaki umumnya adalah cederaNyeri punggung kaki dapat disebabkan oleh berbagai hal
Bagi orang yang gemar berolahraga, seperti sepak bola atau lari (jogging), nyeri di punggung kaki adalah salah satu keluhan yang paling sering diutarakan. Namun, tidak sedikit juga orang yang jarang bergerak mengeluhkan rasa sakit di bagian ini. Sebetulnya, apa penyebab nyeri punggung kaki yang awam terjadi?Punggung kaki adalah bagian atas kaki yang terlihat melengkung. Secara anatomi, bagian ini terdiri atas tulang tarsal dan metatarsal serta dikuatkan oleh ligamen dan tendon.Punggung kaki memainkan peran yang sangat penting dalam menyanggah berat badan Anda. Selain itu, bagian ini juga berfungsi untuk keseimbangan, menstabilkan pergerakan, dan membantu tubuh beradaptasi dengan permukaan jalanan yang tidak rata.Sakit pada punggung kaki sebetulnya merupakan keluhan yang normal, tapi bisa mengganggu aktivitas terutama ketika Anda berdiri dan berjalan. Rasa nyeri itu juga bisa menjadi sangat intens di pagi hari saat Anda bangun tidur sehingga Anda membutuhkan pereda nyeri yang tepat dan cepat.

Penyebab nyeri di punggung kaki dan gejalanya

Dibanding tumit atau telapak kaki, cedera di punggung kaki saat berolahraga mungkin lebih jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin. Asalkan Anda mengetahui penyebab nyeri yang muncul tersebut, nyeri pada punggung kaki akibat cedera saat berolahraga biasanya bisa diatasi.Beberapa penyebab munculnya nyeri di punggung kaki adalah:

1. Retak di tulang kaki bagian atas

Punggung kaki terdiri atas ruas-ruas tulang yang kecil yang disatukan oleh ligamen atau tendon sehingga membuatnya terlihat seperti melengkung. Ketika ruas tulang itu kejatuhan benda yang keras atau terinjak kaki orang lain, tulang itu bisa retak sehingga menimbulkan rasa nyeri di punggung kaki.Selain kejatuhan benda, retak pada ruas tulang di area ini bisa diakibatkan oleh jatuh dengan posisi kaki menekuk ke depan. Selain itu, terlalu lama berolahraga dan aktivitas olahraga dengan intensitas tinggi dalam waktu lama juga dapat mengakibatkan cedera di punggung kaki.

2. Retak di metatarsal kelima

Metatarsal kelima adalah tulang yang menghubungkan jari kelingking dengan punggung kaki bagian tengah. Retak ini kemudian dikelompokkan lagi menjadi tiga bentuk, yakni avulsi (metatarsal kelima keluar dari jalurnya, biasanya berbarengan dengan cedera engkel), jones (otot yang tertarik di sekitar metatarsal kelima), dan midshaft (retak di tengah metatarsal kelima karena kaki terkilir atau kecelakaan).Nyeri punggung kaki yang diakibatkan oleh adanya retak di metetarsal kelima biasanya membutuhkan perawatan dokter untuk bisa kembali sembuh.

3. Tendinitis ekstensor

Kondisi ini menggambarkan adanya bengkak atau robek pada tendon ekstensor yang terletak di punggung kaki. Nyeri akibat tendinitis ekstensor bisa terasa semakin parah ketika Anda menggerakkan kaki, apalagi menggunakan kaki untuk melangkah.Penyebab munculnya nyeri punggung kaki ini bisa berupa latihan olahraga yang terlalu intens atau terlalu lama. Latihan olahraga yang terlalu sering juga bisa mengakibatkan kondisi ini.

4. Kista ganglion

Kadang, bengkak pada punggung kaki dapat terjadi di bawah permukaan kulit. Bengkak yang berbentuk seperti kantung berisi cairan atau dinamakan kista ganglion. Kista ini bisa muncul di area bekas cedera sebelumnya, tapi penyebab kemunculannya tidak diketahui.Saat mengidap kondisi ini, Anda akan merasakan sensasi kesemutan hingga seperti terbakar di sekitar area tumbuhnya kista. Jika ukuran kista cukup besar, Anda juga akan merasakan ketidaknyamanan saat memakai sepatu yang pas menempel di punggung kaki.

Penanganan nyeri pada punggung kaki

Saat Anda merasakan nyeri di punggung kaki, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan metode RICE, yaitu mengistirahatkannya. kompres dengan es, bebat dengan perban, kemudian posisikan kaki lebih tinggi dari badan.Ketika home treatment itu tidak mampu meredakan nyeri, periksakan ke dokter untuk mendapat perawatan yang memadai. Semakin lama cedera tidak ditangani, masalah ini bisa berkembang menjadi nyeri yang kian tak tertahankan dan sulit disembuhkan.Perawatan sakit pada punggung kaki sendiri tergantung dari penyebabnya. Namun biasanya, dokter akan merekomendasikan pengobatan seperti:
  • Terapi fisik, terutama bila sakit di punggung kaki disebabkan oleh tendonitis ekstensor.
  • Penggunaan gips, terutama bila Anda mengalami retak pada ruas tulang punggung kaki.
  • Obat antiperadangan, terutama bila sakit pada punggung kaki disertai peradangan atau bengkak.
Bila pengobatan di atas tidak bisa menyembuhkan nyeri Anda, dokter mungkin merekomendasikan operasi. Setelah sembuh, Anda sebaiknya membatasi aktivitas berat terlebih dahulu hingga kondisi dinyatakan sembuh agar cedera punggung kaki tidak rawan kambuh kembali.
kakipenyakit kaki
Healthline. https://www.healthline.com/health/pain-in-arch-of-foot
Diakses pada 27 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pain-on-top-of-the-foot
Diakses pada 27 Juli 2020
Medicine Library. https://med.libretexts.org/Bookshelves/Anatomy_and_Physiology/Book%3A_Anatomy_and_Physiology_(Boundless)/7%3A_Skeletal_System_-_Parts_of_the_Skeleton/7.8%3A_The_Lower_Limb/7.9E%3A_Arches_of_the_Feet
Diakses pada 27 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319737
Diakses pada 27 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait