logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

15 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan yang Perlu Diwaspadai

open-summary

Nyeri dada sebelah kanan dapat disebabkan ketegangan otot, kenaikan asam lambung, stres atau cemas, hingga kanker paru-paru. Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


close-summary

9 Agt 2022

| Dina Rahmawati

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Penyebab nyeri dada sebelah kanan dapat terjadi akibat ketegangan otot

Ketegangan otot dapat menjadi penyebab nyeri dada sebelah kanan

Table of Content

  • 15 penyebab nyeri dada sebelah kanan
  • Kapan harus ke dokter?

Nyeri dada sebelah kanan bisa terjadi karena berbagai penyebab. Meski demikian, kondisi ini tidak selalu berhubungan dengan masalah jantung.

Advertisement

Pada tubuh manusia, dada merupakan tempat banyak organ dan jaringan yang bisa mengalami cedera. 

Ketika mengalami sakit dada bagian kanan, kemungkinan Anda bisa mengalami peregangan otot berlebihan, infeksi, nyeri dari organ lain yang berdekatan, atau stres.

15 penyebab nyeri dada sebelah kanan

Gejala yang terjadi bersamaan dengan dada sebelah kanan nyeri bisa menjadi jawaban dari masalah yang Anda alami.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah penyebab nyeri dada sebelah kanan yang dapat terjadi.

1. Ketegangan otot

Trauma atau penggunaan otot secara berlebihan dapat menyebabkan dada sebelah kanan nyeri. Kondisi ini bisa terjadi apabila Anda menggunakan bagian atas tubuh secara berlebihan saat berolahraga.

Aktivitas lain yang memerlukan gerakan cukup ekstrem atau repetitif, seperti memotong kayu hingga mengecat dinding, juga berisiko menyebabkan peregangan otot. 

Sebagai solusinya, cobalah untuk beristirahat atau mengonsumsi obat pereda nyeri sehingga keluhan ini dapat diredakan.

2. Asam lambung naik

Asam lambung naik bisa menyebabkan heartburn atau sensasi panas di dada. 

Jika Anda mengalami heartburn lebih dari dua kali dalam seminggu, bisa jadi Anda menderita penyakit GERD atau refluks asam lambung.

Penyebab nyeri dada sebelah kanan ini biasanya muncul setelah makan, membungkuk, atau berbaring di malam hari.

Gejala asam lambung naik lainnya yang dapat Anda rasakan adalah nyeri tenggorokan, kesulitan menelan, hingga merasakan sensasi asam di belakang tenggorokan.

3. Pneumonia

pneumonia
Pneumonia bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan

Pneumonia adalah infeksi yang terjadi pada paru-paru. Penderitanya kerap mengalami batuk berlendir yang mengakibatkan nyeri dada sebelah kanan atau kiri. Rasa nyeri ini bahkan bisa terasa ketika bernapas.

Ketika menderita pneumonia, Anda juga dapat mengalami sesak napas, demam, berkeringat, gemetar, meriang, mual, muntah, dan diare.

4. Trauma di bagian dada

Trauma atau hantaman pada bagian dada juga termasuk penyebab kenapa dada sebelah kanan sakit. Jika hantaman tersebut keras atau parah, tulang iga bahkan bisa retak.

Ciri-ciri lain dari kondisi ini adalah nyeri dada yang semakin terasa saat bersin, batuk, atau tertawa. Penderitanya juga dapat mengalami kesulitan bernapas, memar, dan pembengkakan di tubuhnya.

Segera periksakan diri Anda ke dokter untuk menghindari komplikasi. Jika cederanya tergolong ringan, dokter kemungkinan hanya menganjurkan Anda untuk beristirahat selama beberapa hari untuk memaksimalkan pemulihan.

5. Kostokondritis

Dada kanan terasa nyeri adalah gejala utama kostokondritis. Kondisi ini terjadi ketika tulang rawan pada tulang rusuk mengalami peradangan. Rasa sakitnya berkisar dari ringan hingga parah.

Terkadang, penderita kostokondritis juga merasakan sakit di punggung dan perut. Rasa sakit ini bahkan bisa memburuk saat batuk atau menarik napas dalam-dalam.

6. Kolesistitis

Kolesistitis atau peradangan kantong empedu merupakan salah satu penyebab nyeri dada sebelah kanan hilang timbul. 

Kondisi ini umumnya terjadi ketika batu empedu menutupi saluran organ dalam. Terkadang, Anda juga dapat merasakan nyeri di perut kanan atas yang menjalar ke bahu atau punggung kanan.

Gejala kolesistitis lainnya adalah mual, muntah, demam, berkeringat, hilang nafsu makan, hingga perut yang terasa lembut.

7. Pankreatitis

Pankreatitis adalah radang kelenjar pankreas. Enzim pencernaan mulai bekerja dan aktif sebelum dikeluarkan ke saluran pencernaan. Akibatnya, enzim ini menyebabkan iritasi sel pankreas dan peradangan di sana.

Pemicunya bisa karena kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol atau adanya batu empedu. 

Selain nyeri dada, Anda dapat merasakan sakit di perut bagian atas hingga punggung, mual, muntah, dan demam.

8. Stres atau cemas

Stres atau rasa cemas dapat menyebabkan panic attack. Gejalanya mirip dengan serangan jantung dan bisa terjadi kapan saja. 

Panic attack sering kali terjadi karena trauma atau stres yang menyita pikiran penderitanya.

Selain dada kanan sakit, gejala lain yang dapat muncul saat panic attack adalah napas tersengal, mual, pusing, vertigo, rasa kebas di tangan dan kaki, berkeringat, tubuh gemetaran, dan pingsan.

Nyeri dada sebelah kanan saat panic attack terjadi karena pernapasan yang terlalu cepat atau terlalu dalam. Akibatnya, otot dinding dada bekerja secara berlebihan. 

Anda dapat meredakan masalah ini dengan menarik napas secara perlahan.

9. Tumor dada

Tumor dada bisa tumbuh di bagian dada atau dinding dada. Terlepas dari bersifat kanker atau tidak, keberadaannya dapat menyebabkan nyeri di dada kanan atau kiri.

Saat tumor semakin membesar, pembuluh darah dan saraf di dekatnya menjadi tertekan. Akibatnya, Anda bisa merasakan nyeri di dada.

10. Kanker paru-paru

Kanker paru-paru juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Penyakit ini juga dapat ditandai dengan batuk berkepanjangan, batuk berdarah, sesak napas, mengi, hingga penurunan berat badan.

11. Emboli paru

Emboli paru terjadi karena gumpalan darah yang mengalir dari vena di kaki ke paru-paru. 

Kondisi ini dapat menyebabkan penyumbatan arteri yang bisa mengganggu aliran darah ke jaringan paru-paru. Hasilnya, nyeri dada sebelah kanan bisa terjadi.

Penyebab nyeri dada sebelah kanan atas ini juga bisa menyebar ke seluruh lengan, rahang, bahu, hingga leher.

Jika tidak segera ditangani, emboli paru dapat berakibat fatal. Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda merasakan gejalanya.

12. Pneumotoraks

pneumotoraks
Pneumotoraks bisa menyebabkan batuk dan sesak di dada

Pneumotoraks juga bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kanan. Gejala utamanya adalah rasa nyeri yang tajam di bagian dada. 

Pneumotoraks dapat terjadi di dada bagian kiri atau kanan. Gejala lainnya meliputi sesak napas, rasa sesak di dada, detak jantung cepat, batuk, hingga kelelahan.

Pneumotoraks adalah kondisi medis yang harus segera ditangani oleh dokter.

13. Pleuritis

Pleuritis termasuk salah satu penyebab sakit dada di sebelah kanan. Kondisi ini terjadi ketika selaput yang melapisi bagian dalam rongga dada (pleura) mengalami peradangan. 

Ketika peradangan terjadi, lapisan tersebut menjadi kasar dan bergesekan satu sama lain sehingga menimbulkan rasa sakit.

Kondisi ini dapat menyebabkan Anda mengalami nyeri dada saat menarik dan mengeluarkan napas, bahkan menjalar hingga ke bahu dan punggung. 

Rasa sakitnya bisa memburuk saat batuk, bersin, atau tertawa.

14. Patah tulang rusuk

Apakah Anda mengalami dada sebelah kanan nyeri tembus sampai punggung? 

Tulang rusuk yang retak dapat menyebabkan nyeri dada yang hebat dan kesulitan bernapas. Kondisi ini biasanya disebabkan cedera pada dada atau batuk parah.

Selain dada sebelah kanan nyeri, gejala lain yang dapat Anda alami adalah bengkak di sekitar tulang rusuk yang patah dan memar pada kulit di sekitarnya.

15. Hipertensi pulmonal

Hipertensi pulmonal adalah adalah satu penyebab sakit dada sebelah kanan. Kondisi ini menyebabkan tekanan darah tinggi pada pembuluh darah yang menghubungkan jantung dan paru-paru. 

Seiring berjalannya waktu, hipertensi pulmonal membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 

Kondisi ini juga dapat menyebabkan gejala nyeri dada, sesak napas, batuk, suara serak, kelelahan, lesu, pusing, mual, dan muntah.

Baca Juga

  • Angina Pectoris Adalah Kondisi Medis yang Tak Boleh Diabaikan
  • 10 Penyebab Dada Terasa Panas Ini Perlu Diwaspadai
  • Jaringan Otot: Kenali Struktur, Fungsi, dan Gangguan yang Menyertainya

Kapan harus ke dokter?

Cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan bergantung pada kondisinya. Rasa sakit ini terkadang bisa berangsur-angsur hilang sendiri.

Namun, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter apabila nyeri dada sebelah kanan terjadi dalam jangka waktu lama atau tidak sembuh setelah mengonsumsi obat-obatan. 

Selain itu, segera periksakan diri jika Anda mengalami gejala berikut ini.

  • Timbul nyeri dada yang parah secara tiba-tiba
  • Rasa sesak di dada
  • Nyeri dada meluas ke punggung, rahang, hingga lengan
  • Kesulitan bernapas
  • Mual dan muntah
  • Tekanan darah atau detak jantung sangat rendah
  • Nyeri dada yang terjadi dengan pusing dan kelesuan
  • Perubahan atau hilangnya kesadaran
  • Demam tinggi
  • Batuk berdarah.

Pada banyak kasus, dada sebelah kanan nyeri belum tentu menandakan penyakit jantung. Namun, jika nyeri dada tidak kunjung mereda, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar nyeri dada sebelah kanan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

asam lambungkanker paru-parupneumonianyeri dadaotot dada

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved