Penyebab Munculnya Bercak Coklat pada Kulit, Tak Selalu Karena Matahari

(0)
23 Oct 2020|Azelia Trifiana
3 penyebab munculnya bercak cokelat pada kulitMunculnya bercak kecokelatan pada kulit bukan hanya karena matahari saja
Hiperpigmentasi adalah bercak coklat pada kulit badan atau wajah karena berbagai hal. Penyebab paling umum hiperpigmentasi adalah paparan sinar matahari. Kondisi ini bisa terjadi kapan saja.Jika dirasa mengganggu, bercak coklat pada kulit bisa dihilangkan dengan teknologi laser atau prosedur lainnya. Selain di wajah, bercak coklat ini juga kerap muncul di punggung tangan, pundak, tangan, dan punggung.

Penyebab munculnya bercak coklat pada kulit

seseorang menggaruk tangannya sendiri
Bercak coklat pada kulit umumnya muncul karena produksi melanin berlebih. Beberapa penyebab munculnya bercak coklat ini adalah:

1. Paparan sinar ultraviolet

Paparan sinar ultraviolet dari matahari adalah penyebab paling umum munculnya bercak coklat pada kulit. Hiperpigmentasi ini mulai terlihat pada orang dewasa, ketika kulit mulai menunjukkan konsekuensi dari paparan sinar ultraviolet.Kondisi hiperpigmentasi akan menjadi semakin parah apabila tidak disiplin menggunakan tabir surya ketika beraktivitas di luar rumah.

2. Kondisi kulit

Ada beberapa kondisi kulit yang dapat menyebabkan munculnya bercak coklat. Contohnya adalah:
  • Hiperpigmentasi setelah inflamasi seperti bekas jerawat
  • Melanoma, suatu keganasan/kanker kulit yang banyak dijumpai di area tropis. Keganasan ini terjadi akibat abnormalitas sel produsen melanin (melanosit).
  • Melasma atau perubahan warna kulit pada ibu hamil
  • Linea nigra, garis hitam vertikal di abdomen saat hamil
  • Riehl’s melanosis, jenis dermatitis kontak akibat paparan sinar matahari
  • Poikiloderma of civatte, suatu perubahan warna kulit yang diakibatkan karena atrofi sel kulit disertai pelebaran pembuluh darah
  • Erythromelanosis follicularis, suatu penyakit kulit langka dengan karakteristik kulit coklat kemerahan disertai bintil-bintil, umumnya muncul di area wajah, serta dapat muncul dari usia kanak-kanak

3. Konsumsi obat

Individu yang mengonsumsi obat tertentu juga bisa memiliki bercak coklat pada kulit. Ini terjadi karena kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari (photosensitive).Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan efek samping ini di antaranya:
  • Estrogen
  • Antibiotik berspektrum luas
  • Amiodarone (obat untuk masalah detak jantung)
  • Phenytoin (obat pencegah kejang)
  • Phenothiazines (obat masalah mental dan gangguan emosi)
  • Sulfonamides (obat untuk mengobati infeksi)

4. Kelebihan zat besi

Kondisi kelebihan zat besi atau hemochromatosis juga bisa menyebabkan bercak coklat pada kulit. Akumulasi zat besi berlebih dapat berpengaruh pada kinerja organ seperti liver dan kulit. Akibatnya, akan terjadi hypermelanosis atau kelebihan produksi pigmen kulit melanin.

Penanganan bercak coklat pada kulit

salep
Pengobatan menggunakan salep
Cara menangani bercak coklat pada kulit bergantung pada penyebabnya. Hal ini mungkin sederhana, namun tidak boleh disepelekan bila kemunculannya mendadak dan cepat meluas. Selama bercak coklat tidak terlihat berbahaya, tak perlu pemeriksaan lebih lanjut hingga biopsi.Sebagian besar bercak coklat tidak membahayakan kesehatan. Selain itu, tidak semua bercak coklat harus dihilangkan. Namun beberapa orang ada yang ingin menghilangkan bercak coklat, bisa dilakukan lewat prosedur seperti:
  • Pengobatan oles (topikal)

Untuk pengobatan topikal, dokter bisa meresepkan krim khusus untuk menghilangkan bercak coklat. Umumnya, obat ini perlu digunakan selama beberapa bulan. Kandungan aktif dalam krim semacam ini adalah hydroquinone yang menghambat produksi melanin.Namun beberapa penelitian menyebut hydroquinone bersifat karsinogenik jika konsentrasinya terlalu tinggi. Batasan kadar hydroquinone untuk produk resep dokter adalah 3-4%, dan 2% untuk produk yang bisa dibeli di pasaran.Ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak menggunakan obat oles yang mengandung hydroquinone karena dapat berisiko terhadap janin.
  • Prosedur kosmetik

Ada beberapa prosedur medis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bercak coklat pada kulit wajah atau badan. Mulai dari laser, chemical peeling, mikrodermabrasi, dan cryosurgery. Seluruh prosedur ini bekerja dengan tujuan sama yaitu menghilangkan bercak coklat dengan dampak dan efek samping berbeda-beda.

Terkadang, bercak coklat pada kulit bisa muncul tanpa bisa dihindari karena penuaan. Cara terbaik untuk mencegah hiperpigmentasi tentu dengan disiplin memakai tabir surya, termasuk mengaplikasikan ulang setiap 2 jam sekali.Selain itu, selalu gunakan pelindung dari sinar matahari seperti topi, pakaian tertutup, atau kacamata hitam jika sebagian besar aktivitas dihabiskan di luar ruangan.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang munculnya bercak coklat pada kulit dan proses hiperpigmentasi lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatkulit dan kecantikanpenyakit kulit
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/causes-of-dark-spots-1069545
Diakses pada 10 Oktober 2020
Self. https://www.self.com/story/dark-spot-treatments
Diakses pada 10 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323808
Diakses pada 10 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait