Jangan Remehkan, Ini Penyebab Mulut Kering Saat Bangun Tidur


Mulut kering saat bangun pagi adalah hal yang mengganggu. Jika hal ini sering terjadi, maka jadi tanda adanya gangguan kesehatan. Beberapa penyebab mulut kering saat bangun tidur adalah diabetes, tanda penuaan, penyakit Alzheimer, hingga kebiasaan bernapas dengan mulut.

0,0
30 Jul 2021|Azelia Trifiana
Bernapas dengan mulut bisa sebabkan mulut kering saat bangun pagiBernapas dengan mulut bisa sebabkan mulut kering saat bangun pagi
Bukannya memulai hari dengan segar dan berenergi, terkadang yang terjadi justru sebaliknya. Mulut kering hingga terasa mengganggu. Apabila terjadi cukup sering, perlu dicari tahu apa penyebab mulut kering saat bangun tidur. Ada kemungkinan berkaitan dengan kondisi medis tertentu.Setidaknya dengan mencari tahu pemicunya, maka bisa diambil langkah selanjutnya. Jika tepat, maka kondisi mulut kering setidaknya bisa mereda.

Bagaimana gejalanya?

Istilah medis untuk kondisi mulut kering adalah xerostomia. Ini terjadi ketika produksi saliva oleh kelenjar di mulut tidak mencukupi. Istilah lainnya adalah hyposalivation.Padahal, saliva atau air liur adalah elemen penting untuk kesehatan karena dapat membunuh bakteri, membersihkan mulut, serta membantu membersihkan makanan yang masuk ke mulut.Ketika seseorang mengalami mulut kering, bisa disertai gejala-gejala seperti:
  • Panas dalam ringan hingga parah
  • Sensasi terbakar di mulut
  • Kesulitan menelan
  • Kesulitan berbicara
  • Suara serak
  • Hidung dan saluran napas juga terasa kering
Apabila dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan seseorang kekurangan nutrisi, mengalami masalah gigi dan mulut, indra perasa kacau, hingga masalah psikologis seperti cemas berlebih, stres, dan depresi.

Penyebab mulut kering saat bangun tidur

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab mulut kering saat bangun tidur?

1. Bernapas dengan mulut

Tanpa disadari, mungkin ada orang yang saat terlelap bernapas dengan mulut. Bisa karena kebiasaan, tersumbatnya saluran napas, atau kondisi medis lain seperti mendengkur dan sleep apnea. Terlebih jika kondisi medisnya sudah cukup parah, kecenderungan tidur mangap semakin besar.

2. Konsumsi obat

Penyebab mulut kering saat bangun tidur yang paling signifikan adalah konsumsi obat. Ada ratusan jenis obat yang menimbulkan efek samping mulut kering, di antaranya obat untuk:
  • Masalah sinus
  • Tekanan darah tinggi
  • Pereda kecemasan berlebih
  • Pereda depresi
  • Penyakit Parkinson
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Alergi
  • Nyeri saraf
Seseorang bisa saja mengalami masalah mulut kering kronis apabila mengonsumsi obat di atas. Risikonya kian meningkat apabila obat yang dikonsumsi lebih dari satu. Jika ini terjadi, komunikasikan dengan dokter untuk mencari alternatifnya.

3. Penuaan

Ketika seseorang menua, mulut kering bisa terjadi lebih sering. Pada usia 65 tahun ke atas, 30% orang mengalaminya. Sementara ketika usia sudah lebih dari 80 tahun, kemungkinannya mencapai 40%.Namun, bukan berarti penuaan adalah penyebab mulut kering. Biasanya ini terjadi lagi-lagi karena efek samping konsumsi obat seperti untuk meredakan diabetes, Alzheimer, dan juga penyakit Parkinson.

4. Diabetes

Kadar gula darah yang terus menerus tinggi serta dehidrasi bisa menjadi penyebab mulut kering saat bangun tidur pada pasien diabetes. Selain itu, ini juga bisa terjadi sebagai efek samping konsumsi obat.Oleh sebab itu, diskusikan dengan dokter apakah ada cara untuk mengurangi efek samping mulut kering.

5. Penyakit Alzheimer

Orang yang menderita Alzheimer bisa saja lupa akan kebutuhan memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya. Artinya, kemungkinan mengalami dehidrasi cukup tinggi, termasuk menjadi penyebab mulut kering saat bangun tidur.Umumnya, mulut kering ini juga disertai gejala lain seperti pusing, detak jantung lebih cepat, serta kesadaran menurun atau delirium. Apabila perlu, pasang alarm untuk minum secara teratur. Pendamping pasien Alzheimer juga harus terus mengingatkan mereka.

6. Penyakit Sjögren

Jenis penyakit autoimun ini berdampak pada jaringan ikat dan kelenjar yang ada di sekitar mata dan mulut. Gejala paling utama yang muncul adalah mulut kering. Umumnya, kondisi ini rentan dialami orang yang sudah menopause.Tidak ada obat untuk kondisi ini. Namun, bukan berarti mustahil mengupayakan agar gejalanya mereda. Perlu diingat pula bahwa penyakit lupus dan rheumatoid arthritis juga mungkin terjadi bersamaan dengan Sjögren.

7. Terapi kanker

Pasien yang menjalani terapi untuk kanker di area kepala dan leher bisa mengalami mulut kering. Sebab, radiasi yang diarahkan ke kepala dan leher bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kelenjar saliva. Konsekuensinya, bisa saja pasien mengalami mulut kering jangka panjang.Selain itu, kemoterapi juga bisa menyebabkan mulut kering sementara. Bahkan, gejala ini bisa terjadi langsung setelah prosedur tuntas. Tapi, tak menutup kemungkinan keluhan muncul beberapa bulan atau tahun kemudian.

8. Konsumsi alkohol dan merokok

Kebiasaan buruk merokok dan mengonsumsi alkohol bisa jadi penyebab mulut kering saat bangun tidur. Sifat alkohol adalah asam dan rentan memicu dehidrasi. Bukan hanya menimbulkan mulut kering, juga bisa membuat gigi bermasalah.Selain itu, merokok juga bisa mengubah aliran saliva di mulut. Kesehatan gigi dan mulut juga turut terdampak. Dalam studi pada tahun 2010 terhadap 200 orang yang sebagian perokok dan sebagian bukan, 39% perokok mengalami mulut kering.Para perokok ini juga lebih berisiko mengalami masalah seperti gigi rapuh, berlubang, serta masalah pada gusi.

9. Konsumsi obat psikotropika

Jenis obat adiktif seperti heroin, methamphetamine, dan ekstasi juga akan berpengaruh terhadap aliran saliva di mulut, mirip seperti efek tembakau.Belum lagi, zat psikotropika akan menimbulkan masalah pada kesehatan mulut. Sebagai contoh, methamphetamine bersifat sangat asam dan dapat menyebabkan pembusukan gigi dengan cepat.

Cara mengatasi mulut kering

Berikut ini beberapa hal yang setidaknya dapat meredakan keluhan mulut kering, di antaranya:
  • Mengunyah permen karet bebas gula
  • Menghisap permen bebas gula
  • Tetap menjaga asupan cairan
  • Mengunyah makanan hingga lumat
  • Menghindari masakan pedas atau kering
  • Tidak merokok
  • Membatasi konsumsi kafein
Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut demi meredakan keluhan mulut kering. Jadwalkan pemeriksaan gigi dengan dokter setidaknya setiap enam bulan sekali.Untuk berdiskusi lebih lanjut apa yang menjadi penyebab gigi kering saat bangun tidur, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/waking-up-with-dry-mouth
Diakses pada 16 Juli 2021
Journal of Dental Research, Dental Clinicsl, Dental Prospects. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3429961/
Diakses pada 16 Juli 2021
WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/sleep-apnea-dry-mouth-causes
Diakses pada 16 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait