7 Penyebab Muka Merah yang Paling Umum


Muka merah adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah di bawah lapisan kulit membesar sehingga membuat rona merah pada wajah. Penyebabnya bisa dari hal yang normal hingga gangguan medis di kelenjar tiroid.

(0)
10 Feb 2021|Marco Anthony
Muka merah dapat mengganggu penampilanMuka merah dapat mengganggu penampilan
Muka merah adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah di bawah lapisan kulit wajah membesar. Ketika pembuluh darah membesar, terjadi peningkatan aliran darah yang akhirnya membuat wajah memerah, terkadang disertai rasa hangat.Meski muka merah dapat terjadi ketika seseorang sedang malu atau marah, tetapi hal ini dapat menjadi pertanda masalah medis. Terlebih jika wajah merah tiba-tiba atau terjadi cukup sering

Penyebab muka merah

Penyebab kondisi wajah memerah sangat beragam. Mulai dari yang ringan sampai yang berbahaya. Berikut beberapa penyebab umumnya.

1. Respon emosi

Penyebab muka merah yang satu ini termasuk umum. Ketika seseorang mengalami rasa malu, stres, marah, bahkan menangis secara berlebihan, secara alamiah pembuluh darah di sekitar wajah membesar sehingga aliran darah meningkat dan membuat kulit terlihat merah.Hal ini sama sekali tidak berbahaya dan normal terjadi. Jadi Anda tak perlu khawatir

2. Panas

perempuan terkena heatstroke
Sengatan panas dapat membuat muka merah
Ketika suhu tubuh meningkat, secara alamiah pembuluh darah akan membesar agar menurunkan suhu tubuh. Ini juga alasan kenapa wajah seseorang bisa menjadi merah setelah berolahraga atau berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.Hal ini tidaklah berbahaya. Saat panas dan wajah memerah akibat cuaca panas, heatstroke,  maupun karena aktivitas fisik seperti olahraga, Anda dapat meredakannya dengan minum banyak air.

3. Sunburn

Sunburn atau kulit terbakar bisa menjadi alasan mengapa muka merah. Sunburn terjadi ketika kulit terbakar oleh sinar matahari. Umumnya kerusakan terjadi di area lapisan terluar kulit.Selain menimbulkan warna merah di wajah, gejala kulit terbakar lainnya dapat berupa rasa perih dan juga bengkak.Pada sunburn kategori ringan, kulit yang terbakar akan mengelupas dengan sendirinya setelah beberapa hari.

4. Alkohol

Saat mengonsumsi alkohol, tekanan darah meningkat sehingga membuat pembuluh darah membesar. Inilah sebabnya ketika seseorang mabuk berat wajahnya juga ikut memerah.Meski minum alkohol berlebih tidak baik, namun muka merah setelah minum alkohol masih terbilang wajar.

5. Menopause

menopause membuat tubuh panas
Perempuan menopause bisa mengalami hot flash
Saat seorang wanita berhenti menstruasi terjadi perubahan hormon yang memengaruhi aliran darah. Perubahan ini menyebabkan tubuh mengalami rasa panas intens, tiba-tiba, dan menjalar ke seluruh bagian tubuh. Kondisi tersebut umum dinamakan hot flash.Saat hot flash terjadi, wajah pun bisa menjadi kemerahan. Muka merah akibat menopause pun masih terbilang wajar. Tetapi jika gejala ini sangat mengganggu segera temui dokter untuk memeriksa kondisi Anda lebih lanjut.

6. Rosacea

Rosacea adalah kondisi yang menyebabkan kulit wajah menjadi merah dan pembuluh darah menjadi terlihat jelas. Terjadinya rosacea diawali dengan wajah yang memerah secara bertahap, di mana tiap kali kondisi wajah memerah durasinya lebih lama dari sebelumnya.Belum ada yang tahu secara pasti penyebab rosacea. Namun beberapa peneliti menduga, rosacea dapat dipicu oleh paparan sinar matahari, stres, pengobatan tertentu, hingga makanan dan minuman tertentu.Gejala rosacea biasa ditangani dengan obat kulit dari dokter.

7. Hipertiroidisme

hipertiroid
Hipertiroidisme sebabkan gangguan hormon pada tubuh
Hipertiroidisme adalah kondisi di mana kelenjar tiroid mengalami pembengkakan dan melepaskan hormon tirosin dalam jumlah besar. Banyaknya jumlah hormon tirosin dalam tubuh meningkatkan tekanan darah yang kemudian membuat pembuluh darah menjadi besar.Selain hipertiroidisme, beberapa kasus kanker tiroid juga menyebabkan muka merah pada penderitanya.

Kapan harus ke dokter?

Umumnya penyebab muka merah tidaklah berbahaya. Namun Anda perlu segera menemui dokter apabila kondisi wajah merah tidak berkaitan dengan penyebab umum seperti panas, respon emosi, sunburn, atau konsumsi alkohol.Tidak ada salahnya juga memeriksakan diri jika kondisi muka merah menyebabkan Anda tidak percaya diri

Catatan dari SehatQ

Beberapa penyebab di atas adalah faktor umum yang membuat wajah menjadi merah. Namun ada kondisi lainnya juga yang dapat menyebabkan hal tersebut seperti sindrom Cushing, demam scarlet, demam kuning, dan juga efek samping pengobatan yang Anda jalani.Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar kondisi wajah merah tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitmenopausekelenjar tiroid
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323219#seeing-a-doctor
Diakses pada 27Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin-blushing-flushing#pictures-of-skin-flushing
Diakses pada 27 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait