Penyebab Mimpi Basah dan Mitos-Mitos yang Terkait dengannya

0,0
28 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penyebab mimpi basah umumnya adalah peningkatan hormon testosteronMimpi basah kerap dialami laki-laki pada masa pubertas
Mimpi basah adalah kondisi ketika Anda mengalami ejakulasi saat sedang tidur. Kondisi ini biasanya terjadi pada masa pubertas. Produksi hormon testosteron yang lebih banyak pada masa ini umumnya menjadi penyebab mimpi basah. Selain itu, mimpi basah hanya akan terjadi saat testis sudah bisa memproduksi sperma.Mimpi basah biasanya terjadi saat Anda mengalami mimpi mengenai seks. Namun, tidak jarang seseorang tidak dapat mengingat apa isi mimpi tersebut. Ejakulasi karena mimpi basah dapat menyebabkan Anda terbangun dari tidur.

Penyebab mimpi basah

Para ahli mempercayai bahwa penyebab mimpi basah adalah peningkatkan hormon testosteron saat masa pubertas. Memasuki masa ini, remaja laki-laki mulai memproduksi hormon testosteron yang berperan dalam menghasilkan sperma. Anda juga dapat mengalami ereksi pada saat-saat yang berbeda dan jumlah air mani semakin meningkat dalam tubuh.Mimpi basah menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan air mani yang terakumulasi di dalam tubuh. Penyebab mimpi basah lebih sering terjadi pada masa pubertas karena perubahan hormonal.

Apakah sering mimpi basah termasuk kondisi normal?

Mimpi basah merupakan bagian yang normal dari masa pertumbuhan. Walaupun tidak selalu dialami oleh semua laki-laki, sebagian besar dapat mengalaminya pada masa pubertas. Beberapa di antaranya bahkan mengalami mimpi basah hingga dewasa.Namun, frekuensi terjadinya mimpi basah biasanya semakin jarang seiring bertambahnya usia. Hal ini dikarenakan penyebab mimpi basah, yakni kondisi hormonal, sudah semakin stabil. Anda mungkin saja mengalami beberapa hal berikut:
  • Tidak pernah mengalami mimpi basah
  • Mimpi basah beberapa kali selama masa remaja
  • Sering mimpi basah saat remaja, tetapi tidak mengalaminya setelah dewasa
  • Mimpi basah yang terjadi berkali-kali sepanjang hidup.
Terlepas apakah Anda tidak pernah, jarang, atau sering mengalami mimpi basah, semuanya adalah hal yang normal.Penyebab mimpi basah bisa memiliki dampak berbeda bagi masing-masing individu. Seseorang mungkin saja mengalami mimpi basah beberapa kali dalam seminggu, sementara yang lainnya hanya mengalami 1-2 kali mimpi basah seumur hidupnya.

Mitos dan fakta mimpi basah

Anda mungkin pernah mendengar macam-macam mitos mengenai penyebab mimpi basah atau informasi terkait yang kurang jelas kebenarannya. Berikut adalah beberapa mitos mengenai mimpi basah dan faktanya.

1. Hanya laki-laki yang mengalami mimpi basah

Walaupun mimpi basah lebih sering dikaitkan dengan laki-laki, wanita juga dapat mengalaminya. Ketika mimpi basah, wanita akan mengalami orgasme. Namun, mimpi basah pada wanita memang lebih jarang terjadi.

2. Mimpi basah dapat mengurangi sperma

Pada dasarnya, mimpi basah merupakan cara testis mengeluarkan sperma yang sudah lama dan menumpuk di dalam tubuh. Namun, setelah sperma lama keluar, pembentukan sperma baru akan terjadi secara alami.

3. Mimpi basah dapat menyebabkan ukuran penis mengecil

Tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan mimpi basah dapat menyebabkan ukuran penis mengecil. Hal ini hanyalah mitos yang tidak berdasar.

4. Mimpi basah merupakan pertanda penyakit

Penyebab mimpi basah bukan karena adanya penyakit atau gangguan kesehatan tertentu. Sebaliknya, mimpi basah merupakan hal normal yang dapat menandakan bahwa fungsi seksual seseorang dalam kondisi sehat.

5. Mimpi basah dapat menurunkan kekebalan tubuh

Faktanya, mimpi basah tidak menurunkan kekebalan tubuh. Ini malah dapat menjaga sistem reproduksi pria senantiasa sehat karena mimpi basah adalah cara tubuh mengeluarkan kelebihan sperma dalam testis.

6. Tidur tengkurap bisa menyebabkan mimpi basah

Tidur tengkurap mungkin saja menjadi penyebab mimpi basah. Sebuah studi menunjukkan tidur tengkurap meningkatkan peluang seseorang mengalami mimpi berhubungan seks. Namun, penelitian mengenai kaitan posisi tidur dan kemungkinan mimpi basah masih sangat terbatas.Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan area kelamin setelah mengalami mimpi basah. Segera cuci area kelamin secara menyeluruh dengan sabun dan air, lalu ganti pakaian Anda dengan yang bersih.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan organ seksual, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
mimpipubertas
Web MD. https://teens.webmd.com/boys/wet-dream-faq
Diakses 15 Februari 2020
Kids Health. https://kidshealth.org/en/teens/expert-wet-dreams.html
Diakses 15 Februari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321351#facts-and-myths
Diakses 15 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait