6 Penyebab Mudah Mengantuk, Pernahkah Anda Mengalaminya?

Sleep apnea dan depresi menjadi penyebab mudah mengantuk di siang hari
Kondisi mudah mengantuk di siang hari bisa mengganggu hubungan Anda dengan orang lain.

Saat kelelahan, Anda bisa merasakan kantuk yang luar biasa di siang hari. Berbeda dari kondisi kelelahan, ada masalah tidur yang lebih serius, yaitu mudah mengantuk.

Gangguan tidur ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, mulai dari kuliah, bekerja, dan bahkan hubungan dengan orang lain. Yang terpenting dalam mengatasi masalah mudah mengantuk adalah mengetahui penyebabnya. Berikut ini sejumlah penyebab Anda mudah mengantuk dan menguap sepanjang hari.

1. Sleep Apnea Penyebab Mudah Mengantuk

Sleep apnea merupakan kondisi serius, yang menyebabkan Anda berhenti bernapas di malam hari. Akibatnya, Anda menjadi sangat mengantuk di siang hari.

Berikut ini sejumlah gejala sleep apnea yang bisa Anda amati.

  • Mendengkur keras dan terengah-engah saat tidur
  • Terbangun dengan sakit tenggorokan dan sakit kepala
  • Kesulitan untuk memusatkan perhatian
  • Mudah tersinggung

Ada dua jenis sleep apnea. Keduanya bisa membuat Anda mudah mengantuk. Sebab, gangguan ini membuat Anda kesulitan tidur nyenyak di siang hari.

Obstructive Sleep Apnea (OSA):

Kondisi ini terjadi ketika jaringan di belakang tenggorokan, menjadi lemas ketika Anda tidur, dan menghalangi sebagian jalan napas.

Central Sleep Apnea (CSA):

Kondisi ini berlangsung saat otak tidak bisa mengirimkan sinyal saraf yang tepat kepada otot, untuk mengontrol napas selama Anda tidur.

2. Restless Legs Syndrome (RLS)

Sindrom ini membuat Anda kesulitan menggerakkan kaki. Kondisi ini membuat Anda sulit tidur. Akibatnya, Anda akan sangat mengantuk keesokan harinya.

Sampai sekarang, penyebab RLS masih belum diketahui. Genetik menjadi salah satu kemungkinannya. Rendahnya zat besi dalam tubuh juga diduga menjadi pemicunya.

3. Narkolepsi

Narkolepsi kerap disalahartikan sebagai gangguan tidur. Seperti halnya restless legs syndrome (RLS), narkolepsi merupakan kelainan saraf. Narkolepsi menyebabkan otak tidak bisa mengontrol siklus tidur dan bangun dengan tepat.

Anda mungkin tetap bisa tidur nyenyak di malam hari, meski mengalami narkolepsi. namun di siang hari, Anda akan merasa sangat mengantuk. Bahkan, Anda bisa saja tertidur di tengah perbincangan bersama teman, atau saat sedang makan.

4. Depresi

Perubahan jadwal tidur, menjadi salah satu gejala umum dari depresi. Anda bisa tidur lebih lama, atau lebih sebentar, dibandingkan biasanya, jika mengalami depresi.

Ada hal-hal yang berpotensi mengakibatkan depresi. Beberapa di antaranya adalah gangguan pada otak yang mengontrol mood, serta pengalaman traumatis.

5. Efek Samping Obat

Sejumlah obat-obatan dapat menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa. Berikut ini golongan obat yang bisa membuat Anda sangat mengantuk.

  • Obat-obatan untuk hipertensi
  • Antidepresan
  • Antihistamin (untuk mengobati hidung tersumbat)
  • Antiemetik (untuk mengobati mual dan muntah)
  • Antipsikotik
  • Obat-obatan untuk epilepsi
  • Obat antikecemasan

Jika Anda merasa obat-obatan tersebut membuat mudah mengantuk, berkonsultasilah dengan dokter, sebelum berhenti menggunakannya.

6. Bertambahnya Usia

Sejumlah penelitian menunjukkan, kelompok individu berusia lanjut, menghabiskan sebagian besar waktu di tempat tidur. Meski demikian, kualitas tidur mereka sangat buruk.

Ternyata, penurunan kualitas tidur menjadi lebih parah pada individu dewasa paruh baya. Seiring bertambahnya usia, Anda akan sulit tidur nyenyak, dan malah kerap terbangun tengah malam.

Cara Mengatasi Kondisi Mudah Mengantuk

Tidur dengan cukup, sangat dibutuhkan agar tubuh Anda tetap sehat. Jika bisa menemukan penyebab kondisi mudah mengantuk yang dialami dan mendapatkan perawatan yang tepat, Anda bisa menjadi lebih energik sepanjang hari.

Selain itu, Anda disarankan untuk rutin berolahraga setiap hari, menghindari konsumsi kafeina maupun alkohol menjelang tidur, dan berhenti merokok.

Anda pun harus berhati-hati terhadap perilaku impulsif ketika makan. Sebab dalam kondisi sangat mengantuk dan lapar, Anda akan sulit memilih makanan dengan bijak. Akibatnya, Anda bisa makan terlalu banyak.

Healthline. https://www.healthline.com/health/excessive-sleepiness#6
Diakses pada 8 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/sleep-disorders/news/20110323/sleepy-people-overeat
Diakses pada 8 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed