11 Penyebab Mata Sakit saat Berkedip yang Patut Diwaspadai

(0)
25 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mata sakit saat berkedip tidak boleh diremehkan, karena ada berbagai penyakit yang bisa menyebabkannya.Bintitan, luka, hingga keratitis dapat sebabkan mata sakit saat berkedip.
Berkedip adalah aktivitas penting yang dapat menjaga mata supaya tetap lembap dan membersihkan indra penglihatan kita dari kotoran. Setiap menitnya, mata manusia bisa berkedip sebanyak 15-20 kali. Lantas, bagaimana jika mata sakit saat berkedip? Mari kita kenali berbagai penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab mata sakit saat berkedip

Ada banyak kerugian yang bisa Anda rasakan saat mata tidak bisa berkedip, seperti:
  • Kornea dapat membengkak
  • Mata tidak bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya
  • Mata menjadi kering
  • Risiko infeksi mata berpotensi meningkat.
Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab mata sakit saat berkedip supaya masalah ini bisa segera ditangani.

1. Luka

Mata merupakan organ tubuh yang rentan terhadap luka. Mulai dari kecelakaan hingga benda asing dapat menyebabkan mata terluka dan terasa sakit saat berkedip.Anda harus berhati-hati karena mengucek mata saja sudah bisa menimbulkan luka pada kornea. Selain itu, terpapar sinar ultraviolet secara berlebihan juga bisa menyebabkan mata terluka.

2. Konjungtivitis

Konjungtivitis terjadi saat selaput bening yang meliputi mata dan bagian bawah kelopak mata mengalami peradangan. Kondisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak sehingga membuat mata terlihat merah.Konjungtivitis biasanya disebabkan oleh infeksi maupun alergi. Jika konjungtivitis disebabkan oleh infeksi, maka penderitanya dapat menularkan penyakit ini pada orang lain.

3. Bintitan

Bintitan terjadi saat folikel bulu mata atau kelenjar minyak di kelopak mata terinfeksi. Hasilnya, kelopak mata bisa membengkak dan terasa sakit saat mata berkedip.Meskipun bintitan tidak dapat ditularkan, Anda tetap harus waspada karena bakteri penyebabnya dapat ditularkan pada orang lain. Kebanyakan kasus bintitan disebabkan oleh bakteri seperti Staphylococcus aureus, yang dapat menular dengan kontak erat.

4. Infeksi saluran air mata

Saluran air mata dapat terinfeksi oleh bakteri jika tersumbat. Masalah ini dapat terjadi jika ada benda asing yang tertanam di bagian saluran air mata. Infeksi saluran air mata dapat menyebabkan munculnya rasa sakit di ujung mata saat berkedip.

5. Blefaritis

Blefaritis adalah kondisi medis yang terjadi saat kelopak mata mengalami peradangan. Kondisi ini dapat menyebabkan mata sakit saat berkedip.Blefaritis dapat dipicu oleh bakteri, kelenjar yang tersumbat, atau penyakit kulit tertentu seperti dermatitis seboroik.

6. Ulkus kornea

Ulkus kornea atau luka terbuka pada kornea biasanya terjadi akibat infeksi. Namun hati-hati, luka yang datang akibat garukan atau luka bakar juga dapat menyebabkan ulkus kornea.

7. Sinusitis

Sinusitis adalah kondisi yang terjadi saat sinus mengalami peradangan. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus.Selain mata sakit saat berkedip, sinusitis dapat menyebabkan hidung tersumbat, nyeri pada wajah, hingga sakit kepala.

8. Neuritis optik

Neuritis optik terjadi saat saraf optik mengalami peradangan. Penyakit ini dapat mengganggu transmisi informasi visual antara otak dan mata.Neuritis optik dapat menyebabkan rasa sakit saat mata atau kelopak mata bergerak. Waspadalah, kondisi ini dipercaya dapat sebabkan kebutaan sementara dan sulit melihat warna dengan benar.

9. Sindrom mata kering

Sindrom mata kering adalah kondisi medis di mana produksi air mata terganggu. Masalah ini menyebabkan mata menjadi kering dan mengalami iritasi. Saat berkedip, mata juga bisa mengalami sakit.

10. Penyakit Graves

Penyebab mata sakit saat berkedip selanjutnya datang dari penyakit autoimun, yakni penyakit Graves. Penyakit Graves menyebabkan tiroid memproduksi secara berlebihan antibodi yang justru menyerang tubuh. Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan hipertiroidisme.Penyakit Graves dapat menyebabkan peradangan di dalam atau sekitar mata sehingga rasa sakit dapat Anda rasakan saat berkedip.Gejala penyakit Graves lainnya meliputi gangguan kecemasan, hiperaktif, gatal-gatal, perubahan suasana hati tak menentu, sulit tidur, hingga sering haus.

11. Keratitis

Keratitis terjadi saat kornea mengalami infeksi. Masalah ini biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Selain rasa sakit saat berkedip, keratitis dapat menyebabkan sensitivitas terhadap cahaya dan perasaan seperti ada pasir di mata.

Kapan harus ke dokter?

Mata sakit saat berkedip
Mata sakit saat berkedip tidak boleh diremehkan
Segera periksakan diri Anda ke dokter jika mata sakit saat berkedip tak kunjung sembuh selama 48 jam. Dokter dapat membantu Anda mencari tahu penyebab mata sakit yang Anda rasakan.Jika gejala-gejala di bawah ini muncul, sebaiknya Anda segera berkunjung ke dokter:
  • Rasa sakit yang tak tertahankan
  • Penglihatan terganggu
  • Rasa sakit parah ketika menyentuh mata
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Munculnya halo (lingkaran terang yang mengelilingi sumber cahaya)
  • Sulit menutup kelopak mata sepenuhnya karena mata menonjol keluar.

Catatan dari SehatQ

Mata sakit saat berkedip bukanlah kondisi medis yang boleh disepelekan. Jika tidak ditangani segera, bisa saja indra penglihatan Anda semakin terganggu.Maka dari itu, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
kesehatan matapenyakit matamata keringmata merah
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-many-times-do-you-blink-a-day#blinking-frequency
Diakses pada 11 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321041#treatments
Diakses pada 11 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/eye-hurts-when-i-blink#other-symptoms
Diakses pada 11 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait