Inilah Penyebab Mata Panda yang Mungkin Belum Anda Sadari

Munculnya lingkaran hitam pada mata sejak kecil seringkali disebabkan oleh faktor keturunan
Mata panda tidak hanya disebabkan karena kurang tidur saja.

Kurang tidur menyebabkan munculnya lingkaran hitam pada mata yang sering disebut dengan mata panda. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang tampak lebih tua dan menjadi kurang percaya diri. Namun, terkadang Anda mata panda tetap muncul walaupun telah tidur dengan durasi yang cukup. Selain kurang tidur, terdapat banyak hal yang menjadi penyebab mata panda. Sebagian penyebab mata panda dapat Anda perbaiki, tetapi sebagian lainnya akan bertahan.

Penyebab Mata Panda yang Tidak Dapat Diubah

1. Keturunan

Munculnya lingkaran hitam pada mata sejak kecil seringkali disebabkan oleh faktor keturunan. Seseorang dengan mata panda umumnya memiliki anggota keluarga yang juga memiliki kondisi yang sama. Kondisi mata panda yang dipengaruhi keturunan akan menjadi semakin tampak seiring bertambahnya usia.

2. Usia

Pernahkah Anda sadari bahwa lingkar hitam pada mata lebih sering ditemukan pada orang tua? Usia menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami mata panda. Hal ini dikarenakan kulit akan mengalami penipisan seiring bertambahnya usia seseorang. Selain itu, penurunan produksi lemak dan kolagen di area sekitar mata juga bisa terjadi. Hal ini tentunya akan memperburuk kondisi lingkar hitam pada mata.

Penyebab Mata Panda yang Dapat Diubah

1. Gaya Hidup

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan terbentuknya lingkar hitam pada mata. Selain itu, seseorang yang mengonsumsi banyak kopi atau zat bersifat stimulan lainnya bisa mengakibatkan kesulitan tidur sehingga mata panda terbentuk.

2. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari dapat merangsang tubuh memproduksi melanin, yaitu zat pewarna pada kulit, sehingga kulit tampak lebih gelap. Kulit yang terekspos dengan sinar matahari akan merangsang pemecahan kolagen, membuat kulit menjadi lebih tipis dan pembuluh darah lebih terlihat sehingga bisa menimbulkan mata panda.

3. Abnormalitas Pigmentasi dan Penipisan Kulit

Kulit yang tipis pada area sekitar mata menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih mudah terlihat. Hal ini menyebabkan terbentuknya lingkar hitam di sekitar mata. Terjadinya penipisan kulit juga dipengaruhi oleh faktor usia. Pertambahan umur menyebabkan kulit menjadi semakin tipis.

4. Alergi

Pada kondisi alergi, tubuh melepaskan histamin sehingga menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang berjalan di area sekitar mata. Kantung mata kehitaman yang disebabkan alergi disebut dengan Allergic Shiner Kebiasaan menggosok mata dan akumulasi cairan pada bawah mata juga menjadi penyebab mata panda.

5. Eksim atau Dermatitis

Kulit mengalami peradangan kronis pada eksim atau dermatitis. Peradangan ini menimbulkan hiperpigmentasi sehingga muncul lingkar hitam di sekitar mata. Kulit juga menjadi kering dan terkadang terasa gatal. Eksim bisa ditemukan pada kulit di bawah mata dan pada kulit bagian lainnya.

6. Retensi Cairan

Adanya retensi cairan pada mata menjadi salah satu penyebab mata panda. Keadaan hamil merupakan salah satu kondisi di mana sering terjadi retensi cairan. Retensi cairan juga dapat terjadi akibat konsumsi garam berlebih. Kondisi ini dapat ditandai dengan peningkatan berat badan.

7. Selulitis Periorbital

Selilitis periorbital merupakan kondisi infeksi kulit dan jaringan di sekitar mata. Infeksi bakteri ini sering terjadi pada anak-anak. Kondisi ini disebabkan oleh trauma dan sinusitis. Kondisi ini dapat terjadi pada satu ataupun kedua mata. Selain lingkar hitam dan bengkak, mata juga dapat mengalami gangguan penglihatan. Dengan pemberian antibiotik yang tepat, kondisi mata akan segera kembali normal.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan mata panda, antara lain:

  1. Kompres dingin. Kompres menggunakan handuk basah dapat membantu meredakan lingkar hitam yang muncul. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan potongan mentimun untuk mendapatkan efek dingin.
  2. Tidur yang cukup
  3. Pada kondisi kantung maa yang membengkak, ketika tidur, gunakan lebih banyak bantal untuk mengangkat posisi kepala. Tindakan ini dapat membantu mengurangi penumpukan cairan di bawah mata.
  4. Hindari paparan sinar matahari berlebih. Pakailah tabir surya dan kacamata ketika terpapar sinar matahari. Hal ini membantu mencegah kulit di sekitar mata menjadi keriput. Kelebihan lainnya adalah mencegah terjadinya kanker kulit.
  5. Ketika Anda memiliki alergi yang menyebabkan munculnya mata panda, mengonsumsi obat antihistamin dapat mengontrol alergi yang Anda alami, dan juga mengurangi lingkar hitam pada mata.
  6. Riasan wajah. Cara ini merupakan cara yang sering dilakukan oleh wanita. Anda dapat menggunakan krim mata atau concealer untuk menutupi terbentuknya lingkar hitam pada mata.

Sarkar R, Ranjan R, Garg S, Garg VK, Sonthalia S, Bansal S. Periorbital Hyperpigmentation: A Comprehensive Review. J Clin Aesthet Dermatol. 2016 Jan;9(1):49–55.

MedicineNet. https://www.medicinenet.com/dark_circles_under_the_eyes/symptoms.htm
Diakses pada Mei 2019

EyeHealthWeb. https://www.eyehealthweb.com/dark-circles-under-eyes/
Diakses pada Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/symptoms-causes/syc-20369927
Diakses pada Mei 2019

Bae C, Bourget D. Periorbital Cellulitis. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2019. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470408/
Diakses pada Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed