Penyebab Mata Panda yang Mungkin Belum Disadari, Selain Kurang Tidur


Penyebab mata panda yang paling utama adalah kurang tidur. Kurang tidur atau pola tidur yang buruk bisa membuat wajah kusam. Selain itu, lingkaran hitam di bawah mata juga bisa disebabkan oleh masalah lainnya. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

(0)
14 Jun 2019|Giovanni Jessica
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu penyebab mata panda adalah kurang tidurKemunculan kantung mata hitam bisa mengganggu penampilan
Kurang tidur menjadi penyebab mata panda dapat muncul. Kondisi ini dapat menyebabkan Anda jadi tampak lebih tua dan kurang percaya diri. Akan tetapi, terkadang mata panda tetap bisa muncul walaupun sudah tidur dengan durasi yang cukup. Selain kurang tidur, ternyata ada banyak hal yang menjadi penyebab mata bisa terjadi. Sebagian besar penyebab mata panda bisa diatasi dengan perawatan di rumah. Namun, sebagian lainnya mungkin dapat bertahan. 

Penyebab mata panda dapat terjadi

Semua orang pasti pernah memiliki mata panda yang mengganggu penampilan. Mata panda bisa membuat Anda tampak lelah, lesu, dan wajah jadi lebih tua. Meski bukan kondisi yang serius dan tidak membutuhkan penanganan medis, perlu diketahui beberapa alasan yang menjadi penyebab mata panda terjadi, seperti:

1. Kurang tidur atau pola tidur yang buruk

Penyebab mata panda adalah pola tidur yang buruk
Pola tidur yang buruk membuat wajah Anda jadi kusam dan sayu
Salah satu penyebab mata panda yang umum terjadi adalah kurang tidur atau pola tidur yang buruk. Kurang tidur atau pola tidur yang buruk dapat menyebabkan wajah Anda secara keseluruhan menjadi kusam dan pucat. Akibatnya, jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit jadi terlihat. Selain itu, kurang tidur juga mengakibatkan penumpukan cairan di bawah mata sehingga area mata akan tampak membengkak. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk menerapkan pola tidur yang baik agar mata jadi lebih cerah.Dengan tidur yang cukup, kerusakan sel-sel pada kulit juga dapat diperbaiki.

2. Mata lelah

Mata lelah juga menjadi penyebab mata panda hitam jadi muncul. Misalnya, Anda menatap televisi, layar laptop atau komputer, serta gawai dalam waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Ketegangan inilah yang membuat pembuluh darah di area mata membesar. Alhasil, kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap. 

3. Paparan sinar matahari terlalu sering atau berlebihan

Penyebab mata panda adalah paparan sinar matahari terlalu sering atau berlebihan
Kulit yang sering terpapar sinar matahari bisa menyebabkan mata panda
Penyebab mata panda hitam berikutnya adalah paparan sinar matahari terlalu sering atau berlebihan.Pasalnya, paparan sinar matahari dapat merangsang tubuh memproduksi melanin, yakni zat pigmen pewarna pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih gelap. Kulit yang terekspos dengan sinar matahari akan merangsang pemecahan kolagen, membuat kulit menjadi lebih tipis, serta pembuluh darah lebih terlihat sehingga menimbulkan mata panda.

4. Usia

Pernahkah Anda sadari bahwa lingkaran hitam di bawah mata lebih sering ditemukan pada orang tua? Ya, usia memang dapat membuat seseorang lebih rentan mengalami mata panda. Hal ini karena kulit akan mengalami penipisan seiring bertambahnya usia seseorang. Selain itu, penurunan produksi lemak dan kolagen di area sekitar mata juga bisa terjadi.Kondisi ini tentunya dapat memperburuk kondisi lingkaran hitam pada area mata.

5. Hiperpigmentasi dan penipisan kulit

Hiperpigmentasi dan penipisan kulit juga menjadi penyebab mata panda dapat terjadi. Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi ketika tubuh memproduksi lebih banyak melanin. Akibatnya, kulit menjadi lebih gelap. Di samping itu, penipisan kulit pada area sekitar mata menyebabkan pembuluh darah menjadi tampak nyata. Alhasil, mata panda menjadi tak dapat terhindarkan. Terjadinya penipisan kulit juga dipengaruhi oleh faktor usia. Seiring bertambahnya usia seseorang menyebabkan kulit menjadi semakin tipis.

6. Alergi

Reaksi alergi dan mata kering dapat memicu lingkaran hitam di bawah mata. Saat mengalami reaksi alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons bakteri terhadap zat yang berbahaya. Histamin ini yang dapat menyebabkan gatal, kemerahan, pembengkakan, hingga pelebaran pembuluh darah yang muncul di area bawah mata. Alergi juga berisiko meningkatkan keinginan Anda untuk menggosok kulit yang gatal di sekitar mata. Tindakan ini dapat memperburuk gejala serta menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan pembuluh darah rusak sehingga menjadi penyebab mata panda. 

7. Retensi cairan

Adanya retensi cairan atau kelebihan cairan pada area mata menjadi salah satu penyebab mata panda. Hamil merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi akibat retensi cairan.Retensi cairan juga dapat diakibatkan oleh konsumsi garam berlebih. Kondisi ini dapat ditandai dengan peningkatan berat badan.

8. Dehidrasi

Dehidrasi juga menjadi penyebab lingkaran hitam di bawah mata yang paling umum. Ketika tubuh tidak menerima jumlah air yang tepat, tampilan kulit di sekitar mata menjadi kusam dan cekung. 

9. Penyakit kulit

Bagi penderita eksim, dermatitis atau penyakit lainnya, biasanya akan mengalami gejala kulit meradang yang kronis. Peradangan ini menimbulkan hiperpigmentasi sehingga muncul lingkaran hitam di area mata. Akibatnya, kulit menjadi kering dan terkadang menimbulkan rasa gatal. 

10. Gaya hidup

Kebiasaan merokok jadi penyebab mata panda
Batasi merokok agar kemunculan kantung mata bisa dicegah
Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol dapat menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata.Alkohol dan kafein bisa membuat mata panda semakin jelas. Pasalnya, kedua bahan ini dapat menyebabkan dehidrasi ringan. Selain itu, seseorang yang kerap mengonsumsi kopi atau zat bersifat stimulan lainnya bisa mengakibatkan sulit tidur sehingga mata panda terbentuk.

11. Selulitis periorbital

Penyebab mata panda hitam lainnya adalah selulitis periorbital. Selulitis periorbital adalah kondisi infeksi kulit dan jaringan di sekitar mata. Infeksi bakteri ini sering terjadi pada anak-anak yang disebabkan oleh kondisi trauma dan sinusitis.Selulitis periorbital dapat terjadi pada satu ataupun kedua mata. Selain lingkaran hitam di bawah mata dan pembengkakan, mata juga dapat mengalami gangguan penglihatan. Kondisi ini dapat berangsur normal dengan penggunaan antibiotik yang tepat. Alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis jika mencurigai penyebab mata panda akibat kondisi satu ini. 

12. Keturunan

Pada beberapa kasus, kemunculan lingkaran hitam pada mata disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Seseorang yang mengalami mata panda umumnya memiliki anggota keluarga yang juga memiliki kondisi sama.Kondisi mata panda yang dipengaruhi oleh faktor keturunan akan menjadi semakin jelas seiring bertambahnya usia.

Cara menghilangkan mata panda dengan cepat

Setelah mengetahui berbagai penyebab mata panda di atas, Anda bisa menerapkan cara menghilangkan mata panda dengan tepat. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan mata panda, antara lain:

1. Kompres dingin

Salah satu cara menghilangkan mata panda dengan cepat adalah menggunakan kompres dingin. Caranya, basahi handuk bersih dengan air dingin, lalu letakkan di bawah mata selama 20 menit.Sensasi dingin yang dirasakan dapat mengurangi pembengkakan dan membantu mengecilkan pembuluh darah. Dengan ini, lingkaran hitam pada area mata dapat tersamarkan. 

2. Pakai irisan timun

Manfaat masker timun untuk menghilangkan mata panda memang sudah cukup populer. Ini karena timun dapat menenangkan kulit dan meredakan pembengkakan di area mata. Selain itu, kandungan air dan vitamin C yang tinggi dalam timun juga dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Anda bisa memotong timun yang sudah dibersihkan, lalu tempelkan pada area mata. 

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur atau pola tidur yang buruk menjadi penyebab mata panda yang paling utama. Oleh sebab itu, pastikan Anda cukup tidur setiap harinya agar terhindar dari masalah mata panda.Saat tidur, gunakan lebih banyak bantal untuk mengangkat posisi kepala. Cara ini dapat membantu mengurangi penumpukan cairan di bawah mata. 

4. Hindari paparan sinar matahari berlebih

Bijaksana dalam memilih waktu untuk beraktivitas di luar ruangan juga menjadi cara mengatasi mata panda akibat paparan sinar matahari. Jika memungkinkan, Anda dapat melakukan segala aktivitas di luar ruangan saat pagi atau sore hari.Apabila tidak memungkinkan, selalu gunakan sunscreen dan kacamata hitam saat berada di luar ruangan. Hal ini dapat membantu mencegah kulit di sekitar mata jadi keriput. Langkah ini juga bisa menjadi tindakan pencegahan terhadap kanker kulit

5. Gunakan obat antihistamin

Jika penyebab mata panda karena reaksi alergi, penggunaan obat antihistamin dapat mengendalikan gejala yang dialami. Dengan ini, lingkaran hitam di bawah mata bisa dicegah. 

6. Samarkan dengan riasan wajah

Menghilangkan mata panda secara alami dengan riasan wajah mungkin sudah sering dilakukan oleh para perempuan. Anda bisa menggunakan concealer berwarna lebih terang untuk menutupi area gelap di bawah mata. 

7. Krim mata

Cara menghilangkan mata panda dengan cepat dan ampuh adalah menggunakan krim mataKrim wajah dan produk perawatan lain yang mengandung antioksidan dapat membantu memudarkan warna gelap di bawah mata.Anda juga bisa menggunakan krim mata yang berfungsi mencerahkan kulit sekaligus menyamarkan mata panda. Pilihkan krim mata yang mengandung hidroquinon dan retinol

Catatan dari SehatQ

Mata panda atau dikenal pula dengan lingkaran hitam di bawah mata dan mata panda memang bukan kondisi medis yang serius. Akan tetapi, kemunculannya dapat membuat tampilan wajah tampak lesu dan kusam. Dengan mengetahui penyebab mata panda dan cara mengatasinya dengan tepat, Anda bisa terbebas dari masalah mata panda. Jika kondisi lingkaran hitam di bawah mata tidak kunjung memudar atau semakin memburuk walaupun sudah diatasi dengan langkah-langkah di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut seputar penyebab mata panda dan cara mengatasinya, yuk berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
lingkaran hitam di matakantung matamata panda
Sarkar R, Ranjan R, Garg S, Garg VK, Sonthalia S, Bansal S. Periorbital Hyperpigmentation: A Comprehensive Review. J Clin Aesthet Dermatol. 2016 Jan;9(1):49–55.MedicineNet. https://www.medicinenet.com/dark_circles_under_the_eyes/symptoms.htm
Diakses pada Mei 2019
EyeHealthWeb. https://www.eyehealthweb.com/dark-circles-under-eyes/
Diakses pada Mei 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/symptoms-causes/syc-20369927
Diakses pada Mei 2019
Bae C, Bourget D. Periorbital Cellulitis. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2019. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470408/
Diakses pada Mei 2019
eMediHealth. https://www.emedihealth.com/treat-dark-circles.html
Diakses pada Maret 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes
Diakses pada Maret 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325989#home-remedies
Diakses pada November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait