Penyebab Mata Merah Saat Bangun Tidur dan Cara Tepat Mengatasinya


Mata merah saat bangun tidur sebenarnya merupakan kondisi ringan dan dapat dipicu oleh berbagai hal. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline hydrochloride

0,0
Mata merah saat bangun tidur sebenarnya merupakan kondisi ringanMata merah saat bangun tidur sebenarnya dapat diatasi dengan mengubah beberapa kebiasaan buruk
Pernahkah Anda mengalami mata merah saat bangun tidur? Warna merah tersebut terjadi pada lapisan putih mata atau sklera. Warna merah yang muncul tak selalu merah pekat, namun juga cenderung pink atau bahkan hanya berupa garis-garis kemerahan yang merupakan pembuluh darah.Ada banyak penyebab pembuluh darah pada mata yang biasanya tidak terlihat justru menjadi lebar dan membengkak di pagi hari. Kondisi mata merah saat bangun tidur sebenarnya cukup ringan, namun kadang dapat menjadi tanda adanya masalah serius pada mata.

Penyebab mata merah saat bangun tidur

Sklera atau bagian mata yang berwarna putih dipenuhi dengan pembuluh darah kecil. Jika pembuluh darah ini melebar dan membengkak, maka menyebabkan mata merah, terutama saat bangun tidur.Mata merah saat bangun tidur sebenarnya dapat diatasi dengan mengubah beberapa kebiasaan buruk. Namun, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah mata merah yang Anda alami merupakan kondisi ringan atau justru gejala dari sesuatu yang lebih serius.Berikut ini beberapa penyebab yang memicu kondisi mata merah ringan saat bangun tidur:

1. Computer vision syndrome

Mata merah saat bangun tidur bisa dipicu oleh bermain gadget hingga malam hari
Main gadget hingga larut malam memicu mata merah keesokan harinya
Terlalu lama menatap layar komputer atau gawai dapat menyebabkan mata merah. Bila Anda sering bermain gadget hingga larut malam, maka hal ini dapat memicu mata merah setelah bangun tidur.

2. Ketegangan pada mata

Mirip seperti computer vision syndrome, menatap layar komputer lebih dari dua jam dapat menyebabkan mata tegang. Penggunaan komputer dan gawai membuat Anda lebih jarang berkedip saat menatap layar. Hal ini menyebabkan kelembapan mata berkurang dan menimbulkan mata merah.Selain menggunakan gawai, ketegangan pada mata juga bisa terjadi ketika Anda menyetir jarak jauh di malam hari atau berusaha membaca dengan penerangan yang minim. Mata Anda dipaksa untuk bekerja lebih keras dari biasanya sehingga mengakibatkan kemerahan di pagi hari.

3. Kurang tidur

Jam tidur yang kurang dan kualitas tidur yang buruk juga dapat menyebabkan mata merah setelah bangun tidur. Kurang tidur dapat mengurangi jumlah pelumas dan oksigen di mata yang akhirnya menimbulkan kemerahan sementara pada mata.

4. Terlalu banyak minum alkohol

Bila malam sebelumnya Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol, maka wajar Anda akan mengalami mata merah saat bangun tidur keesokan harinya. Hal ini disebabkan karena alkohol bersifat diuretik yang akan membuat tubuh dehidrasi, termasuk pada area mata.

5. Iritasi ringan

Iritasi ringan dapat menyebabkan mata merah saat bangun tidur
Mata merah saat bangun tidur dapat dipicu oleh iritasi ringan
Debu, asap rokok, asap kendaraan, maupun asap pembakaran sampah dapat mengiritasi mata dan menyebabkannya memerah.

6. Alergi

Serbuk bunga, tungau, bulu binatang, dan alergen lain dapat menyebabkan mata gatal, merah, dan berair. Bila alergi Anda sedang kambuh, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat yang dapat meredakan gejala.

Cara mengatasi mata merah saat bangun tidur

Mata merah saat bangun tidur sebenarnya adalah kondisi yang ringan dan dapat diatasi dengan melakukan perawatan di rumah. Namun, apabila mata merah diikuti dengan kondisi berikut ini, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter:
  • Rasa nyeri di mata
  • Warna merah pada mata sangat pekat dan tidak hilang selama seminggu
  • Penglihatan kabur maupun ganda
  • Perubahan penglihatan
  • Sensitif terhadap cahaya atau melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
  • Mual dan muntah
  • Mata menonjol keluar
Sementara jika Anda tidak merasakan gejala tersebut di atas, Anda dapat melakukan perawatan di rumah untuk mengatasi mata merah, yaitu:
  • Mengistirahatkan mata dalam kondisi tertutup sembari meletakkan kompres dingin
  • Bila mata merah disebabkan oleh infeksi, gunakan kompres hangat
  • Menggunakan obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline hydrochloride seperti VISIONblu, produksi PT Cendo

Kelebihan obat tetes mata VISIONblu

VISIONblu bantu atasi mata merah saat bangun tidur
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mata merah saat bangun tidur disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar dan membengkak. VISIONblu mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang efektif untuk menormalkan kembali pembuluh darah mata yang melebar dan membengkak..Selain itu, desain unik botol VISIONblu akan menjaga kesterilan obat mata, sehingga tetes mata ini cocok untuk Anda yang sering mengalami mata merah saat bangun tidur.Keunggulan lainnya, komponen penetes yang ada pada VISIONblu dirancang khusus untuk menjaga volume tetesan VISIONblu lebih konsisten sehingga Anda dapat meneteskan sesuai kebutuhan tanpa khawatir akan luber ketika digunakan. Anda bisa mendapatkan VISIONblu dengan mudah di apotek terdekat tanpa perlu menggunakan resep dokter.Bila Anda masih ada pertanyaan tentang mata merah saat bangun tidur, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play
mata merahmata iritasiadv visionblu
Healthline. https://www.healthline.com/health/red-eyes-when-waking-up Diakses pada 21 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait