Penyebab Mata Kuning, Gangguan Liver Hingga Reaksi Transfusi

(0)
04 Dec 2019|Azelia Trifiana
Mata kuning pada orang dewasa sangat jarang terjadi tetapi penyebabnya biasanya karena masalah pada liverBila bagian mata yang berwarna putih berubah kekuningan, bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius
Mata rupanya tak hanya jendela untuk melihat dunia saja, tapi juga bisa jadi indikator kesehatan tubuh seseorang. Bagian mata yang berwarna putih – disebut sklera – jika berubah warna menjadi kuning merupakan indikasi sesuatu yang serius. Penyebab mata kuning ini bisa beragam dan perlu segera ditangani.Salah satu tanda-tanda kesehatan terganggu bisa dilihat dari warna mata berubah kekuningan. Istilah medisnya adalah jaundice, yaitu saat zat bilirubin dalam darah dan jaringan tubuh berada di atas rata-rata. Hal ini membuat kulit dan bagian putih matanya akan terlihat kuning, sehingga muncul istilah penyakit kuning

Ragam penyebab mata kuning yang patut dipahami

Mata kuning biasanya banyak dialami bayi baru lahir, ketika liver mereka belum mampu mengatur kadar bilirubin dalam tubuh sehingga terjadi penumpukan di kulit dan bagian putih mata.Setidaknya 60% bayi pernah mengalami jaundice terutama yang terlahir prematur, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat.Pada orang dewasa, kondisi ini sebenarnya lebih jarang terjadi. Namun apabila seseorang mengalaminya, bisa jadi penyebab mata kuning di antaranya:

1. Jaundice

Penyebab mata kuning yang paling umum adalah masalah pada fungsi hati dan kantong empedu yang menyebabkan kadar bilirubin dalam darah berlebih. Biasanya, masalah ini terkait dengan infeksi, peradangan, dan penyumbatan liver sehingga tidak bisa berfungsi dengan optimal.

2. Gangguan pankreas

Penderita gangguan pankreas terutama yang sudah dalam tahap kronis juga bisa membuat mata menjadi kuning.

3. Kanker

Beberapa penyakit kanker seperti kanker hati, pankreas, dan kantung empedu juga bisa membuat mata menjadi kuning.

 4. Anemia hemolitik

Penyebab mata kuning selanjutnya adalah anemia hemolitik. Ini adalah penyakit di mana sel darah merah hancur lebih cepat dari seharusnya dan bilirubin keluar ke darah. Akibatnya, seseorang bisa kekurangan darah bahkan mengancam nyawanya.

5. Konsumsi alkohol berlebih

Gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan konsumsi alkohol berlebih dalam jangka panjang – seperti 8 hingga 10 tahun – juga bisa merusak liver dan menyebabkan mata kuning. Bahkan, jaringan parut bisa mengganti liver yang sehat sehinga kian sulit menjalankan fungsinya.Baca Juga: 7 Manfaat Alkohol yang Bisa Didapatkan Selama Tidak Minum Berlebihan

6. Malaria

Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yaitu malaria juga menyebabkan mata kuning akibat pecahnya sel darah merah. Malaria sangat berbahaya karena dapat menyebabkan penyumbatan terutama pada pembuluh darah kapiler.

 7. Pinguecula

Selain sebagai gejala penyakit yang berhubungan dengan organ lain, mata kuning juga bisa muncul sebagai kondisi tersendiri yang disebut pinguecula.Pada penderitanya, ada bintik kuning yang tumbuh tepat di lapisan bening kelopak mata. Pinguecula bisa terjadi tidak hanya di satu bagian mata saja. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan lemak, protein atau kalsium.

8. Reaksi transfusi darah

Jika Anda menerima darah dengan golongan yang berbeda, reaksi mata kuning setelah transfusi darah juga mungkin terjadi. Hal ini disebut reaksi transfusi, yaitu saat sel darah merah donor dihancurkan oleh sistem imun tubuh penerima darah. Bilirubin di dalam sel darah merah tersebut keluar dan menyebabkan mata kuning.Selain beberapa penyebab di atas, masalah genetik langka yang berpengaruh pada cara kerja liver bisa menyebabkan mata kuning.

Cara mengatasi mata kuning

Meskipun penyebab mata kuning sangat beragam, berikut ini beberapa cara mengatasi mata kuning terutama yang disebabkan oleh masalah di liver, kantung empedu, pankreas, atau usus.Beberapa caranya adalah:
  • Memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air
  • Cukupi kebutuhan serat dari buah, sayur, biji-bijian, dan gandum utuh
  • Konsumsi protein rendah lemak seperti dari ikan dan kacang-kacangan
  • Hindari makanan yang diproses terlalu banyak
  • Batasi konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok atau paparan asap dan residu rokok
  • Olahraga ringan secara berkala
Selain yang terkait dengan gaya hidup sehat dan pola makan sehat di atas, ada juga beberapa suplemen natural untuk mengatasi mata kuning seperti:
  • Akar manis (licorice)
  • Anggur dan berries (resveratrol)
  • Tomat dan grapefruit (naringenin)
  • Kopi
  • Vitamin E
Apabila penyebab mata kuning adalah kondisi kronis pada organ dalam seseorang, dokter juga bisa meresepkan obat-obatan untuk mengobati kondisi ini atau bahkan menyarankan operasi. Semua cara mengatasi mata kuning harus berakar pada apa penyakit pemicunya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kondisi mata kuning, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit kuningpenyakit hatijaundiceradang pankreas
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/yellow-eyes/
Diakses 28 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-yellow-eyes
Diakses 28 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321746.php#home-remedies
Diakses 28 November 2019
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/causes-of-yellow-eyes#3
Diakses 28 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait