Penyebab Mata Kecil Sebelah Bisa Penyakit Bisa Bukan, Kenali Disini

(0)
12 Aug 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mata kecil sebelah dapat disebabkan oleh gangguan saraf maupun otot mataMata kecil sebelah bisa tandakan penyakit bisa juga tidak
Sebagai salah satu organ yang melekat di wajah, mata memberikan peran besar pada penampilan kita. Sehingga apabila ada salah satu mata kecil sebelah, banyak orang yang ingin langsung mencari tahu cara mengatasinya.Ukuran mata yang tidak simetris bisa disebabkan oleh penyakit maupun kondisi non-penyakit. Pada beberapa orang, ukuran organ tubuh bisa berbeda satu sama lain, dan itu adalah hal yang normal.

Penyebab mata kecil sebelah

Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan mata terlihat kecil sebelah:

1. Ptosis

Ptosis adalah salah satu penyebab mata kecil sebelah yang paling umum. Pada orang yang mengalami ptosis, kelopak mata turun menutupi sebagian atau bahkan hampir seluruh mata. Kondisi ini juga bisa disebut sebagai blepharoptosis.Pada kondisi yang ringan, ptosis tidak akan menimbulkan gangguan apapun kecuali soal estetika. Namun pada kondisi yang parah, turunnya kelopak mata bisa mengganggu penglihatan dan menandakan adanya permasalahan pada saraf, otot, maupun soket mata.Lebih jelas, berikut ini beberapa penyebab ptosis yang mungkin Anda alami.

• Gangguan pertumbuhan di dalam kandungan

Mata kecil sebelah bisa dialami oleh semua usia, termasuk bayi yang baru lahir. Ptosis pada bayi yang baru lahir terjadi akibat otot yang berperan untuk menaikkan kelopak mata, tidak berkembang baik di dalam kandungan.

• Usia lanjut

Gaya gravitasi yang diterima dalam waktu lama dan pelebaran jaringan di sekitar kelopak mata akibat usia tua bisa membuat kelopak mata terlihat turun. Kondisi ini biasanya menyerang kedua mata. Namun, salah satu mata bisa terlihat lebih kecil dari yang lain.

• Myasthenia gravis

Myasthenia gravis adalah penyakit autoimun yang membuat otot tidak bisa menerima respons dari saraf dengan baik. Kondisi ini bisa menyerang banyak otot di tubuh, mulai dari otot wajah, tangan, hingga kaki. Jika menyerang otot mata, kondisi ini bisa membuat kelopak mata turun, sehingga mata terlihat kecil sebelah.

• Gangguan saraf mata

Kelopak mata bisa bergerak naik dan turun karena adanya komando dari saraf yang berada di otak. Sehingga saat saraf tersebut rusak atau mengalami gangguan, kelopak mata jadi sulit terbuka dan membuat mata terlihat lebih kecil.

• Penyakit mata lainnya

Pada beberapa kasus, ptosis juga bisa terjadi akibat infeksi atau tumor yang muncul di rongga mata.

2. Enopthalmos

Enopthalmos adalah gangguan pada mata yang membuat bola mata “tenggelam” atau posisinya berubah jadi lebih masuk ke dalam soket mata. Akibatnya dari luar, salah satu mata terlihat lebih kecil dari mata lainnya. Kondisi ini biasanya terjadi akibat benturan, atau penyakit yang menyerang sinus yang terletak di belakang mata.Tenggelamnya bola mata ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau secara bertahap, dalam hitungan tahun. Enopthalmos jarang disadari. Namun sebenarnya kondisi ini bisa menimbulkan beberapa gejala, seperti:
  • Mata terlihat sayu atau kelopak mata terlihat turun
  • Mata terasa seperti ditarik
  • Sinus terasa nyeri
  • Wajah terasa nyeri

3. Variasi normal wajah

Pada banyak kasus, mata yang terlihat kecil sebelah sebenarnya tidak mengalami gangguan apapun. Di dunia ini, sangat jarang sekali ada orang yang memiliki fitur wajah yang benar-benar simetris dan perubahan di tubuh seiring bertambahnya usia juga bisa memengaruhi ukuran mata.Semakin tua, kulit dan jaringan di sekitar mata akan kehilangan elastisitasnya. Hal ini membuat kelopak mata ataupun kulit di sekitarnya terlihat turun, dan menimbulkan kesan ukuran mata yang tidak simetris.Bahkan terkadang, mata yang terlihat kecil sebelah bukan disebabkan karena ukuran mata yang berbeda kiri dan kanan, melainkan letak hidung yang tidak simetris atau adanya perbedaan letak serta ketebalan alis sebelah kiri dan kanan.

Cara mengatasi mata kecil sebelah

Perwatan untuk mata kecil sebelah biasanya dilakukan apabila kondisi ini sudah menimbulkan gejala dan mengganggu penglihatan. Namun, meski belum mengalami hal tersebut, Anda juga bisa melakukan perawatan untuk memperbaiki estetika wajah.Berikut ini pilihan perawatan yang tersedia untuk mengatasi mata kecil sebelah:

• Suntik botox

Suntik Botox bisa menjadi solusi sementara untuk memerbaiki mata yang terlihat tidak simetris. Perawatan ini biasanya dilakukan pada mata kecil sebelah yang tidak disebabkan oleh penyakit apapun.Botox akan disuntikkan di sekitar area otot, agar alis, maupun kelopak mata bisa terlihat simetris. Hasil suntik botox biasanya akan bertahan sekitar 4 bulan.

• Operasi blepharoplasty

Operasi blepharoplasty bisa memperbaiki kelopak mata yang tidak simetris, agar terlihat lebih seimbang. Pada operasi ini, dokter akan membuang kelebihan jaringan atau lemak di salah satu kelopak mata agar tampak lebih seimbang dengan mata sebelahnya.

• Operasi soket mata

Operasi soket mata dilakukan pada mata kecil sebelah akibat benturan dan penyakit-penyakit lain yang menyerang area soket mata. Ada banyak jenis operasi soket mata yang bisa dilakukan, seperti operasi tumor mata atau operasi untuk memperbaiki tulang soket mata yang patah.Apabila ingin tahu penyebab mata kecil sebelah yang Anda alami dengan lebih tepat, berkonsultasilah pada dokter mata. Jika memang hal itu disebabkan oleh penyakit, dokter akan segera melakukan perawatan untuk mengembalikan kondisi normal mata.
penyakit matasaraf matagangguan mata
Healthline. https://www.healthline.com/health/asymmetrical-eyes
Diakses pada 29 Juli 2020
Drugs. https://www.drugs.com/health-guide/drooping-eyelid-ptosis.html
Diakses pada 29 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait