Apa Penyebab Mata Ikan? Jangan Sepelekan Masalah Kulit yang Satu Ini

Menggunakan sepatu yang tidak pas di kaki dapat menyebabkan mata ikan
Penyebab mata ikan biasanya adalah gesekan berulang kali pada bagian kulit sehingga terjadi penebalan.

Mata ikan biasanya disadari saat terdapat benjolan di kaki atau tangan. Bentuk dari mata ikan terkadang cukup mengganggu mata, apalagi jika terasa sakit saat ditekan.

Kondisi kulit ini merupakan sesuatu yang umum terjadi di masyarakat dan merupakan sesuatu yang tidak berbahaya. Secara umum, mata ikan biasanya muncul pada bagian atas, samping, atau di antara jari kaki.

Serupa dengan kapalan, mata ikan merupakan tumpukan kulit yang mengeras. Namun, berbeda dengan kapalan, mata ikan biasanya lebih kecil dari kapalan serta memiliki bagian tengah yang keras.

Selain itu, mata ikan terkadang terasa sakit bila ditekan dan kulit di sekitar mata ikan biasanya meradang. Lantas, apa penyebab mata ikan?

Penyebab Mata Ikan

Secara umum, penyebab mata ikan adalah karena adanya tekanan atau gesekan yang berulang pada kulit. Tekanan atau gesekan tersebut menimbulkan respon pertahanan dari tubuh berupa penebalan pada kulit. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mata ikan adalah:

  • Menggunakan sepatu tanpa kaos kaki atau menggunakan kaos kaki yang terlalu ketat.
  • Memainkan alat musik atau menggunakan alat-alat tertentu yang menggunakan tangan, seperti menulis dengan pulpen, dan sebagainya.
  • Menggunakan sepatu yang tidak pas di kaki, penggunaan sepatu yang terlalu longgar atau sempit dapat menyebabkan gesekan yang berulang pada kaki.
  • Sering menggunakan sepatu hak tinggi. Sepatu jenis ini dapat memberikan tekanan pada jari-jari kaki.

Selain gesekan atau tekanan yang berulang, kelainan pada kaki juga dapat menjadi penyebab mata ikan. Kelainan kaki yang dapat menjadi penyebab mata ikan adalah bunion dan hammertoe.

Bunion adalah kelainan yang ditandai dengan adanya tonjolan tulang di sendi bagian bawah jempol kaki, sementara hammertoe adalah kelainan saat jari kaki tumbuh membengkok ke dalam. Namun, kelainan kaki lainnya juga dapat menjadi penyebab mata ikan.

Anda perlu berkonsultasi ke dokter jika mata ikan terasa sangat sakit dan meradang, tidak kunjung hilang dalam tiga minggu, atau terjadi infeksi pada mata ikan. Khususnya bagi penderita diabetes atau kondisi medis lainnya yang memperlambat sirkulasi darah, Anda perlu untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mengatasi mata ikan di rumah.

Pencegahan Mata Ikan

Setelah mengetahui penyebab mata ikan, Anda akan mudah untuk menyusun cara mencegah mata ikan. Beberapa pencegahan mata ikan yang dapat dilakukan adalah:

  • Menggunakan kaos kaki yang tebal atau bantalan pengganjal dalam sepatu untuk mencegah gesekan atau tekanan yang merupakan penyebab mata ikan.
  • Menggunakan batu apung atau alat penggosok untuk menggerus sel-sel kulit mati pada kulit.
  • Menggunakan pelembab kulit.
  • Menggunakan sepatu yang pas dengan kaki dan memberikan ruang yang cukup bagi jari-jari kaki.
  • Bagi para wanita, hindari penggunaan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi serta bagian depan yang meruncing.
  • Perbaiki sepatu Anda jika bagian dalamnya rusak agar kulit tidak tergesek dengan bagian sepatu yang rusak.
  • Menggunakan alas kaki saat berjalan dan hindari berjalan dalam waktu yang lama secara terus-menerus.

Jika Anda mengalami mata ikan, jangan memotong mata ikan. Anda dapat merendam bagian kulit yang mengalami mata ikan ke dalam air hangat dan menggunakan batu apung atau alat penggosok untuk mengelupas kulit-kulit mengeras pada mata ikan.

Anda juga perlu mengetahui apa penyebab mata ikan yang dialami dan segera minimalisasi penyebab gesekan atau tekanan yang memunculkan mata ikan.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/understanding-corns-calluses-prevention
Diakses pada 04 April 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/corns-and-calluses/
Diakses pada 04 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/corns-and-calluses/diagnosis-treatment/drc-20355951
Diakses pada 04 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed