Penyebab Mata Bengkak Bangun Tidur dan Cara Menghilangkannya


Kelebihan cairan merupakan penyebab mata bengkak saat bangun tidur. Mengompres dengan air dingin adalah salah satu cara mengatasinya.

(0)
20 Apr 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Mata bengkak saat bangun tidur dapat disebabkan oleh penumpukan cairanSetelah begadang, biasanya mata bengkak ketika bangun keesokan harinya
Mendapati mata bengkak saat bangun tidur bisa membuat Anda tidak percaya diri atau malah merusak mood pada hari itu. Namun, mata bengkak bukan tidak bisa dihilangkan atau diminimalkan. Beragam cara bisa Anda coba untuk setidaknya menyamarkan kondisi mata bengkak.

Penyebab mata bengkak bangun tidur

Mata bengkak bisa dialami oleh siapa saja saat kulit mengalami penuaan. Kulit di bagian bawah mata sangat tipis sehingga mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Lemak yang ada di bagian kelopak mata atas akan turun dan mengendap di kelopak mata bawah.Namun, kondisi pembengkakan mata ini juga bisa terjadi pada pagi hari. Mata bengkak bangun tidur bisa diakibatkan oleh pembengkakan jaringan karena cairan di bagian tersebut bertambah. Bukan hanya itu, mata bengkak pun bisa disebabkan oleh faktor lain.Berikut beberapa penyebab mata bengkak saat bangun tidur:
  • Faktor genetik
  • Alergi
  • Retensi cairan
  • Kurang tidur
  • Terlalu banyak terkena sinar matahari
  • Menjalani diet yang tidak sehat
  • Terlalu lama menangis
  • Kondisi kesehatan, seperti sinus hipotiroid, dan sindrom Cushing
Untuk beberapa perempuan, masa menstruasi juga bisa menyebabkan pembengkakan di bagian wajah pada pagi hari. Kondisi ini kadang sering dijadikan tanda-tanda masa menstruasi akan datang oleh sebagian perempuan.

Cara menghilangkan mata bengkak bangun tidur

Anda bisa melakukan berbagai langkah alami yang bisa dilakukan setiap hari. Simak cara untuk menghilangkan mata bengkak bangun tidur di bawah ini:

1. Tidur yang cukup

Karena kondisi ini bisa disebabkan oleh kurang tidur, langkah yang harus Anda lakukan adalah mulai mengubah aktivitas penting ini. Orang dewasa butuh tidur selama 7—9 jam setiap malam. Kalau mengalami kesulitan untuk tidur setiap malam, Anda bisa melakukan ritual sebelum tidur, misalnya dengan minum susu hangat, mencuci muka, menyikat gigi, menggunakan baju tidur yang nyaman, mengatur suhu kamar tidak terlalu panas tetapi juga tidak terlalu dingin, serta mematikan lampu.Hindari mengonsumsi kafein dan alkohol sebelum tidur. Buat juga jadwal makan malam paling lambat tiga jam sebelum Anda naik ke atas kasur. Selain itu, jauhkan gadget dari tempat tidur Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Tidur dengan bantal yang pas

Menumpuk bantal hanya akan membuat leher Anda sakit. Jadi, pakailah bantal yang pas dan nyaman untuk Anda tidur. Dengan tidur yang berkualitas, Anda akan terhindar dari risiko dari mata lelah dan bengkak.

3. Redakan alergi

Alergi bisa membuat mata merah, berair, dan bengkak. Hindari mengusap mata dengan tangan yang mungkin akan memperparah gejalanya. Cobalah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis untuk alergi Anda ini. Mengatasi alergi bisa meringankan gejala yang muncul pada mata.

4. Menghidrasi tubuh dengan baik

Kekurangan cairan tubuh bisa mengakibatkan banyak reaksi di dalam tubuh, salah satunya mata bengkak. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi cukup air setiap harinya. Anda bisa membawa botol minum sendiri di mana pun berada agar tidak lupa. Jangan tunggu sampai benar-benar haus agar jumlah cairan dalam tubuh terjaga.

5. Batasi asupan alkohol

Alkohol yang terlalu banyak hanya akan membuat tubuh Anda tidak sehat. Batasi asupan alkohol sambil sedikit demi sedikit menghilangkan kebiasaan mengonsumsinya. Mulailah dengan asupan cairan yang lebih sehat, seperti infused water atau air mineral biasa.

6. Kurangi konsumsi garam

Terlalu banyak asupan garam harian juga membuat retensi cairan di dalam tubuh. Bukan hanya mata bengkak yang mungkin akan Anda rasakan jika terus mengonsumsi garam berlebihan. Anda pun berisiko terkena penyakit jantung dan stroke. Kementerian Kesehatan menyarankan hanya mengonsumsi satu sendok teh garam per hari.

7. Kompres dengan air dingin

Mendapati mata bengkak bangun tidur bisa langsung Anda atasi dengan mengompresnya. Gunakan kain yang sudah direndam dengan air es untuk mengompres bagian mata selama kurang lebih 10 menit. Cara ini bisa membantu mengeluarkan cairan berlebih yang ada di kantung mata bagian bawah.Anda bisa menggunakan benda dingin lainnya, seperti botol minuman dingin atau daging yang baru dikeluarkan dari kulkas. Bukan hanya itu, kantung teh hijau yang sudah direndam juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan mata bengkak. Teh mengandung antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dan penyempitan pembuluh darah.

8. Mengonsumsi pisang

Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium. Senyawa ini bisa membantu mengurangi kelebihan cairan di dalam tubuh. Bukan hanya pisang, kalium pun bisa Anda dapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, dan yogurt. Cobalah untuk rutin mengonsumsi bahan makanan tersebut untuk mendapatkan asupan kalium yang tepat.

9. Gunakan krim wajah

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan krim wajah, khususnya untuk bagian bawah mata. Pastikan memilih krim wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah supaya tidak menyebabkan alergi. Cek juga apakah krim wajah Anda telah lolos uji BPOM. Coba juga menggunakan masker wajah dari produk kecantikan atau buah-buahan, seperti timun dan tomat.Jika cara-cara di atas tidak berhasil, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Anda bisa menjalani langkah medis dengan melakukan operasi untuk mengangkat cairan yang ada di bagian bawah kelopak mata tersebut.

Catatan dari SehatQ

Mata bengkak bangun tidur bisa terjadi lantaran adanya penumpukan cairan di bagian bawah mata. Kurang tidur dan masalah kesehatan lain bisa menjadi faktor penyebabnya. Anda bisa menghilangkannya dengan mengatur pola tidur yang tepat dan mengompres bagian tersebut dengan benda dingin.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar mata bengkak ketika bangun tidur, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kurang tiduralergikantung matapenumpukan cairan
Healthline https://www.healthline.com/health/eye-health/how-to-get-rid-of-puffy-eyes
Diakses pada 2 Maret 2021
Medical News Today https://www.medicalnewstoday.com/articles/puffy-face-in-the-morning
Diakses pada 2 Maret 2021
All About Vision https://www.allaboutvision.com/cosmetic/puffy-eyes.htm
Diakses pada 2 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait