7 Penyebab Mata Anak Bengkak dan Solusinya yang Ampuh

(0)
28 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Bintitan dan kalazion dapat menjadi penyebab mata anak bengkak.Mata anak bengkak dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis, salah satunya bintitan.
Saat mata anak bengkak, tentunya orangtua pasti merasa khawatir. Apalagi jika pembengkakan yang dialami anak terlihat besar sehingga membuatnya sulit melihat dan tidak percaya diri.Ada berbagai kemungkinan penyebab mata anak bengkak yang harus diwaspadai, mulai dari alergi hingga gigitan serangga. Dengan memahami penyebab mata bengkak pada anak dan cara mengobatinya, Anda pun bisa mengambil tindakan yang tepat agar anak cepat sembuh.

7 penyebab mata anak bengkak dan cara mengobatinya

Meskipun sebagian besar kasus mata bengkak tidak membahayakan, Anda tetap disarankan untuk membawa anak ke dokter untuk mencegah kondisinya semakin parah.Berikut adalah sejumlah kemungkinan penyebab mata anak bengkak yang bisa terjadi.

1. Sering mengusap matanya

Anak akan mengusap matanya jika ia merasa lelah, gatal, atau ada benda asing yang menempel di sana. Akan tetapi, kebiasaan mengusap mata ini berpotensi membuat mata anak bengkak.Penyebab mata anak bengkak ini dapat Anda antisipasi dengan melarang si kecil mengusap matanya yang bengkak. Dengan begitu, pembengkakan yang terjadi bisa berangsur-angsur hilang dan tidak semakin parah.

2. Gigitan serangga

Penyebab mata anak bengkak lainnya yang cukup sering terjadi adalah gigitan serangga di area mata anak, contohnya digigit nyamuk.Untuk memastikan bahwa mata anak bengkak disebabkan gigitan serangga, cobalah periksa bagian tubuh lainnya. Jika di tangan atau kaki anak juga ada pembengkakan, bisa jadi penyebabnya adalah gigitan serangga.Ada cara mengobati mata bengkak akibat gigitan serangga secara alami, salah satunya dengan lidah buaya. Menurut riset, lidah buaya mengandung senyawa antiradang yang bisa mengobati luka ringan dan meredakan infeksi.Untuk mencobanya, potonglah tumbuhan lidah buaya dan tempelkan bagian lengketnya ke bagian mata anak yang bengkak. Namun, Anda perlu berhati-hati dan memastikan tidak ada cairan lidah buaya yang masuk ke bola mata anak supaya tidak iritasi.

3. Tersumbatnya saluran air mata

Penyebab mata bengkak pada anak lainnya yang perlu diwaspadai adalah tersumbatnya saluran air mata. Kondisi ini dapat menyebabkan anak mengalami nyeri dan mata merah. Bayi yang baru lahir dan anak-anak paling rentan mengalaminya.Walaupun sebagian besar kasus tersumbatnya saluran air mata tidak berbahaya, gejalanya tetap dapat mengganggu anak. Salah satu cara mengobati mata bengkak pada anak karena masalah ini adalah memberikan kompres hangat.Saluran air mata yang tersumbat juga bisa terinfeksi. Jika anak mengalami rasa nyeri yang luar biasa pada kelopak mata atau mengalami demam, segera bawa mereka ke rumah sakit. Dokter mungkin akan meresepkan obat antibiotik untuk mengobatinya.

4. Bintitan

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami bintitan. Bintitan atau hordeolum adalah infeksi kelenjar yang ada di kelopak mata. Dalam beberapa kasus, kondisi ini bahkan juga bisa terjadi di dalam kelopak mata.Dilansir dari Medical News Today, kompres hangat dapat meredakan rasa nyeri akibat bintitan. Sebaiknya bintitan jangan dipecahkan karena bisa memperparah infeksinya dan merusak mata.Dokter juga bisa meresepkan obat antibiotik jika ada lebih dari satu bintitan yang muncul, nyeri yang luar biasa, gejalanya semakin parah, munculnya demam, dan terganggunya penglihatan.

5. Alergi

Jika mata anak bengkak disertai mata merah dan berair, bisa jadi penyebabnya adalah alergi.Alergen seperti debu dapat membuat mata iritasi sehingga memicu reaksi alergi. Meski kasus reaksi alergi di mata jarang ada yang berbahaya, kondisi ini cukup mengganggu aktivitas anak.Menghindari alergen adalah cara paling efektif untuk mencegah mata anak bengkak akibat alergi. Berkonsultasilah pada dokter untuk mengetahui apa yang memicu reaksi alergi pada anak.

6. Konjungtivitis bakteri

Konjungtivitis bakteri atau pink eye juga bisa menjadi penyebab mata bengkak pada anak. Infeksi bakteri ini juga bisa menyebabkan mata merah pada anak dan mengeluarkan kotoran berwarna kuning atau hijau.Kondisi ini biasanya dapat diobati dengan obat antibiotik tetes, salep, atau pil. Namun, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaiknya.

7. Kalazion

Kalazion sering kali disamakan dengan bintitan. Padahal, keduanya adalah kondisi yang berbeda. Kondisi ini dapat terjadi saat kelenjar meibom yang ada di tepi kelopak mata tersumbat atau meradangKalazion juga bisa menjadi penyebab mata bengkak pada anak, tepatnya mengakibatkan munculnya benjolan di bagian kelopak mata. Benjolan ini biasanya tidak terasa nyeri saat disentuh.Sebagian besar kasus kalazion dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu. Namun, sebaiknya Anda jangan pernah memecahkan benjolan kalazion karena bisa meningkatkan risiko infeksi mata.

Catatan dari SehatQ

Kondisi mata anak bengkak sebaiknya jangan diabaikan. Segera bawa anak ke dokter jika Anda menemukan pembengkakan di matanya. Dengan begitu, dokter dapat memberikan pengobatan terbaik sehingga si kecil bisa lekas sembuh.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingkesehatan matabintitanpembengkakankalazion
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318219#_noHeaderPrefixedContent
Diakses pada 14 April 2021
All About Vision. https://www.allaboutvision.com/parents/toddler-swollen-eyes/#:~:text=For%20mildly%20swollen%20eyelids%2C%20gently,could%20be%20causing%20eyelid%20swelling.
Diakses pada 14 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/outdoor-health/home-remedies-for-mosquito-bites#honey
Diakses pada 14 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318219#Chalazion
Diakses pada 14 April 2021
Web MD. https://www.webmd.com/eye-health/eye-health-conjunctivitis
Diakses pada 14 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait