7 Kemungkinan Penyebab Lidah Hitam, Apakah Berbahaya?


Terdapat berbagai macam kemungkinan penyebab lidah hitam yang sepatutnya diwaspadai, mulai dari kebersihan mulut yang buruk, minimnya produksi air liur, hingga efek samping obat-obatan.

0,0
19 Aug 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Lidah hitam tidak boleh sepelekanLidah hitam dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis, salah satunya efek samping obat tertentu.
Kondisi lidah berwarna hitam dapat membuat penderitanya merasa terkejut dan khawatir. Sebab, lidah yang sehat umumnya berwarna merah muda dan dilapisi bintik-bintik putih. Jika warna lidah hitam, bisa jadi ada beberapa hal yang jadi penyebab masalah ini.Untuk mencari tahu solusinya, mari kita simak berbagai kemungkinan penyebab lidah hitam dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

7 kemungkinan penyebab lidah hitam

Dilansir dari sebuah studi yang dimuat dalam World of Journal of Gastroenterology, lidah hitam adalah kondisi medis yang tidak berbahaya. Meski begitu, bukan berarti Anda boleh menyepelekannya.Sebelum mengetahui penyebab lidah hitam, pahamilah bahwa lidah Anda diselimuti oleh ratusan benjolan kecil bernama papila. Saat sel-sel kulit mati mulai menumpuk di ujungnya, papila dapat terlihat memanjang.Papila yang memanjang ini mudah dinodai oleh bakteri dan senyawa lainnya sehingga menyebabkan lidah berwarna hitam.Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan sel kulit mati menumpuk di papila dan menyebabkan lidah hitam, di antaranya:

1. Kebersihan mulut yang buruk

Saat kebersihan mulut tidak terjaga, sel kulit mati dapat menumpuk di lidah atau di ujung papila sehingga menyebabkan lidah berwarna hitam.Untuk mengatasinya, cobalah lebih rajin menyikat gigi dan lidah secara teratur. Jangan lupa untuk berkumur supaya kotoran di dalam mulut bisa dihilangkan.

2. Minimnya produksi air liur

Keberadaan air liur dapat membantu Anda menelan sel kulit mati. Jika mulut tidak memproduksi air liur yang cukup, sel kulit mati ini dapat bertahan di lidah dan menyebabkan lidah menghitam.

3. Terlalu sering mengonsumsi cairan

Liquid diet adalah pola makan yang mengharuskan seseorang untuk mengonsumsi cairan saja atau makanan yang bisa dijadikan cairan. Ternyata, jenis pola makan ini dapat menjadi penyebab lidah hitam.Pasalnya, makanan bertekstur keras dapat membantu Anda menyingkirkan sel kulit mati di lidah. Jika Anda hanya mengonsumsi cairan atau makanan yang cair saja, sel kulit mati yang ada di lidah tetap bisa bertahan di sana.

4. Efek samping obat-obatan tertentu

Perlu diketahui, sebagian obat dapat menyebabkan mulut kering. Kondisi mulut yang kering dapat membuat sel kulit mati lebih mudah menumpuk di papila dan menyebabkan lidah berwarna hitam.

5. Merokok

Mengisap rokok tembakau atau mengunyah tembakau adalah salah satu penyebab lidah hitam yang paling umum. Sebab, tembakau dapat meninggalkan noda pada papila yang memanjang di lidah.

6. Mengonsumsi kopi atau teh

Beberapa minuman, seperti kopi atau the, juga bisa menodai papila yang memanjang dan menyebabkan lidah menghitam, terutama jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

7. Obat kumur tertentu

Sebagian obat kumur yang mengandung zat oksidasi, misalnya peroksida, dapat memengaruhi keseimbangan bakteri di dalam mulut.Saat keseimbangan antara bakteri baik dan jahat di mulut terganggu, jamur dan bakteri dapat berkembang biak di sana dan menyebakan lidah berwarna hitam.

Cara mengatasi lidah hitam

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi lidah hitam.
  • Menyikat gigi dan lidah dengan pasta gigi berfluoride
  • Menggunakan tongue scraper atau pembersih lidah untuk menghilangkan plak, bakteri, dan kotoran di lidah
  • Berkumur dengan air garam hangat untuk membersihkan mulut dan mengurangi bau tak sedap
  • Menyikat lidah setiap habis makan
  • Jangan makan setelah menyikat gigi di malam hari
  • Mengoleskan soda kue atau hidrogen peroksida ke lidah
  • Meminum banyak air putih untuk menjaga kebersihan mulut
  • Mengonsumsi buah dan sayuran mentah untuk membantu membersihkan lidah.
Jika berbagai cara di atas tidak berhasil mengembalikan warna lidah yang normal selama beberapa hari, segera periksakan diri Anda ke dokter gigi.Dokter gigi umumnya dapat merekomendasikan beberapa pengobatan untuk mengatasi lidah hitam, seperti:
  • Antibiotik: obat-obatan antibiotik dapat membantu mengatasi infeksi bakteri yang sering kali menyebabkan lidah hitam.
  • Mengganti pengobatan: jika lidah hitam terjadi akibat efek samping obat-obatan tertentu, dokter gigi dapat menyarankan Anda untuk mengganti obat tersebut dengan obat lain yang tak menimbulkan efek samping.
  • Obat antijamur: dokter gigi juga dapat memberikan obat antijamur jika lidah hitam yang Anda alami disebabkan oleh jamur.
Jika Anda memiliki pertanyaan seputar lidah hitam atau kesehatan mulut, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
kesehatan mulutbercak putih di lidah
Bonham Dental. https://bonhamdental.com/blog/tongue-health/#:~:text=Your%20tongue%20can%20tell%20you,should%20be%20of%20medium%20thickness.
Diakses pada 4 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327163#symptoms
Diakses pada 4 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/black-tongue#why-it-happens
Diakses pada 4 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait