6 Penyebab Lidah Berwarna Putih yang Harus Anda Waspadai

Lidah berwarna putih biasanya terjadi jika Anda tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik
Kebersihan mulut yang buruk bisa menyebabkan lidah berwarna putih

Salah satu indikasi kesehatan lidah dapat dilihat dari warnanya. Lidah yang normal seharusnya berwarna pink, sedangkan lidah berwarna putih mungkin mengindikasikan masalah kesehatan tertentu.

Lidah putih adalah kondisi ketika lidah Anda ditutupi oleh sesuatu yang berwarna putih pada beberapa bagian lidah ataupun seluruhnya. Biasanya, kondisi ini tidak membahayakan. Tetapi dalam kasus yang langka, lidah putih dapat menjadi pertanda adanya penyakit serius yang Anda alami, seperti infeksi atau gejala dini kanker.

Penyebab lidah berwarna putih yang tidak membahayakan

Lidah putih paling sering terjadi ketika Anda tidak menjaga kesehatan mulut dengan baik. Akibatnya, banyak kuman, sisa makanan, serta sel kulit mati yang menumpuk dan menutupi bintik-bintik kecil pada lidah (papillae) sehingga terlihat sebagai sesuatu berwarna putih yang berada di permukaan lidah.

Beberapa kebiasaan buruk yang biasanya menyebabkan lidah putih, antara lain:

  • Tidak menggosok gigi dengan benar
  • Tidak membersihkan lidah
  • Mulut kering yang disebabkan oleh seringnya Anda bernapas lewat mulut atau tidur dalam kondisi mulut terbuka
  • Dehidrasi
  • Iritasi yang disebabkan oleh gesekan benda tajam di dalam mulut, misalnya gigi, kawat gigi, atau gigi palsu
  • Konsumsi alkohol yang terlalu sering
  • Merokok atau penggunaan tembakau.

Penyebab lidah putih di atas dapat terjadi pada siapa pun. Jika Anda juga mengalaminya, Anda dapat menyembuhkannya sendiri dengan membersihkan lidah menggunakan sikat gigi atau alat khusus pembersih lidah. Pastikan juga Anda minum banyak air putih.

Meskipun demikian, kadang kala bercak putih pada lidah juga mengindikasikan penyakit yang lebih serius. Apa saja masalah kesehatan yang biasanya ditandai dengan lidah putih?

Penyebab lidah berwarna putih yang lebih serius

Selain masalah pada higienitas mulut, lidah putih juga dapat diakibatkan oleh kondisi kesehatan tertentu. Berikut beberapa di antaranya:

  • Oral thrush

Oral thrush adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi ragi Candida. Masalah kesehatan yang menyebabkan lidah berwarna putih ini biasanya dialami oleh penderita diabetes, orang yang memiliki sistem imun rendah, orang yang terkena HIV/AIDS, orang yang kekurangan zat besi atau vitamin D, atau orang yang menggunakan gigi palsu.

  • Leukoplakia

Seperti namanya, leukoplakia adalah kondisi ketika muncul bercak putih pada lidah, serta di bagian lain dalam mulut seperti pipi dan gusi. Leukoplakia muncul ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan terlalu sering merokok. Leukoplakia biasanya tidak berbahaya, tapi bukan tidak mungkin dapat berkembang menjadi kanker.

  • Oral lichen planus

Oral lichen planus terjadi ketika sistem imun Anda kondisinya buruk. Selain di lidah, bercak putih pada lichen planus juga dapat ditemui di pipi dan gusi. Dalam kasus yang lebih serius, penyakit ini dapat mengakibatkan mulut serasa terbakar, gusi merah dan nyeri, dan terasa sakit terutama ketika Anda makan atau minum.

  • Lidah geografis

Jika bercak putih pada lidah Anda seperti mengelilingi area berwarna merah, kondisi itu dinamakan lidah geografis. Jika tidak sembuh dalam beberapa minggu atau bulan, penampakan lidah geografis bisa berubah.

  • Sifilis

Sifilis merupakan salah satu jenis penyakit seksual menular yang biasanya terjadi ketika Anda melakukan hubungan seks melalui mulut (oral). Lidah berwarna putih yang menandakan penyakit ini biasanya muncul 10 hari hingga 3 bulan setelah Anda terinfeksi bakteri. Selain lidah putih, penderita sifilis juga mengalami sakit kepala, nyeri sendi, demam, dan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

  • Kanker mulut

Dalam kasus yang lebih jarang, lidah putih juga menandakan awal gejala kanker mulut. Selain lidah berwarna putih, kanker lidah juga ditandai dengan rasa nyeri pada lidah, luka pada lidah (misalnya sariawan) yang tidak kunjung sembuh, hingga radang tenggorokan atau nyeri ketika menelan.

Jika Anda hanya mengalami lidah berwarna putih tanpa keluhan lain, Anda hanya perlu memperbaiki cara Anda membersihkan mulut (gigi atau lidah). Sebaliknya, jika lidah putih disertai dengan gejala lain, seperti lidah kebas, nyeri atau serasa terbakar, sulit menelan, demam, dan penurunan berat badan, segera hubungi dokter.

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/3-colors-tongue-not-infographic/
Diakses pada 16 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/white-tongue
Diakses pada 16 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319814.php
Diakses pada 16 Oktober 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/white-tongue/basics/when-to-see-doctor/sym-20050676
Diakses pada 16 Oktober 2019

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17654-white-tongue
Diakses pada 16 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322519.php
Diakses pada 16 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed