8 Penyebab Langit-langit Mulut Bengkak yang Harus Segera Ditangani

(0)
06 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Langit-langit mulut bengkak dapat disebabkan oleh sariawan.Langit-langit mulut bengkak dapat dicegah, salah satunya dengan mengunyah makanan secara hati-hati.
Langit-langit mulut bengkak sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman. Ditambah lagi, gejala lain seperti rasa nyeri, mulut kering, hingga sariawan sering kali menyertai kondisi ini.Penyebab langit-langit mulut bengkak cukup beragam, tetapi sebagian besarnya dapat ditangani dengan mudah. Meski demikian, Anda tidak boleh menyepelekan masalah ini karena ada juga penyakit lain yang dapat menimbulkan pembengkakan pada langit-langit mulut.

8 penyebab langit-langit mulut bengkak

Mengetahui penyebab langit-langit mulut bengkak sedini mungkin dapat membantu Anda mencegah komplikasi yang lebih merugikan lagi.Berikut adalah 8 penyebab langit-langit mulut bengkak yang sudah sepatutnya diwaspadai:

1. Trauma atau cedera

Hati-hati, langit mulut juga bisa mengalami trauma atau cedera. Terdapat beberapa hal yang dapat mencederai langit mulut, di antaranya:
  • Mengonsumsi makanan yang masih sangat panas
  • Mengonsumsi makanan bertekstur keras
  • Menggaruk langit-langit mulut.
Hal-hal di atas dapat menyebabkan langit-langit mulut bengkak. Untuk mengatasinya, cobalah ubah kebiasaan makan atau lebih berhati-hati lagi dalam mengonsumsi makanan.

2. Luka di mulut

Berbagai macam luka di mulut, seperti sariawan misalnya, dapat menyebabkan langit-langit mulut bengkak.Tidak hanya bengkak saja, berbagai jenis luka di mulut juga dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri dan juga luka lecet. Sebagian orang dapat melihat pembengkakan terlebih dahulu sebelum luka di mulut muncul.

3. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi yang disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Jangan diremehkan, jika tidak ditangani segera, dehidrasi dapat menyebabkan langit-langit mulut bengkak.Dehidrasi dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti:Jika memang dehidrasi yang menyebabkan langit-langit mulut bengkak, cobalah lebih rutin untuk mengonsumsi air putih. Jika tidak kunjung sembuh juga, segera datang ke dokter.

4. Ketidakseimbangan elektrolit

Elektrolit adalah mineral yang berada di dalam cairan tubuh, darah, hingga urine. Ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh pun dapat menyebabkan langit-langit mulut bengkak.Tidak hanya langit-langit mulut bengkak saja, ketidakseimbangan elektrolit juga bisa menyebabkan fungsi tubuh terganggu.

5. Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan

Orang yang gemar mengonsumsi alkohol secara berlebihan berisiko mengalami langit-langit mulut bengkak. Selain itu, mereka juga akan merasakan ketidaknyamanan pada langit-langit mulutnya.Alkohol dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak urine sehingga Anda lebih berisiko terserang dehidrasi.Dehidrasi dapat menyebabkan mulut kering, kondisi ini akan meningkatkan risiko langit-langit mulut bengkak.

6. Mucoceles

Mucoceles adalah kista berisikan penumpukan lendir yang biasanya timbul di langit-langit mulut. Benjolan ini tidak menimbulkan rasa nyeri, tetapi dapat menyebabkan langit-langit mulut bengkak.Penyebabnya bermacam-macam, tapi yang paling umum adalah cedera ringan di langit mulut. Mucoceles umumnya akan pecah dengan sendirinya.

7. Papiloma skuamosa

Papiloma skuamosa adalah kondisi medis yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Penyakit ini juga dapat mengakibatkan langit-langit mulut bengkak.Biasanya, papiloma skuamosa yang muncul di langit mulut tidak menimbulkan rasa sakit. Namun jangan diremehkan, datanglah ke dokter untuk memeriksakan diri Anda. Dokter biasanya akan melakukan prosedur pengangkatan papiloma skuamosa dari langit-langit mulut.

8. Kanker

Langit-langit mulut bengkak dapat menjadi gejala awal dari kondisi medis yang serius, salah satunya adalah kanker mulut.Apabila pembengkakan langit mulut disertai dengan rasa nyeri di perut, kondisi ini juga bisa menjadi pertanda dari penyakit hepatitis.Jika memang Anda masih ragu, segeralah datang ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Dengan begitu, penyebab langit-langit mulut bengkak dapat segera diketahui.

Cara mencegah langit-langit mulut bengkak

Langit langit mulut bengkak dapat dicegah
Tenang, langit-langit mulut bengkak dapat dicegah, kok!
Beberapa penyebab langit-langit mulut bengkak memang tidak bisa dicegah. Namun, Anda setidaknya dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengurangi risiko pembengkakan pada langit-langit mulut:
  • Jangan mengonsumsi makanan yang masih panas

Untuk mencegah langit-langit mulut bengkak, usahakan jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang masih panas. Sebab, hal ini dapat menyebabkan langit mulut mengalami terbakar dan membengkak.
  • Mengunyah dengan hati-hati

Makanan bertekstur keras dapat melukai gusi, gigi, hingga langit mulut. Untuk mencegahnya, cobalah mengunyahnya dengan perlahan dan lebih hati-hati.
  • Hindari stres

Sariawan dapat disebabkan oleh stres. Kondisi ini bisa menyebabkan langit-langit mulut membengkak. Cobalah olahraga atau latihan pernapasan untuk mengatasi stres yang Anda rasakan.

Kapan sebaiknya datang ke dokter?

Jika memang langit-langit mulut bengkak disebabkan oleh makanan atau minuman panas, Anda tidak perlu datang ke dokter karena kondisi ini akan membaik dengan sendirinya.Namun, jika berbagai hal di bawah ini terjadi, sebaiknya Anda datang ke dokter:
  • Jika langit-langit mulut bengkak tidak dapat diatasi dengan pengobatan rumahan
  • Jika pembengkakannya semakin parah dan berlangsung lebih dari seminggu
  • Jika disertai gejala merugikan lainnya.
Penyebab langit-langit mulut bengkak yang berbahaya seperti kanker, harus segera ditangani dengan serius. Dokter bisa merekomendasikan berbagai metode pengobatan, seperti kemoterapi atau terapi radiasi, untuk mengobati kanker tersebut.

Catatan dari SehatQ:

Apabila penyebab langit-langit mulut bengkak bukan karena makanan/minuman panas, luka di mulut, atau sariawan, sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Jika Anda punya pertanyaan lebih jauh mengenai langit-langit mulut bengkak, jangan malu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
penyakitkesehatan mulutsariawankanker mulutpembengkakan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323028
Diakses pada 22 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/roof-of-mouth-swollen#causes
Diakses pada 22 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait