Mengenal Virus Penyebab Kutil Menular yang Perlu Diwaspadai


Penyebab kutil muncul perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan kutil merupakan salah satu jenis virus menular. Meskipun tidak berbahaya, kutil dapat menyebar.

(0)
20 May 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penyebab kutil menularHuman Papiloma Virus merupakan penyebab kutil yang bisa menular
Tidak banyak yang tahu, penyebab kutil ternyata adalah salah satu jenis virus menular. Meski umumnya tidak berbahaya, namun kondisi ini dapat menyebar apabila tidak segera ditangani.Agar penanganan kutil yang dilakukan dapat berjalan efektif, anda perlu melakukannya sesuai dengan jenis yang dialami. Terdapat empat jenis kutil yang umum terjadi, dan semuanya memiliki gejala serta cirinya masing-masing.[[artikel-terkait]]

Human Papiloma Virus, penyebab kutil yang jarang diketahui

HPV memiliki lebih dari 150 jenis virus, dan tidak semuanya dapat menyebabkan munculnya kutil. Jika tubuh diserang oleh HPV yang dapat menyebabkan kutil, maka akan terjadi pertumbuhan keratin berlebih. Keratin adalah sejenis protein yang keras dan terletak di permukaan kulit paling atas.Dari beberapa jenis HPV yang dapat menyebabkan kutil, masing-masing akan menimbulkan jenis kutil yang berbeda pula. Virus ini sangat mudah menyebar, sehingga, Anda dapat tertular meski hanya bersentuhan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan orang yang terinfeksi.Selain itu, virus ini juga akan dengan mudah masuk ke tubuh saat seseorang mengalami luka. Sehingga, tidak heran, kondisi ini kerap terjadi pada anak-anak. Kutil juga kerap muncul pada orang yang rutin bercukur.Tidak hanya dapat ditularkan ke orang lain, kutil juga dapat menyebar dari satu area tubuh ke area lainnya.Saat anda melakukan kontak dengan orang yang mengalami infeksi ini, kutil biasanya tidak akan langsung muncul. Umumnya membutuhkan waktu beberapa bulan hingga kutil tumbuh cukup besar hingga dapat terlihat.

Kenali jenis HPV penyebab kutil berdasarkan gejala

Menurut ahli, terdapat beberapa jenis kutil yang dikelompokkan berdasarkan lokasi serta penampakannya. Berikut ini empat jenis kutil beserta tanda dan gejalanya yang perlu Anda kenali:

1. Kutil biasa (veruka vulgaris)

Kutil ini terlihat seperti benjolan di kulit yang keras, dengan permukaan kasar, dan umumnya terlihat seperti kembang kol. Kutil jenis ini umumnya memiliki tanda dan gejala seperti berikut:
  • Lebih sering tumbuh di jari, sekitar kuku, punggung tangan, siku, dan lutut
  • Biasanya muncul saat tubuh mengalami luka
  • Pada permukaannya dapat terlihat bintik-bintik hitam

2. Kutil kaki

Kutil kaki umumnya memiliki tanda dan gejala sebagai berikut:
  • Lebih sering muncul di tumit dan jari kaki
  • Bisa muncul lebih dari satu, dan berkumpul
  • Berbeda dari kutil biasa yang berupa benjolan, kutil ini umumnya datar akibat tekanan dari kaki
  • Terasa nyeri
  • Terkadang terlihat memiliki bintik hitam

3. Kutil pipih

Kutil pipih atau kutil datar memiliki tanda dan gejala berikut ini.
  • Dapat terjadi di manapun. Pada anak, kondisi ini umumnya muncul di wajah.
    Sementara itu, pada pria, kutil pipih bisa dijumpai di area di sekitar jenggot dan kumis, dan pada wanita di kaki.
  • Berukuran lebih kecil dari jenis kutil lainnya
  • Biasanya muncul dalam jumlah banyak, mulai dari 20 hingga 100 dalam satu
    kali infeksi

4. Kutil filiformis

Kutil filiformis memiliki tanda dan gejala sebagai berikut.
  • Terlihat sebagai jari-jari kecil yang menonjol keluar
  • Biasanya muncul di wajah, yaitu di sekitar mulut, kelopak mata, dan hidung
  • Tumbuh dengan cepat

Siapa yang berisiko terinfeksi HPV

 
Siapa saja bisa memiliki kutil, namun ada beberapa kalangan yang memang lebih rentan terkena virus kutil (HPV) daripada yang pada umumnya. Kondisi yang lebih mudah terinfeksi HPV adalah:
  • Anak-anak dan remaja
  • Orang-orang yang sering menggigit kuku
  • Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah
Pada anak-anak umumnya kutil dapat hilang tanpa perawatan. Namun untuk mencegah kutil berkembang biak dan mengganggu buah hati Anda, sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

Cara mencegah munculnya kutil

Virus yang menyebabkan kutiL atau lebih dikenal dengan human papillomavirus (HPV) dapat menular dengan mudah dari orang ke orang, dan ditemukan di mana-mana. Karena alasan ini, akan sulit untuk mencegah kutil sepenuhnya.
 
Dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan, Anda dapat mengurangi risiko terkena kutil. Untuk mengurangi kutil, Anda ingin memastikan semua orang di rumah Anda mengikuti tindakan pencegahan yang disarankan dokter kulit berikut ini:
  • Hindari menyentuh kutil seseorang karena HPV menular. Hal ini dapat memudahkan virus untuk masuk ke dalam tubuh Anda melalui luka atau goresan, yang dapat menyebabkan kutil.
  • Pastikan semua orang di rumah Anda memiliki handuk, handuk kecil, pisau cukur, gunting kuku, kaus kaki, dan barang-barang pribadi lainnya. Jika seseorang di rumah Anda memiliki kutil, ini membantu mencegah virus yang menyebabkan kutil menyebar dari satu orang ke orang lain.
  • Bersihkan dan segera tutup luka yang terbuka. HPV ada di mana-mana, jika Anda menyentuh sesuatu yang terkontaminasi HPV, lebih mudah bagi virus untuk masuk ke dalam tubuh Anda melalui luka atau goresan, yang dapat menyebabkan kutil.
  • Cuci tangan Anda sesering mungkin. Karena HPV sangat umum terjadi, kebiasaan ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan virus dari kulit Anda.
  • Cegah kulit kering dan pecah-pecah. Ketika kulit retak dan kering, HPV akan lebih mudah masuk melalui celah di kulit Anda yang dapat menyebabkan kutil.
  • Hentikan kebiasaan menggigit kuku dan mengunyah kutikula. Ketika Anda menggigit kuku atau kutikula, efeknya dapat menyebabkan luka dan robekan pada kulit yang terlalu kecil untuk dilihat. Bukaan ini memudahkan HPV untuk masuk ke dalam tubuh Anda.
  • Kenakan sandal jepit saat berada di ruang ganti, area kolam renang, dan shower umum. HPV tumbuh subur di daerah yang hangat dan lembab.
  • Pastikan anak-anak Anda mendapatkan vaksin HPV. Vaksin ini membantu melindungi terhadap kutil kelamin dan berbagai kanker yang dapat berkembang di daerah genital.
  • Obati hiperhidrosis. Ini adalah kondisi medis yang menyebabkan orang berkeringat berlebihan. Orang yang memiliki hiperhidrosis sering berkeringat ketika orang lain merasa nyaman atau bahkan dingin. Ketika orang sering berkeringat, kulit mereka menjadi lembab dan lembut. Memiliki kulit lembab dan lembut dapat meningkatkan risiko terkena infeksi HPV yang dapat menyebabkan kutil.

Tidak semua orang yang terinfeksi HPV akan memiliki kutil

HPV sebagai penyebab kutil adalah virus yang sangat umum dan hampir semua orang pernah berkontak dengannya. Namun, tidak semua orang yang pernah berkontak dengan HPV akan mengalami kutil.Sebab, sistem imun setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda saat menghadapi infeksi. Sistem imun sebagian orang lebih kuat dalam melawan infeksi virus, sehingga dapat mencegah kutil terbentuk.Selain itu alasan lainnya, anak-anak lebih sering terkena kutil, dibandingkan dengan orang dewasa, dipercaya berkaitan juga dengan hal ini. Sistem imun anak belum terbangun secara sempurna untuk bisa kuat melawan infeksi HPV.Apabila kutil sudah terlihat mulai muncul di kulit, sebaiknya anda segera memeriksakannya
ke dokter. Semakin cepat perawatan kutil dimulai, maka kemungkinannya untuk menyebar dan
bertambah besar juga akan semakin kecil.
kutilinfeksi kulithpv
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-warts/symptoms-
causes/syc-20371125
Diakses pada 10 Mei 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/155039.php
Diakses pada 10 Mei 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/contagious-skin-
diseases/warts#symptoms
Diakses pada 10 Mei 2019
Web MD. https://www.aad.org/public/diseases/contagious-skin-diseases/warts#symptoms
Diakses pada 10 Mei 2019
AAD. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/warts-heal
Diakses 22 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait