6 Penyebab Kuping Sakit Sebelah Kiri, Bagaimana Mengatasinya?


Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa mengalami kuping sakit sebelah kiri. Rasa sakit ini bisa seperti ditusuk jarum, ngilu, hingga sensasi terbakar. Penyebabnya beragam, mulai dari gejala penyakit seperti flu hingga infeksi telinga.

(0)
14 Oct 2020|Azelia Trifiana
Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa mengalami kuping sakit sebelah kiri. Rasa sakit ini bisa seperti ditusuk jarum, ngilu, hingga sensasi terbakar. Penyebabnya beragam, mulai dari gejala penyakit seperti flu hingga infeksi telinga.Kesehatan telinga akan terganggu ketika terjadi infeksi. Anak-anak yang mengalaminya cenderung lebih rewel. Pada orang dewasa, masalah pada telinga ini dapat disertai demam serta gangguan pendengaran sementara.

Penyebab kuping sakit sebelah kiri

Rasa nyeri pada kuping bisa terjadi di satu sisi saja atau keduanya. Selain itu, rasa sakit juga bisa terasa konstan atau hilang dan timbul. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kuping sakit sebelah kiri di antaranya:

1. Infeksi telinga

Penyebab paling umum kuping sakit sebelah kiri – mungkin disertai nyeri di kuping kanan – adalah infeksi telinga. Infeksi ini dapat berpengaruh terhadap cara kerja telinga baik bagian luar, tengah, dan juga dalam.Penyebab infeksi telinga bisa karena berenang, penggunaan headphone berlebihan, atau cara membersihkan telinga yang kurang tepat. Ketika kulit di kanal telinga mengalami iritasi, hal ini bisa mengakibatkan infeksi. Belum lagi ketika telinga terkena air, ini akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.Selain itu, infeksi telinga bagian tengah bisa berkaitan dengan infeksi saluran pernapasan. Penumpukan cairan di belakang gendang telinga dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri.

2. Kotoran telinga

Adanya kotoran telinga atau ear wax adalah proses alami yang dialami setiap orang. Namun ketika terjadi penumpukan kotoran yang mengeras, saluran telinga bisa tersumbat. Terkadang, hal ini dapat menyebabkan kuping sakit sebelah kiri.Jangan menggunakan cotton swab atau cotton bud untuk mengeluarkan kotoran telinga karena justru dapat membuatnya masuk kian dalam. Apabila kotoran telinga sudah mengganggu pendengaran, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar tidak sampai merusak gendang telinga.

3. Tekanan udara

Perubahan tekanan udara drastis seperti ketika berada di pesawat atau elevator dapat menyebabkan kuping sakit sebelah kiri. Bahkan, bukan tidak mungkin pendengaran terganggu untuk sementara.Hal ini bisa dihindari dengan mengunyah permen karet, menguap, atau menelan saat proses lepas landas dan mendarat di pesawat. Selain itu, sebaiknya hindari menyelam atau perjalanan udara ketika menderita infeksi sinus, demam, atau reaksi alergi.

4. Sakit gigi

Kuping sakit sebelah kiri juga bisa terjadi akibat sakit gigi. Hal ini sangat mungkin mengingat saraf di wajah dan leher berada sangat dekat dengan telinga bagian dalam. Dalam dunia medis, rasa sakit yang muncul di satu area tubuh namun menyebar ke titik lain disebut dengan referred pain.Lebih jauh lagi, keluhan seperti abses gigi, gigi berlubang, serta tumbuhnya wisdom teeth yang memerlukan impaksi gigi bungsu juga dapat menyebabkan nyeri telinga. Dokter akan mengujinya dengan menepuk sedikit gigi dan gusi sehingga bisa melihat apakah terasa nyeri atau tidak.

5. Masalah tenggorokan

Beragam masalah tenggorokan seperti panas dalam, tonsilitis, atau faringitis dapat menyebabkan kuping sakit sebelah kiri, terkadang juga kuping kanan. Ini termasuk gejala yang paling buruk dari masalah tenggorokan.

6. Infeksi sinus

Salah satu ciri-ciri sinus yang utama adalah sensasi telinga terasa penuh karena adanya sumbatan di area sinus. Namun, ini berbeda dengan sensasi saat pendengaran terganggu. Selain itu, gejala lain yang juga menyertai adalah nyeri wajah, sesak napas, serta tekanan di area wajah hingga dahi.

Mengobati kuping sakit sebelah kiri

Untuk mengobati kuping sakit sebelah kiri atau nyeri di keduanya, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan di rumah. Tentu ini belum tentu bisa mengobati sepenuhnya, namun dapat mengurangi rasa tidak nyaman. Apa saja?
  • Memberikan kompres dingin di telinga
  • Hindari membasahi telinga terutama jika pemicu sakit adalah infeksi
  • Duduk tegak jika masalah dipicu tekanan udara
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri
Selain langkah untuk meredakan nyeri di rumah, bisa juga dengan penanganan medis. Apabila pemicunya adalah infeksi telinga, dokter akan meresepkan obat antibiotik atau obat tetes telinga. Sangat disarankan menghabiskan antibiotik hingga tuntas untuk memastikan infeksi benar-benar sembuh.Sementara jika pemicu rasa nyeri adalah penumpukan kotoran telinga yang mengeras, dokter akan memberikan obat tetes yang dapat melunakkan kotoran. Setelah diberi obat tetes ini, kotoran akan keluar dengan sendirinya. Dokter juga bisa membantu proses ini lewat alat sedot.Untuk berdiskusi lebih lanjut apa saja gejala sakit telinga yang memerlukan penanganan segera, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitinfeksi telingapenyakit telinga
Healthline. https://www.healthline.com/health/earache
Diakses pada 28 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/ear-infection/why-does-ear-hurt#1
Diakses pada 28 September 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/ear-pain/guide/
Diakses pada 28 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait