6 Penyebab Kulit Wajah Mengelupas yang Anda Alami, Apa Saja?


Penyebab kulit wajah mengelupas bisa bermacam-macam mulai dari penggunaan produk perawatan kulit hingga kondisi medis tertentu. Kulit wajah kering dan mengelupas bisa menimbulkan rasa gatal, iritasi, kemerahan.

0,0
Penyebab kulit wajah mengelupas adalah kulit keringKulit wajah mengelupas bisa kulit terasa kering, gatal, iritasi, kemerahan
Kulit wajah mengelupas adalah kondisi kulit yang umum terjadi akibat respons tubuh yang terus-menerus memproduksi sel kulit baru dan membuang kulit mati. Pada beberapa kasus, penyebab kulit wajah mengelupas disertai dengan kulit kering, gatal, iritasi, dan kemerahan.
Kulit wajah kering dan mengelupas dapat menyulitkan perempuan yang ingin menggunakan make up untuk mempercantik diri. Sebab, menggunakan make up saat kulit muka mengelupas, justru akan memperparah kondisi kulit yang dialami. Untuk mengatasi kulit muka mengelupas, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda jadi tahu bagaimana cara mengatasi masalah kulit satu ini.

Apa penyebab kulit wajah mengelupas?

Penyebab kulit wajah kering dan mengelupas dapat terjadi akibat proses penyembuhan kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti luka bakar atau faktor paparan lingkungan.Di samping itu, penyebab kulit wajah mengelupas bisa pula akibat penggunaan produk perawatan kulit atau kecantikan hingga kondisi medis tertentu.Adapun beberapa penyebab kulit wajah mengelupas yang mungkin Anda alami, yakni: 

1. Kulit wajah kering

Penyebab kulit wajah mengelupas adalah karena kulit kering
Kulit wajah mengelupas bisa disebabkan oleh kulit kering
Salah satu penyebab kulit wajah mengelupas adalah kulit wajah kering.Ketika kulit wajah terasa kering, biasanya sel-sel kulit tidak akan menempel satu sama lain dan mulai mengelupas.Umumnya, penyebab kulit wajah kering dan mengelupas bisa terjadi akibat kurangnya kelembapan pada wajah, penggunaan produk perawatan kulit dengan kandungan yang kasar, serta paparan cuaca terlalu dingin.

2. Penggunaan obat untuk jerawat dan kerutan

Penyebab kulit wajah mengelupas berikutnya adalah penggunaan obat-obatan tertentu untuk kulit.Misalnya, obat-obatan dengan kandungan retinoid atau retinol, untuk mengobati jerawat dan mengurangi kerutan.Biasanya, produk tersebut akan menimbulkan kulit wajah kering dan mengelupas di area hidung dan mulut. Selain itu, penggunaan obat topikal lainnya, seperti benzoyl peroxide yang berfungsi melawan bakteri penyebab jerawat, sulfa (sejenis antibiotik), dan asam salisilat.Ketiga jenis obat tersebut dapat menjadi penyebab kulit wajah kering dan mengelupas. Terlebih bila kulit wajah Anda cukup sensitif.
Penyebab kulit wajah mengelupas adalah penggunaan obat-obatan untuk jerawat
Kandungan retinol, AHA, dan benzoyl peroxide bisa bikin kulit wajah mengelupas
Obat topikal kimiawi yang digunakan pada perawatan chemical peeling juga dapat menyebabkan kulit wajah kering dan mengelupas.Meski nantinya kulit Anda akan tampak lebih halus dan cerah, mulanya perawatan kulit ini akan menimbulkan pengelupasan di wajah. Tidak hanya obat topikal, beberapa jenis obat-obatan yang dikonsumsi, seperti obat antibiotik penicillin, obat tekanan darah, dan obat kejang dapat menimbulkan efek samping berupa kulit muka mengelupas.

3. Kulit terbakar matahari (sunburn)

 Kulit terbakar matahari atau sunburn juga menjadi penyebab kulit wajah mengelupas.Sunburn adalah kondisi kulit yang sering terpapar sinar matahari berlebih sehingga sel-sel kulit mati menjadi mati akibat paparan sinar ultraviolet.Sel-sel kulit yang sudah mati jadi hilang sehingga kulit wajah memproduksi sel-sel kulit baru untuk menggantikannya.Umumnya, kulit terbakar matahari akan diikuti dengan kemerahan, iritasi, dan peradangan. Jika kondisi ini terjadi pada kulit Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Reaksi alergi

Reaksi alergi juga menjadi penyebab kulit wajah mengelupas
Alergi bisa pula ditandai dengan kulit wajah mengelupas
Reaksi alergi akibat penggunaan produk perawatan kulit atau make up dapat menyebabkan kulit wajah mengelupas.Hal ini dapat terjadi ketika kulit wajah bereaksi terhadap zat alergen (zat pemicu alergi). Akibatnya, kulit wajah kering dan mengelupas bisa terjadi disertai dengan kemerahan, gatal, ruam, hingga lepuhan.Jika Anda mengalami kondisi ini, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Anda pun disarankan untuk lebih berhati-hati saat memilih produk perawatan kulit atau make up dengan membaca kandungan label yang tertera pada kemasan produk.

5. Masalah kulit tertentu

Eksim jadi penyebab kulit wajah mengelupas
Pipi memerah disertai kulit wajah mengelupas bisa jadi gejala eksim
Beberapa kondisi kulit tertentu dapat menjadi penyebab kulit wajah mengelupas. Misalnya:
  • Eksim. Gangguan autoimun pada kulit ini ditandai dengan bercak bersisik berwarna merah atau cokelat serta kulit wajah kering dan mengelupas.
  • Psoriasis. Gangguan kulit kronis yang ditandai dengan kemunculan bercak putih bersisik sehingga menyebabkan kulit wajah kering dan mengelupas, serta memerah. Biasanya, kemunculan bercak putih bersisik ini menimbulkan rasa nyeri.
  • Rosacea. Gangguan kulit kronis yang menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit rusak sehingga kulit wajah kering dan mengelupas disertai kemerahan dan pembengkakan.
  • Infeksi bakteri atau jamur. Infeksi bakteri atau jamur pada kulit juga jadi penyebab kulit wajah mengelupas. Kondisi ini dapat disertai dengan sakit kepala, merasa lemas, atau peradangan pada area kulit yang terinfeksi.
  • Dermatitis seboroik. Meski umumnya dermatitis seboroik terjadi pada kulit kepala, tak menutup kemungkinan kondisi ini dapat muncul di wajah. Selain kulit wajah kering dan mengelupas, gejala dermatitis seboroik lainnya adalah kulit memerah dan terasa gatal.

6. Hipotiroid

Hipotiroidisme atau hipotiroid adalah suatu kondisi ketika kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormon tiroid yang cukup.Akibatnya, proses metabolisme tubuh menjadi terganggu sehingga menimbulkan beberapa gejala.Salah satu gejala hipotiroid yang erat kaitannya dengan kulit adalah kulit wajah kering dan mengelupas.

Bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas?

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas dapat dilakukan sesuai dengan penyebab kemunculannya.Adapun beberapa cara mengatasi kulit wajah mengelupas dan perih yang bisa dilakukan di rumah, antara lain:

1. Oleskan pelembap 

Penyebab kulit wajah mengelupas bisa dengan menghindari obat yang mengandung AHA atau benzoyl peroxide
Penggunaan pelembap untuk mengatasi kulit wajah mengelupas
Salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas adalah mengoleskan pelembap sesuai jenis kulit. Langkah ini dapat membantu menghilangkan kulit mengelupas yang disebabkan oleh kulit kering. Pilihlah pelembap sesuai jenis kulit yang tidak mengandung zat wewangian atau minyak. Anda juga bisa menggunakan pelembap yang mengandung minyak jojoba, dimethicone, gliserin, hyaluronic acid, lactic acid, lanolin, minyak mineral, petrolatum, atau shea butter.Gunakan pelembap sesaat setelah mencuci muka untuk mengunci kelembapan kulit. 

2. Gunakan sabun cuci muka dengan kandungan lembut

Penggunaan sabun cuci muka yang lembut juga menjadi cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas dan perih. Sabun cuci muka dengan kandungan lembut penting digunakan agar tidak menghilangkan minyak alami di wajah. Dengan ini, kadar kelembapan kulit wajah tetap terjaga sehingga meminimalisir kulit mengelupas.Setelah cuci muka, pastikan Anda mengeringkan wajah dengan lembut menggunakan handuk lembut.Penggunaan kain atau handuk berbahan kasar dapat merusak kulit dan memicu kulit mengelupas. Alih-alih menggosok kulit, Anda bisa menepuk-nepuk kulit secara perlahan dengan handuk. 

3. Oleskan sunscreen atau tabir surya

Anda perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya bila ingin beraktivitas di luar rumah. Cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas ini penting untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, sekaligus mengurangi keparahan kondisi kulit. Gunakan sunscreen yang tahan air, dan berspektrum luas. Pilih juga sunscreen yang memiliki SPF minimal 30.

4. Hindari penggunaan produk perawatan kulit tertentu

Kulit wajah mengelupas dan perih akibat penggunaan produk kulit tertentu
Hindari penggunaan produk mengandung AHA, retinoid, dan benzoil peroksida
Saat mengalami kulit mengelupas, Anda bisa menghindari penggunaan produk perawatan kulit tertentu yang memicu kondisi kulit ini muncul. Misalnya, produk mengandung alpha hydroxy acid (AHA), retinoid, dan benzoyl peroxideAmerican Academy of Dermatology Association menyarankan agar tidak menggunakan sabun muka antibakteri atau yang mengandung parfum. Sebab, dapat membuat kulit semakin kering. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menghindari penggunaan obat jerawat atau perawatan kulit untuk kerutan.Dokter mungkin akan mengurangi penggunaan obat-obatan untuk jerawat atau kerutan menjadi 2 hari sekali sampai kulit Anda mulai dapat beradaptasi terhadap obat-obatan ini.

5. Lakukan eksfoliasi wajah

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas juga perlu melakukan eksfoliasi wajah.Memang, kulit akan melakukan regenerasi sel secara alami dengan cara mengelupas setiap satu bulan sekali. Saat sel kulit mati tersebut menempel di permukaan kulit, maka kulit wajah akan terlihat mengelupas.Oleh karena itu, Anda perlu melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati.Cara paling sederhana untuk melakukannya adalah dengan menggunakan produk scrub wajah.Selain itu, Anda bisa menggunakan handuk lembut yang diusap ke wajah secara perlahan. Sebelumnya, pastikan wajah Anda sudah dibasuh dengan air hangat sehingga sel kulit mati bisa terangkat saat diusap menggunakan handuk. 

6. Oleskan lidah buaya

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas bisa dengan gel lidah buaya
Gunakan gel lidah buaya dari tanamannya secara langsung
Cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas secara alami bisa dengan memanfaatkan lidah buaya atau aloe vera. Anda bisa mengoleskan gel lidah dari tanamannya secara langsung atau gel aloe vera yang sudah banyak dijual di pasaran. Anda bisa mengoleskan sedikit gel lidah pada kulit guna melihat ada tidaknya reaksi alergi yang ditimbulkan. Jika tidak ada reaksi alergi yang timbul, Anda bisa mengoleskannya pada wajah  dan mendiamkannya semalaman. 

7. Minum banyak air

Kulit wajah kering dan mengelupas bisa jadi pertanda tubuh perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan benar. Minum air putih yang cukup membantu kulit Anda terhidrasi sehingga kelembapan kulit dapat terjaga. Anda disarankan untuk minum 8 gelas air putih setiap harinya.

8. Konsultasikan dengan dokter

Jika penyebab kulit wajah kering dan mengelupas karena masalah kulit tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan rekomendasi cara mengatasi yang tepat.Untuk penyebab kulit wajah mengelupas akibat psoriasis atau dermatitis atopik, dokter mungkin akan memberikan krim oles hidrokortison.Sedangkan, jika penyebab kulit wajah kering dan mengelupas terjadi karena infeksi jamur, maka dokter mungkin dapat meresepkan obat antibiotik.

Kapan harus segera menemui dokter spesialis kulit?

Penyebab kulit wajah mengelupas yang terjadi karena paparan sinar matahari atau reaksi alergi, bisa segera pulih dengan sendirinya setelah 3-7 hari. Jika kulit muka mengelupas dan tidak juga berhenti meski telah dilakukan cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas di rumah, maka segera periksakan ke dokter kulit.Segera temui dokter jika penyebab kulit wajah mengelupas disertai:
  • Muncul lepuhan besar di kulit badan
  • Demam atau menggigil saat mengalami sunburn atau reaksi alergi
  • Mual, pusing, atau merasa linglung saat kulit mengelupas terjadi
  • Keluar cairan berwarna atau berbau, serta berdarah
Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter untuk diskusi lebih lanjut mengenai penyebab kulit wajah mengelupas dan cara mengatasinya melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitkulit keringmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/peeling-skin-on-face#seeking-medical-help
Diakses pada 5 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326444
Diakses pada 5 Oktober 2020
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17832-peeling-skin/possible-causes
Diakses pada 5 Oktober 2020
Health How Stuff Works. https://health.howstuffworks.com/skin-care/moisturizing/basics/5-reasons-the-skin-on-your-face-might-be-peeling.htm
Diakses pada 5 Oktober 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin
Diakses pada 27 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait