Kulit wajah kering yang terlihat kusam dapat mengurangi penampilan Anda, terutama saat Anda sedang berfoto bersama teman atau keluarga. Ditambah lagi kulit muka kering dapat memicu kemerahan, terkelupas, dan rasa gatal yang membuat Anda menggaruk wajah.

Kulit wajah yang lembab tidak hanya terlihat halus dan menawan, tetapi juga menandakan kulit yang sehat. Lantas apa yang menjadi penyebab kulit wajah kering yang Anda alami?

 

Penyebab kulit wajah kering

Kulit wajah kering membuat Anda berisiko untuk mengalami iritasi dan mudah terkena infeksi kulit. Penyebab kulit kering yang utama adalah karena kurangnya minyak di kulit. Namun ada juga penyebab lainnya. Berikut adalah berbagai penyebab kulit wajah kering yang melanda Anda.

1. Faktor lingkungan

Salah faktor luar yang memengaruhi kondisi kulit kering adalah lingkungan. Contohnya adalah ketika Anda sedang berlibur ke luar kota atau negeri. Cuaca yang terlalu panas atau kering dapat memicu kulit wajah kering.

Saat cuaca panas, kelembapan kulit akan menurun dan mengakibatkan kulit wajah kering, begitupun juga jika Anda terlalu dekat dengan sumber panas, seperti api unggun, pemanas ruangan, dan sebagainya.

Sementara itu, cuaca dingin membuat suhu dan kadar kelembapan menurun dan memicu kulit wajah kering. Selain cuaca, terpapar sinar matahari juga dapat membuat kulit muka kering.

2. Jenis sabun yang tidak sesuai 

Memakai jenis sabun yang terlalu keras untuk kulit atau cenderung bisa jadi penyebab kulit wajah kering. Sabun tersebut dapat menghilangkan minyak di wajah yang membuat muka kering.

3. Terpapar senyawa kimia

Seringkali, Anda mungkin tidak menyadari sudah terpapar berbagai bahan kimia yang ada di lingkungan. Misalnya, saat berenang, senyawa klorin yang menjadi pembersih kolam dapat menjadi pelaku kulit wajah kering yang dialami.

4. Membersihkan wajah secara berlebih

Segala sesuatu yang berlebih tidaklah baik, demikian pula dengan membersihkan wajah secara terus-menerus. Mencuci wajah terlalu sering dapat mengurangi kadar minyak alami di wajah dan memicu dehidrasi pada kulit.

5. Menggunakan air panas terlalu sering

Air panas memang terasa menyenangkan, tetapi sebaiknya Anda menghindari mandi atau mencuci muka dengan air panas karena dapat mengurangi kadar air dan minyak di wajah dan menjadi penyebab kulit wajah kering.

6. Merokok

Gangguan paru-paru dan jantung hanyalah beberapa dari banyaknya efek buruk dari merokok. Tidak hanya berdampak pada organ dalam, merokok juga mempengaruhi kesehatan kulit Anda dengan membuat wajah menjadi kering dan kasar.

7. Kondisi medis tertentu

Beberapa gangguan pada kesehatan berpotensi memicu kulit wajah menjadi kering, seperti hipertiroidisme, dermatitis atopik atau eksim, psoriasis, dan dermatitis seboroik.

Bagaimana mencegah kulit wajah kering?

Selain memahami penyebab kulit wajah kering, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah kulit wajah agar tidak kering. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

  • Gunakan pelembap pada kulit wajah seusai mandi atau mencuci muka.
  • Tutupi wajah saat cuaca dingin atau berangin dengan topi, masker, atau selendang.
  • Pilih sabun dengan pelembap yang lembut di kulit.
  • Kurangi mencuci muka terlalu sering dan gunakan air yang hangat atau sejuk.
  • Minum air secukupnya untuk menghindari dehidrasi.
  • Berhenti merokok.
  • Oleskan sunscreen tiap hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.
  • Taruh pelembap ruangan di rumah.
  • Kurangi konsumsi kafein.
  • Hindari terlalu sering terpapar sinar matahari ataupun menggunakan alat

Catatan dari SehatQ

Periksakan ke dokter jika kulit wajah kering terjadi terus-menerus atau makin parah, muncul infeksi atau kondisi kulit lainnya meskipun sudah menggunakan berbagai perawatan atau pelembap muka.

Dermnet NZ. https://dermnetnz.org/topics/smoking-and-its-effects-on-the-skin/
Diakses pada 31 Januari 2020

 

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care#see-your-doctor
Diakses pada 31 Januari 2020

Mayo Clinic.
Diakses pada 31 Januari 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324935.php#causes
Diakses pada 31 Januari 2020

Artikel Terkait