10 Penyebab Kulit Wajah Kering yang Bikin Gatal dan Tidak Nyaman


Penyebab kulit wajah kering mulai dari usia, cuci muka terlalu sering, hingga penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat. Untuk mengatasinya, penting menggunakan pelembap dan mengurangi frekuensi cuci muka.

(0)
02 Feb 2020|Anita Djie
Salah satu penyebab kulit wajah kering adalah cuci muka terlalu seringKulit wajah kering bisa menimbulkan rasa gatal dan muncul warna kemerahan
Penyebab kulit wajah kering dapat memicu kemerahan, kulit mengelupas, dan rasa gatal yang membuat Anda ingin menggaruk wajah. Kulit muka kering yang tampak kusam dapat mengurangi penampilan, terutama saat Anda sedang berfoto bersama teman atau keluarga. Lantas, apa yang menjadi penyebab kulit muka kering yang Anda alami?

Apa penyebab kulit wajah kering?

Penyebab kulit wajah kering adalah ketika kulit kehilangan minyak alami yang berfungsi melembapkan kulit. Ketika minyak alami pada kulit hilang, maka menyebabkan kulit kering mudah terjadi. Paparan udara yang kering, kebiasaan cuci muka menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering. Selain itu, penggunaan obat-obatan hingga kondisi medis tertentu dapat meningkatkan risiko kulit kering bisa terjadi. Kulit muka kering dapat meningkatkan risiko iritasi dan mudah terkena infeksi kulit. Berikut adalah berbagai penyebab kulit wajah kering yang Anda alami selengkapnya. 

1. Faktor lingkungan

Paparan sinar matahari berlebih bisa jadi penyebab kulit wajah kering
Paparan sinar matahari secara berlebihan bisa membuat kulit kering
Salah satu penyebab kulit wajah kering berasal dari faktor lingkungan. Misalnya, ketika Anda sedang berlibur ke luar kota atau negeri. Cuaca yang terlalu panas atau kering dapat menjadi penyebab kulit muka kering.Saat cuaca panas, kelembapan kulit akan menurun dan menyebabkan kulit kering pada wajah terjadi. Begitu juga jika Anda terlalu dekat dengan sumber panas, seperti api unggun, pemanas ruangan, dan sebagainya.Sementara itu, cuaca dingin membuat suhu dan kadar kelembapan menurun dan memicu kulit wajah kering. Selain cuaca dan iklim, terpapar sinar matahari juga dapat membuat kulit muka kering.

2. Sabun cuci muka yang tidak sesuai

Penggunaan sabun cuci muka yang tidak sesuai juga menjadi penyebab kulit wajah kering. Ini karena bisa jadi jenis sabun pembersih wajah yang digunakan mengandung bahan kimia terlalu keras. Akibatnya, minyak alami di wajah hilang sehingga menyebabkan kulit kering. 

3. Cuci muka terlalu sering 

penyebab kulit wajah kering adalah sering cuci muka
Sering cuci muka bisa jadi penyebab kulit wajah kering
Penyebab kulit wajah kering berikutnya adalah cuci muka secara berlebihan atau terlalu sering. Memang, segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, demikian pula dengan membersihkan wajah secara terus-menerus. Cuci muka terlalu sering dapat mengurangi kadar minyak alami di wajah dan memicu dehidrasi pada kulit.

4. Penggunaan produk perawatan kulit tidak tepat

Coba cek lagi, apakah selama ini Anda menggunakan produk perawatan kulit yang tepat? Beberapa kandungan produk perawatan kulit ada yang berisiko memperparah kondisi kulit kering.Misalnya, yang mengandung  alkohol, alpha hydroxy alpha (AHA), zat pewangi, dan retinoid.

5. Penggunaan air panas terlalu sering

mandi air panas juga menjadi penyebab kulit wajah kering
Cuci muka dan mandi air panas terlalu sering bisa bikin kulit kering
Anda sering cuci muka atau mandi menggunakan air panas? Penggunaan air panas terlalu sering ternyata menjadi penyebab kulit wajah kering. Meski tampak menyenangkan, terlalu sering menggunakan air panas untuk cuci muka atau mandi bisa mengurangi kadar air dan minyak di wajah.

6. Usia

Kulit muka kering dapat terjadi pada orang dewasa tua atau orang lanjut usia. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, penurunan produksi sebum akan mengalami penurunan.  Sebum adalah minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit yang mampu menjaga kelembapan kulit. Umumnya, kondisi ini dapat terjadi pada usia 40 tahun ke atas. 

7. Penggunaan obat-obatan

Penggunaan salep jerawat menjadi penyebab kulit wajah kering
Penggunaan obat jerawat dapat menyebabkan kulit muka kering
Penggunaan obat jerawat juga dapat menyebabkan kulit muka kering. Beberapa jenis salep obat jerawat yang dapat menimbulkan efek samping kulit kering dan mengelupas adalah benzoil peroksida, asam salisilat, retinol, dan alpha hydroxy alpha atau asam hidroksi alfa (AHA). Tak hanya itu, penyebab kulit wajah kering yang sangat parah bisa jadi karena konsumsi obat statin dan diuretik. 

8. Paparan senyawa kimia

Seringkali, Anda mungkin tidak menyadari kalau paparan bahan kimia yang ada di lingkungan bisa menjadi penyebab kulit wajah kering. Misalnya, saat berenang, senyawa klorin yang merupakan zat pembersih kolam renang dapat menjadi biang keladi kulit muka kering yang Anda alami. 

9. Merokok

Gangguan paru-paru dan jantung hanyalah beberapa dari banyaknya efek buruk dari merokok. Tidak hanya berdampak pada organ dalam, merokok juga mempengaruhi kesehatan kulit Anda dengan menyebabkan kulit wajah kering dan kasar. 

10. Kondisi medis lainnya

Penyebab kulit wajah kering bisa terjadi karena seseorang memiliki kondisi medis tertentu. Misalnya, penyakit kulit yang menyebabkan kulit kering, mengelupas, hingga pecah-pecah, seperti dermatitis, eksim, dan psoriasis.Jika Anda mengalami infeksi pada kulit atau buruknya sirkulasi darah, kulit muka kering dan gatal-gatal juga bisa terjadi. Di samping itu, penyakit penyerta yang dialami seseorang, seperti gangguan tiroid, diabetes, atau penyakit ginjal bisa menyebabkan kulit muka kering. 

Bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering?

Setelah mengetahui penyebab kulit muka kering, kini Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan tepat. Adapun beberapa cara mengatasi kulit wajah kering adalah sebagai berikut. 

1. Gunakan pelembap 

Salah satu cara mengatasi kulit wajah kering adalah dengan rutin menggunakan pelembap wajah setelah mandi atau cuci muka. Penggunaan pelembap bertujuan untuk meningkatkan retensi air pada kulit sehingga kelembapan kulit dapat terjaga. Menurut American Academy of Dermatology, Anda bisa mencari pelembap yang mengandung hyaluronic acid, lactic acid, ceramide, gliserin, lanolin, minyak mineral, petrolatum, shea butter, jojoba oil, atau dimethicone

2. Hindari cuci muka terlalu sering

Cuci muka terlalu sering bisa jadi penyebab kulit muka kering. Maka dari itu, cara mengatasi wajah kering adalah dengan tidak mencuci muka terlalu sering. Wajah yang dibasuh terlalu sering lama-kelamaan akan semakin kering karena air yang ada di permukaan kulit akan menguap. Selain itu, gunakan air yang sejuk atau air suam-suam kuku saat mencuci muka. Cuci muka menggunakan air yang terlalu panas bisa membuat muka kering semakin menjadi-jadi. Sebab, air panas bisa menghilangkan minyak alami kulit yang berfungsi menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tidak dapat terhidrasi dengan baik dan menjadi kering. Kemudian, setelah cuci muka sebaiknya jangan menggosok wajah terlalu keras menggunakan handuk.Alih-alih menggosok wajah, sebaiknya tepuk-tepuk wajah perlahan dengan handuk. 

3. Pilih sabun cuci muka yang lembut

Memilih sabun cuci muka yang kandungannya lembut juga menjadi cara mengatasi wajah kering lainnya. Hindari penggunaan sabun cuci muka yang mengandung bahan kimia keras serta mengandung alkohol. 

4. Gunakan humidifier di ruangan

Humidifier dapat menjadi cara mengatasi kulit wajah kering. Humidifier bekerja dengan cara membantu melembapkan udara di dalam ruangan. Penggunaannya dapat membuat kelembapan kulit terjaga sehingga kulit terasa lebih lembap. 

5. Minum air putih yang cukup

Kulit wajah kering bisa jadi tanda Anda kekurangan cairan dalam tubuh atau kondisi dehidrasi. Oleh karena itu, minum air yang cukup bisa jadi cara mengatasi wajah kering yang mampu membantu kulit terhidrasi menjadi lebih lembap. Anda disarankan minum sekitar 8 gelas air putih setiap harinya.

6. Gunakan aksesori pelindung area wajah 

Anda bisa menutupi area wajah dengan topi, masker, atau scarf untuk melindungi paparan sinar matahari dan cuaca yang kering. Langkah ini juga bisa dilakukan saat cuaca sedang dingin atau berangin. Dengan demikian, kulit muka kering bisa dicegah. 

Bagaimana mencegah kulit wajah kering?

penyebab kulit wajah kering bisa dicegah
Agar tidak muncul kembali, sebaiknya hindari penyebab kulit wajah kering
Selain memahami penyebab kulit muka kering, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah kulit muka kering agar tidak muncul kembali. Berikut adalah berbagai cara mencegah kulit wajah kering dengan tepat.
  • Gunakan pelembap pada wajah setelah mandi atau mencuci muka.
  • Tutupi wajah saat cuaca dingin atau berangin dengan topi, masker, atau selendang.
  • Pilih sabun dengan kandungan pelembap yang lembut di kulit.
  • Kurangi mencuci muka terlalu sering dan gunakan air yang hangat atau sejuk.
  • Minum air secukupnya untuk menghindari dehidrasi.
  • Berhenti merokok.
  • Oleskan sunscreen tiap hari, terutama saat akan beraktivitas di luar ruangan.
  • Gunakan humidifier.
  • Kurangi konsumsi kafein.
  • Hindari beraktivitas di bawah paparan sinar matahari terlalu sering. 

Catatan dari SehatQ

Penyebab kulit muka kering tentu bermacam-macam. Jika sudah melakukan berbagai cara mengatasi wajah kering di atas, tetapi kondisi kulit tidak membaik atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar penyebab kulit wajah kering.Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikankulit keringmasalah kulit
Dermnet NZ. https://dermnetnz.org/topics/smoking-and-its-effects-on-the-skin/
Diakses pada 31 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care#see-your-doctor
Diakses pada 31 Januari 2020
Mayo Clinic.
Diakses pada 31 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324935.php#causes
Diakses pada 31 Januari 2020
AAD. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/diabetes-warning-signs
Diakses pada 8 Oktober 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin
Diakses pada 26 November 2020
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-causes
Diakses pada 26 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care#treatment
Diakses pada 26 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait