Penyebab Kulit Penis Kering yang Bikin Kaum Pria Tak Nyaman

Penyebab kulit penis kering dapat berupa penyakit kulit, infeksi jamur, hingga alergi
Kulit penis kering dapat disebabkan oleh beragam penyakit kulit, infeksi jamur, hingga seks tanpa pelumas

Organ intim yang tertutup rapat di bawah sana terkadang juga menimbulkan masalah. Pada pria, salah satu masalah yang cukup sering menghantui adalah kulit penis kering. Apalagi penis sering bergesekan dengan pakaian dalam sehingga rentan mengalami iritasi.

Penyebab kulit penis kering pun dapat berupa penyakit tertentu. Selain itu, kebiasaan yang kurang baik pun bisa menyebabkan kondisi ini.

Apa penyebab kulit penis kering yang menimpa pria?

Kulit penis yang tipis memang rentan mengalami masalah. Berikut ini beberapa penyebab kulit penis kering:

1. Alergi

Alergi terhadap parfum, deodoran, alat kontrasepsi spermisida, hingga kondom berbahan lateks dapat memicu kulit penis kering. Selain sebabkan kulit penis kering, alergi juga menimbulkan beberapa gejala lain, yaitu:

  • Bersin
  • Mengi (terdapat suara “ngik” saat bernapas)
  • Hidung berair
  • Mata berair

Khusus untuk kondom berbahan lateks, gejala lain juga dapat berupa penis membengkak, kulit penis kemerahan, dan ruam yang menimbulkan rasa gatal.

2. Eksim

Beberapa contoh eksim, seperti eksim atopik, dermatitis seboroik, dan dermatitis kontak iritan dapat menyebabkan kulit penis kering. Eksim sendiri adalah kondisi yang membuat kulit meradang, gatal, kemerahan, dan kasar. Benjolan di bawah permukaan kulit juga kerap dialami penderita eksim.

Pertolongan pertama untuk eksim adalah obat kortikosteroid topikal dosis rendah. Selalu ikuti anjuran dokter terkait tatacara penggunaan obat ini karenakulit penis lebih tipis dan sensitif dibandingkan kulit di bagian tubuh lain.

3. Infeksi jamur

Infeksi jamur juga dapat picu kulit penis kering. Selain gejala tersebut, infeksi jamur juga sebabkan ruam, iritasi atau bengkak pada kepala penis, serta cairan yang tidak biasa di bawah kulup. Pria yang penisnya terinfeksi jamur juga berisiko untuk merasa sakit saat buang air kecil atau berhubungan seks.

Apabila dokter mendiagnosis penyebab kulit kering penis adalah infeksi jamur, krim antijamur dapat diberikan. Anda sebaiknya tidak berhubungan seks hingga gejala di atas mereda.

4. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit yang menimbulkan bercak, kemerahan, dan rasa tidak nyaman pada bagian tubuh yang mengalami kondisi ini. Psoriasis inversi adalah jenis psoriasis yang kerap memengaruhi area kelamin, termasuk memicu kulit penis kering. Bercak pada kepala atau batang penis juga dapat terjadi.

Psoriasis dapat diatasi dengan pemberian obat kortikosteroid topikal dosis rendah.

5. Masturbasi dan hubungan seks tanpa pelumas

Sedikit atau tidak ada sama sekali lubrikan saat beraktivitas seks dapat memicu kulit penis kering. Untuk menghindar kondisi ini, menggunakan pelumas sangat disarankan. Pilihlah pelumas yang tidak mengandung paraben atau gliserin, karena bahan tersebut dapat menyebabkan iritiasi.

Selain obat dokter, lakukan ini untuk atasi kulit penis kering

Anda juga dapat membantu penyembuhan kulit penis kering, dengan terapkan cara-cara berikut ini.

  • Jangan berhubungan seks atau masturbasi, setidaknya selama mengobati kulit penis kering.
  • Konsumsilah banyak air putih, untuk menjaga kondisi tubuh senantiasa terhidrasi.
  • Pilihlah produk kebersihan yang cocok untuk kulit sensitif. Namun, membersihkan area kemaluan hanya dengan air hangat, lebih disarankan.

Bagaimana mencegah kulit penis kering?

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Untuk menghindari kulit penis kering, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  • Gunakan detergen dengan bahan alami.
  • Hindari pemakaian sabun berbahan keras.
  • Bersihkan penis dengan air hangat secara berkala.
  • Kenakan pakaian dan celana dalam berbahan katun yang tidak ketat.
  • Gunakan pelumas saat melakukan masturbasi dan berhubungan seks.
  • Jaga kulit tetap lembap.

Walau penyebab kulit penis kering umumnya tidak berbahaya, tips pencegahan di atas tetap penting dilakukan. Selain itu, apabila sewaktu-waktu kulit penis Anda kering dan tak tahu penyebabnya, segera temui dokter spesialis kulit dan kelamin.

Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/dry-skin-on-penis
Diakses pada 11 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/14417.php
Diakses pada 11 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325286.php
Diakses pada 11 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/52457.php
Diakses pada 11 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed