Penyebab Kulit Kering Berjerawat dan Tips untuk Mengatasinya

(0)
03 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kulit kering berjerawat dapat terjadi karena penyumbatan minyak, sel kulit mati, dan bakteri.Kulit kering berjerawat dapat terjadi karena penyumbatan minyak, sel kulit mati, dan bakteri.
Biasanya, jerawat cenderung kita kaitkan dengan kulit berminyak. Namun nyatanya, pada kulit kering pun bisa timbul jerawat yang mungkin menambah rasa frustasi dan kekesalan Anda. Sudahlah kering, berjerawat pula. Apa penyebab kulit kering berjerawat? Bagaimana cara mengatasinya?

Apa penyebab kulit kering berjerawat?

Pada kulit, terdapat banyak folikel rambut yang menjadi tempat tumbuhnya bulu dan rambut di kulit. Apabila folikel tersebut menjadi tersumbat, jerawat pun akan timbul.Pada kasus kulit kering berjerawat, kulit yang kurang lembap dapat merangsang kelenjar sebasea untuk menghasilkan lebih banyak sebum. Sebum sendiri merupakan minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea, berfungsi untuk mencegah kekeringan pada kulit.
Jerawat
Jerawat pada kulit kering dapat terjadi produksi sebum berlebih
Apabila produksinya terlalu berlebihan, sebum akan menyumbat folikel rambut dan menimbulkan jerawat. Sel kulit mati dan dan bakteri juga dapat menumpuk di folikel rambut dan memperburuk jerawat di kulit kering Anda.

Tips menangani kulit kering tapi berjerawat dengan produk yang tepat

Produk yang digunakan sangat menentukan keberhasilan Anda dalam mengatasi kulit kering berjerawat. Berikut ini tips yang bisa Anda simak:

1. Pilihlah produk yang tepat untuk kulit kering

Beberapa bentuk produk perawatan kulit dapat memicu kekeringan pada kulit , termasuk larutan astringent dan gel yang berbahan dasar air. Untuk merawat dan menangani kulit kering berjerawat, Anda bisa mencoba produk berbentuk salep atau losion yang cenderung lebih melembapkan untuk kulit.Apabila Anda menggunakan obat jerawat dari dokter, sampaikan bahwa kulit Anda cenderung kering. Dengan begitu, dokter akan memberikan bentuk dan jenis obat atau krim yang paling sesuai.

2. Gunakan pelembap yang non-komedogenik

Kulit kering dapat diatasi dengan mengaplikasikan pelembap dengan rutin dan telaten. Namun, dalam memilih produk pelembap untuk kulit kering, Anda pun harus jeli agar tak menimbulkan atau memperparah jerawat di wajah. Pilihlah pelembap atau moisturizer yang memiliki label non-komedogenik, bebas minyak, atau non-acnegenic
Mengaplikasikan pelembap wajah
Pilihlah pelembap yang non-komedogenik dan bebas minyak
Pelembap bisa diaplikasikan setelah Anda menggunakan pembersih wajah. Untuk memberikan perlindungan yang paripurna, Anda bisa mengoleskan pelembap terlebih dahulu, baru diikuti dengan produk jerawat di atasnya.Namun, Anda tetap harus mengikuti anjuran dokter pada kasus yang lebih spesifik.

3. Pilihlah pembersih wajah tanpa busa

Walaupun memberikan sensasi memuaskan, pembersih berbusa sebenarnya tidak membantu menyingkirkan jerawat di kulit kering Anda. Malahan, bentuk pembersih seperti ini hanya akan menambah kekeringan pada kulit.Anda bisa mencari produk pembersih yang tidak berbusa, yang biasanya hadir dalam bentuk krim atau losion. Produk yang meninggalkan sensasi kekeringan, kencang, dan gatal setelah digunakan boleh jadi tidak cocok untuk kulit kering berjerawat Anda.

4. Jangan berlebihan dalam membersihkan wajah

Salah satu kesalahan dalam penggunaan pembersih adalah frekuensi penggunaannya. Pada faktanya, membersihkan wajah tidak boleh terlalu berlebihan karena produk pembersih bisa membuang minyak alami di wajah. Hal ini pun akan memicu kekeringan berlebih pada kulit.Membersihkan wajah bisa dilakukan 1-2 kali dalam sehari. Bahkan, apabila Anda seharian cenderung tidak berkeringat, membersihkan wajah bisa dilakukan saat malam hari saja sebelum tidur.

5. Pilih sunscreen yang cocok untuk kulit kering

Tabir surya atau sunscreen adalah benda wajib untuk diaplikasikan, terlepas apa pun jenis kulit Anda. Bahkan, kombinasi sinar ultraviolet dan panas juga bisa menimbulkan jerawat pada kulit kering.Pilihlah sunscreen yang memiliki perlindungan ganda (broad spectrum) yang melindungi kulit dari sinar UVA maupun UVB. Untuk kandungan sunscreen yang cocok pada kulit kering berjerawat, Anda bisa mencari produk dengan bahan titanium dioxide atau zinc oxide.Selain itu, seperti produk lain, pilihlah tabir surya yang memiliki label non-komedogenik.

Tips lain untuk atasi kulit kering berjerawat

Selain memerhatikan produk perawatan kulit di atas, Anda juga menerapkan tips berikut ini untuk atasi kulit kering berjerawat:
  • Gunakan air dengan suhu hangat, bukan panas, saat membersihkan wajah
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuknya secara lembut, bukan menggosoknya menggunakan handuk
  • Hindari kebiasaan memegang wajah karena kotoran dapat berpindah dari tangan ke wajah
  • Gunakan humidifier untuk menambah kelembapan di dalam ruangan

Catatan dari SehatQ

Kulit kering berjerawat dapat merusak mood dan mengurangi rasa percaya diri Anda. Tips di atas bisa Anda terapkan, terutama dalam memilih produk perawatan kulit serta bagaimana membersihkan wajah. Selamat mencoba!
jerawatkulit dan kecantikankulit kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sunscreen-guide
Diakses pada 8 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/dry-skin-and-acne
Diakses pada 8 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/dry-skin-and-acne
Diakses pada 8 Juli 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/treating-acne-in-dry-skin-15510
Diakses pada 8 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait