Kulit hidung kering dapat disebabkan oleh beragam faktor, termasuk cuaca dan jenis kulit
Area hidung yang kering rentan terjadi pada orang dengan jenis kulit kering

Saat kondisi cuaca begitu dingin, Anda mungkin mengeluhkan kondisi kondisi kulit hidung menjadi kering. Memang, salah satu penyebab hidung kering adalah cuaca dan kondisi udara yang dingin.

Selain kondisi cuaca, masih ada beberapa penyebab hidung kering, yang patut untuk diketahui. Mengatasi kulit hidung kering pun sebenarnya tak sulit.

Ragam penyebab kulit hidung kering

Berikut ini beberapa kulit hidung kering, yang patut untuk Anda ketahui

1. Kondisi cuaca

Udara yang dingin atau kering dapat picu kulit hidung menjadi kering. Risiko kondisi hidung kering dapat menjadi lebih besar apabila Anda tidak melindung area sekitar hidung.

2. Produk perawatan kulit

Produk perawatan kulit wajah yang keras dapat menjadi pemicu kulit hidung kering. Begitu pula dengan membersihkan wajah atau mengeksfoliasinya terlalu sering, pun dapat berkontribusi terhadap kekeringan pada kulit hidung.

Pastikan Anda menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

3. Penggunaan air panas atau air hangat

Saat cuaca dingin di musim hujan, Anda mungkin menjadi lebih sering mandi dengan air hangat. Hanya saja, mandi air hangat terlalu sering dapat menyebabkan kulit hidung kering.

4. Jenis kulit dan beberapa kondisi medis

Jenis kulit kering lebih rentan untuk mengalami kondisi kulit kering pada hidung. Gangguan pada kulit, seperti dermatitis atopik dan psoriasis, juga dapat menjadi penyebab hidung kering.

5. Usia

Ternyata, seiring bertambahnya usia, kulit manusia tumbuh lebih tipis. Hal ini membuat kecenderungan kulit kehilangan kelembapan. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan kulit kering, termasuk pada hidung.

Beberapa cara mengatasi kulit hidung kering

Apabila Anda mengeluhkan kondisi kulit hidung kering, ada beberapa cara mudah untuk menanganinya, yaitu:

  • Oleskan sedikit petroleum jelly pada area hidung, namun jangan dilakukan terlalu sering dan jangan terlalu banyak.
  • Menggunakan tisu basah, atau menggunakan lap bersih yang sudah dibasahi.
  • Menaruh pelembap ruangan (humidifier) pada kamar tidur dan ruang lain apabila kondisi ruangan begitu kering.

Cara mencegah kulit hidung kering

Kondisi hidung kering ini sebenarnya dapat dicegah, dengan beberapa cara berikut ini.

1. Bersihkan wajah dengan cleanser yang lembut

Hindari produk pembersih yang mengandung alkohol atau pewangi. Apabila jenis kulit yang Anda miliki adalah kulit kering, membersihkan wajah cukup sekali sehari.

2. Gunakan tabir surya

Walau Anda lebih sering menghabiskan hari di dalam ruangan, melindungi kulit dengan tabir surya tetap sangat dianjurkan. Menurut hasil studi yang dimuat dalam International Journal Cosmetic Science, sinar matahari dapat berkontribusi terhadap kulit tipis dan kulit kering.

Pilihlah tabir surya yang memiliki label broad spectrum, atau yang dapat melindungi kulit dari UVA dan UVB sekaligus.

3. Jaga kelembapan kulit

Walau jenis kulit Anda bukan kulit kering, menjaga kelembapan kulit tetap menjadi keharusan untuk mencegah kulit dan hidung kering. Gunakan pelembap atau moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

4. Batasi mandi air hangat

Pakar menyarankan agar Anda membatasi durasi mandi air hangat menjadi 5-10 menit. Mandi dalam durasi sebentar sebenarnya dapat menjaga kelembapan kulit. Apabila terlalu lama, kondisi hidrasi kulit dapat terganggu.

5. Gunakan pelembap ruangan

Anda dapat mencegah kulit hidung kering dengan menaruh pelembap ruangan (humidifier) pada bagian rumah yang paling lama untuk ditempati. Sebab, lingkungan pun dapat menjadi penyebab kulit hidung kering.

6. Perhatikan asupan nutrisi

Anda juga dapat mencegah kulit dan hidung kering dari dalam. Makanan yang kaya dengan molekul antioksidan, seperti sayur brokoli dapat meningkatkan kesehatan kulit. Begitu pula dengan pangan yang mengandung omega-3, seperti buah alpukat.

Catatan dari SehatQ

Hidung kering jarang yang menjadi kondisi serius. Namun, apabila kulit hidung tak membaik hingga 10 hari, Anda sangat dianjurkan untuk menemui dokter. Anda juga harus segera berkonsultasi jika hidung kering diiringi dengan demam, hidung berdarah, dan keluarnya cairan yang tak biasa.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/dried-skin-on-nose
Diakses pada 20 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/ways-to-treat-dry-nose
Diakses pada 20 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27685249
Diakses pada 20 November 2019

Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/whats-best-sunscreen
Diakses pada 20 November 2019

Artikel Terkait