Trauma dari luar dan penyakit di dalam tubuh dapat menjadi penyebab seseorang mengalami koma
Beberapa penyebab koma antara lain trauma yang terlihat dari luar tubuh hingga gangguan penyakit di dalam tubuh

Mendengar seseorang dalam kondisi koma tentu rasanya menakutkan. Keadaan koma membuat seseorang tidak dapat berbuat apa-apa. Walaupun demikian, pasien koma masih tetap dapat mendengar orang-orang di sekitarnya. Penyebab koma bermacam-macam, dari kejadian trauma yang terlihat sampai keadaan dalam tubuh yang tidak terlihat.

Koma merupakan suatu keadaan ketika seseorang tidak sadar. Saat koma, seseorang tidak memiliki respons terhadap lingkungan di sekitarnya.

[[artikel-terkait]]

Seseorang yang sedang koma masih hidup, hanya saja terlihat seperti sedang tertidur. Namun, saat koma, seseorang tidak dapat dibangunkan dengan rangsangan apapun termasuk rangsangan nyeri.

9 Penyebab koma

Perlu diketahui, penyebab koma bermacam-macam. Mulai dari trauma yang terlihat dari luar, hingga gangguan di dalam tubuh yang tidak terlihat. Berikut beberapa penyebab koma:

1. Cedera kepala

Cedera kepala berat dapat menyebabkan trauma hingga perdarahan pada otak. Biasanya terjadi pada kecelakaan kendaraan, aksi kekerasan, atau jatuh dengan kepala membentur tanah terlebih dahulu.

2. Stroke

Stroke kebanyakan ditandai dengan lemas pada salah satu sisi anggota tubuh yang berlangsung selama lebih dari 24 jam. Terdapat dua jenis penyebab stroke, penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah di otak. Kondisi yang mengganggu pembuluh darah di otak ini dapat memicu terjadinya koma.

3. Tumor

Tumor merupakan hasil dari tumbuhnya sel yang tidak normal. Tumor pada otak atau batang otak dapat menjadi penyebab koma.

4. Diabetes

Penderita diabetes dapat mengalami koma. Kondisi gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah menjadi penyebab koma pada penderita kencing manis. Biasanya kondisi ini terjadi berhubungan dengan penggunaan obat atau insulin yang tidak tepat yang mengakibatkan keadaan ketoasidosis diabetik.

5. Kekurangan oksigen

Kurangnya oksigen dapat menjadi penyebab koma. Misalnya, pada orang yang tenggelam atau pada orang yang terkena serangan jantung dan tertolong, bisa saja mereka tidak sadar karena otak kekurangan oksigen dalam waktu yang cukup lama.

6. Infeksi

Infeksi pada otak atau selaput otak dapat menimbulkan peradangan di otak dan susunan saraf pusat. Infeksi yang berat dapat menyebabkan kerusakan pada otak hingga menjadi penyebab koma.

7. Kejang

Kejang yang terus-menerus dapat menyebabkan koma. Hal ini terjadi karena saat kejang oksigen yang mengalir menuju otak cenderung berkurang. Oleh sebab itu, kejang harus ditangani dengan cepat.

8. Keracunan

Keracunan zat karbon monoksida dari sisa pembakaran bahan bakar atau timbal dapat merusak otak hingga menjadi penyebab koma.

9. Obat dan alkohol

Penggunaan alkohol yang berlebihan dan overdosis obat juga bisa menyebabkan koma.

Sebuah riset tahun 2018 menyebutkan bahwa penyebab koma terbesar adalah pendarahan pada otak dan overdosis obat.

Jika Anda menemukan orang di sekitar Anda yang tidak sadar secara tiba-tiba, segera bawa ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat agar mendapat pertolongan pertama dengan cepat.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed