10 Penyebab Ketombe: Mulai dari Stres hingga Faktor Usia

(0)
07 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penyebab ketombe sangatlah beragam, mulai dari jamur hingga faktor usia.Penyebab ketombe harus dipahami, agar Anda bisa mencegahnya di kemudian hari.
Penyebab ketombe sangatlah beragam, mulai dari faktor usia sampai stres. Dengan mengetahui berbagai penyebab ketombe ini, diharapkan Anda bisa mencegahnya datang kembali di kemudian hari.

Penyebab ketombe yang harus diketahui

Sebelum mengetahui berbagai penyebab ketombe yang menyebalkan ini, ada baiknya Anda juga mengenal lebih jauh tentang ketombe.Ketombe adalah serpihan kulit kepala yang "terperangkap" di rambut. Biasanya, ketombe juga disertai dengan gejala gatal-gatal di bagian kulit kepala.Selain menghadirkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan, ketombe bisa menurunkan rasa percaya diri saat "nongkrong" bersama teman. Maka dari itu, kenalilah berbagai penyebab ketombe ini!

1. Dermatitis seboroik

Dermatitis seboroik adalah penyakit kulit yang bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Penyebab utama dermatitis seboroik adalah Malassezia alias jamur yang biasanya berkembang biak di kulit kepala.Jamur inilah yang kemudian membuat kulit kepala teriritasi dan memaksanya memproduksi sel kulit baru. Sel kulit baru di kulit kepala itu bisa tercampur dengan minyak di rambut dan kulit kepala. Alhasil, terciptalah ketombe.

2. Jarang menyisir rambut

Penyebab ketombe selanjutnya ialah rambut yang jarang disisir. Ternyata, kebiasaan menyisir rambut sangatlah baik untuk mencegah ketombe. Rambut yang jarang disisir akan meningkatkan risiko datangnya ketombe.

3. Jamur

Ketombe
Penyebab ketombe juga bisa datang dari jamuran
Jamur juga bisa menjadi penyebab ketombe yang menyebalkan, terutama di musim dingin atau hujan. Sebab, di saat cahaya matahari tak menyinari bumi, jamur bisa tumbuh di kulit kepala dan menyebabkan ketombe.

4. Kulit kering

Ternyata, kulit yang kering juga bisa menjadi penyebab ketombe yang harus segera diatasi. Berbeda dari ketombe pada umumnya, ketombe yang disebabkan kulit kering akan terlihat lebih kecil dan tak berminyak.

5. Terlalu sering menyampo rambut

Ternyata, terlalu sering mencuci rambut juga bisa menjadi penyebab ketombe. Sebab, kulit kepala yang terlalu sering terpapar dengan produk sampo, bisa teriritasi.Ditambah lagi, ada beberapa produk sampo yang bisa menyebabkan kulit kepala gatal-gatal, kemerahan, dan bersisik.Namun, ada anggapan bahwa jarang keramas juga bisa meningkatkan jumlah minyak dan sel kulit mati di kepala, yang akhirnya menyebabkan ketombe. Sayangnya, klaim ini tidak didukung oleh penelitian medis.

6. Penyakit kulit

Berbagai penyakit kulit seperti psoriasis hingga eksim bisa menjadi penyebab ketombe. Tidak hanya itu, penyakit kulit yang sangat mengganggu penampilan ini juga dapat memperbanyak jumlah ketombe yang muncul di rambut.Tinea capitis, infeksi jamur yang juga masuk dalam daftar penyakit kulit yang bisa menjadi penyebab ketombe.

7. Kondisi medis

Ketombe
Penyebab ketombe juga bisa datang dari penyakit
Selain penyakit kulit, berbagai kondisi medis juga bisa menjadi penyebab ketombe. Sebut saja penyakit Parkinson, yang mampu membuat penderitanya lebih rentan mengalami ketombe.Selain itu, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa penderita HIV lebih rentan mengidap dermatitis seboroik, sehingga ketombe mudah datang.Ditambah lagi, pasien yang sedang menjalani proses penyembuhan stroke dan serangan jantung, juga lebih rentan mengalami ketombe.

8. Pola makan

Pola makan juga bisa menjadi penyebab ketombe, terutama jika Anda tidak cukup mengonsumsi makanan yang mengandung zat mineral zinc, dan vitamin B.Untungnya, ada banyak makanan yang mengandung zinc, seperti daging sapi (4,8 miligram zinc), keju cheddar (28% dari rekomendasi asupan harian), telur (5% dari rekomendasi asupan harian), hingga cokelat hitam (3,3 miligram zinc).Sementara itu, vitamin B dikandung oleh daging sapi, daging ayam, telur, susu, brokoli, bayam, hingga alpukat.

9. Stres

Gangguan mental stres juga masuk dalam daftar penyebab ketombe yang harus dihindari. Selain merugikan kesehatan mental, ternyata stres juga berdampak buruk pada kesehatan kulit kepala.Stres dapat menyebabkan melemahnya sistem imun tubuh, yang kemudian membuat kulit kepala Anda lebih rentan mengalami ketombe.

10. Faktor usia dan jenis kelamin

Penyebab ketombe terakhir adalah faktor usia. Sebab, ketombe lebih sering muncul saat remaja dan dewasa.
Selain itu, ketombe juga lebih sering dialami oleh pria dibandingkan wanita. Para ahli percaya, faktor hormon lah yang menyebabkannya.

Kapan harus ke dokter?

Umumnya, selain menyebabkan turunnya rasa percaya diri, ketombe tidak akan memunculkan komplikasi. Namun, ada beberapa kondisi yang harus diwaspadai.Jika beberapa gejala di bawah ini muncul, segera datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis:
  • Gejala infeksi, seperti pembengkakan dan kulit kemerahan
  • Ketombe tak juga hilang setelah menjalani pengobatan
  • Tanda penyakit kulit seperti eksim, psoriasis
  • Kulit kepala gatal-gatal

Catatan dari SehatQ:

Itulah tadi berbagai macam penyebab ketombe yang harus segera dihindari. Jangan malu untuk datang ke dokter dan meminta bantuan, terutama jika Anda sudah mengalami komplikasi atau penurunan rasa percaya diri akibat ketombe.
kulit dan kecantikankesehatan rambutketombe
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/152844
Diakses pada 23 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-high-in-zinc#section10
Diakses pada 23 Juni 2020
Health Xchange SG. https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/vitamin-b-best-food-sources-signs-deficiency
Diakses pada 23 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait