6 Penyebab Ketiak Gatal dan Cara Mengatasinya

(0)
22 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada beberapa penyebab ketiak gatal yang bisa terjadiSebagian besar penyebab ketiak gatal umumnya tidak berbahaya
Anda mungkin bisa mengabaikan gatal pada ketiak yang terjadi sekali-sekali. Namun ketika hal itu terjadi berulang, bahkan sampai mengakibatkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas, Anda sebaiknya mencari tahu penyebab ketiak gatal tersebut agar segera ditangani dengan benar.Ketiak merupakan area tubuh dengan lapisan kulit yang tipis dan rawan lembap sehingga berpotensi memunculkan penyakit, contohnya seperti gatal-gatal. Rasa gatal ini sejatinya bisa diredakan dengan menggaruk, tapi garukan yang terlalu keras atau sering karena rasa gatal yang tak kunjung hilang bisa membuat ketiak menjadi iritasi.Penyebab ketiak gatal sangat beragam, mulai dari kondisi ketiak yang sering lembap hingga infeksi bakteri atau jamur. Namun dalam kasus yang lebih jarang, ketiak gatal ini juga bisa menjadi gejala awal limfoma atau kanker payudara.

Penyebab ketiak gatal

Biasanya penyebab ketiak gatal bukanlah penyakit serius, melainkan hal-hal yang terlihat sepele, seperti penggunaan deodoran atau sabun yang tidak cocok di kulit Anda. Secara keseluruhan, munculnya ketiak gatal bisa disebabkan oleh:

1. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak ditandai dengan munculnya rasa gatal dan biang keringat karena ketiak bergesekan dengan benda atau zat tertentu, seperti deodoran, sabun, losion, deterjen, pewangi pakaian, bahkan bahan pakaian yang Anda kenakan.

2. Iritasi kulit

Rasa gatal pada ketiak diikuti dengan rasa nyeri karena adanya iritasi pada kulit akibat kulit yang terluka, misalnya setelah Anda bercukur.

3. Dermatitis atopik

Kondisi ini disebut juga sebagai eksim dan ditandai dengan peradangan kronis seperti kulit ketiak gatal dan kering.

4. Folikulitis

Bulu ketiak juga bisa meradang akibat keringat berlebih, luka saat bercukur, dan penggunaan deodoran. Kondisi ini disebut sebagai folikulitis.

5. Miliaria

Ketiak gatal yang disebabkan oleh miliaria bisa sampai mengakibatkan iritasi dan kemerahan karena paparan keringat dan panas.

6. Intertrigo

Kondisi ini adalah peradangan kulit yang biasa menyerang daerah lipatan kulit, termasuk ketiak, dikarenakan gesekan atau infeksi bakteri maupun jamur. Selain gatal, ketiak juga bisa meninggalkan kotoran dan bau tidak sedap.Dalam beberapa kasus yang lebih jarang, gatal pada ketiak juga bisa mengindikasikan penyakit parah, seperti kanker payudara yang meradang. Hanya saja, rasa gatal ini akan diikuti dengan gejala lain, seperti:
  • Perubahan kondisi kulit, seperti kulit yang menebal dan memiliki tekstur layaknya kulit jeruk
  • Payudara bengkak sehingga terlihat besar sebelah
  • Salah satu payudara terasa lebih berat dan lebih hangat dibanding sisi sebelahnya
  • Munculnya bercak merah pada payudara yang menutupi lebih dari sepertiga area.
Bila Anda mengidap gejala kanker payudara di atas yang disertai ketiak gatal, segera periksa ke dokter. Namun bila gatal hanya terjadi pada ketiak, Anda dapat melakukan home treatment dengan atau tanpa menggunakan obat-obatan tertentu.

Cara meredakan gatal pada ketiak

Bila Anda mencurigai ketiak gatal terjadi karena penggunaan kosmetik atau pakaian tertentu, segera hentikan pemakaiannya. Anda juga sebaiknya tidak menggaruk ketiak berlebihan karena dapat melukai kulit dan memperparah kondisi.Sebaliknya, ketika ketiak terasa gatal, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa ingin menggaruk, seperti:
  • Mandi air hangat hingga ketiak bersih, kemudian mengoleskan pelembap (jika gatal disebabkan eksim) atau kompres dengan es batu yang dilapisi handuk bersih.
  • Oleskan krim pereda gatal yang mengandung hidrokortisone atau calamine untuk meredakan peradangan akibat gatal.
  • Minum obat antihistamin yang dapat dibeli tanpa resep dokter.
  • Konsumsi lebih banyak vitamin C alami, seperti terdapat pada jeruk, tomat, dan brokoli, untuk melawan infeksi pada kulit.
  • Bila ketiak gatal disebabkan oleh infeksi jamur, oleskan krim atau salep yang mengandung clotrimazole, nystatin, atau ketoconazole.
Sebagai langkah pencegahan, Anda harus selalu memastikan area ketiak selalu kering. Selain itu, gunakan krim sebelum Anda mencukur bulu ketiak untuk menghindari munculnya rasa gatal pada ketiak.
gatalmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-armpits-cancer
Diakses pada 7 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-an-armpit-rash
Diakses pada 7 Juli 2020
E Medihealth. https://www.emedihealth.com/itchy-armpit.html
Diakses pada 7 Juli 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/rashes-of-the-armpit-1069584
Diakses pada 7 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait