Penyebab Kencing Sakit pada Pria yang Harus Dicermati Kaum Lelaki

(0)
31 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kencing sakit pada pria dapat disebabkan oleh beragam masalah medisPenanganan kencing sakit pada pria harus disesuaikan dengan penyebabnya
Buang air kecil seharusnya menjadi ritual yang melegakan. Namun, adakalanya pria juga mengalami rasa sakit saat berkemih atau buang air kecil. Kencing sakit pada pria dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu - yang memerlukan penanganan dari dokter. Apa saja penyebab kencing sakit pada pria?

Ragam penyebab kencing sakit pada pria

Berikut ini beberapa penyebab kencing sakit pada pria:

1. Infeksi saluran kemih

Pria yang menderita infeksi saluran kemih biasanya mengalami kencing sakit
Kencing sakit bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih
Salah satu penyebab utama kencing sakit pada pria adalah infeksi saluran kemih (ISK). ISK dapat terjadi akibat infeksi bakteri maupun peradangan pada saluran kencing. Infeksi tersebut dapat terjadi pada kandung kemih, uretra (saluran yang mengalirkan urine dari kandung kemih ke luar tubuh), ureter, maupun ginjal.ISK biasanya memang lebih rentan terjadi pada wanita. Pasalnya, uretra pada wanita lebih pendek dibandingkan uretra laki-laki. Walau begitu, ISK juga bisa terjadi pada pria dan menimbulkan rasa sakit saat berkemih. Beberapa faktor risiko pria mengalami ISK, yaitu:
  • Berusia lanjut dan menderita pembesaran prostat jinak
  • Keterbatasan mobilitas dalam waktu yang lama
  • Kurang asupan cairan
  • Baru saja menjalani operasi saluran kemih 
  • Menderita diabetes
  • Tidak disunat
  • Mengalami inkontinensia tinja, yakni sulit mengontrol keluarnya tinja
  • Melakukan hubungan seks anal yang membuat uretra terekspos lebih banyak bakteri

2. Prostatitis

Penyebab lain kencing sakit pada pria adalah prostatitis atau peradangan pada kelenjar prostat. Penyebab peradangan tersebut seringkali tidak diketahui, namun beberapa kasus dapat dipicu oleh infeksi bakteri. Selain sakit saat buang air kecil, pria yang menderita prostatitis juga dapat mengalami gejala seperti nyeri di perut bagian bawah, punggung bagian bawah, atau area rektum. Penderitanya juga sulit untuk buang air kecil, mengalami demam, menggigil, serta merasakan sensasi terbakar saat buang air kecil. 

3. Cystitis

Cystitis atau sistitis adalah istilah umum peradangan pada kandung kemih. Peradangan tersebut bisa terjadi disebabkan oleh infeksi bakteri, namun bisa juga terjadi bukan karena infeksi. Cystitis non-infeksi bisa terjadi karena obat-obatan, efek terapi radiasi, hingga paparan zat kimia tertentu.Beberapa gejala yang disebabkan oleh cystitis yakni sensasi terbakar saat buang air kecil, sensasi ingin buang air kecil dengan segera, hingga urine yang keluar cenderung sedikit. Penderita cystitis juga akan mengalami sakit pada area panggul, perdarahan pada urine, dan demam.

4. Infeksi menular seksual

Beragam infeksi menular seksual (IMS) juga dapat memicu kencing sakit pada pria. Beberapa contoh IMS yang memicu kencing sakit, yaitu:
  • Klamidia, terjadi akibat infeksi bakteri Chlamydia trachomatis
  • Herpes kelamin, terjadi akibat infeksi virus Herpes simplex (HSV), terutama jenis HSV-2
  • Gonorrhea, akibat infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae
Aktivitas seks berisiko dapat meningkatkan kemungkinan pria terkena infeksi menular seksual, seperti berhubungan seks tanpa kondom atau berhubungan seks dengan banyak pasangan. Untuk itu, semua orang yang aktif secara seksual harus rutin menjalani pemeriksaan infeksi menular seksual.

5. Batu ginjal

Batu ginjal sering menjadi penyebab kencing sakit
Batu ginjal sering menjadi penyebab kencing sakit pada pria
Penyebab lain kencing sakit pada pria adalah batu ginjal. Sesuai namanya, batu ginjal terjadi karena terbentuknya massa mineral yang mengeras pada ginjal. Pembentukan mineral tersebut juga bisa terjadi di bagian sistem kemih lain, seperti uretra, ureter, dan kandung kemih. Batu ginjal menjadi salah satu kondisi medis yang sangat menyakitkan. Selain rasa sakit saat buang air kecil, penderitanya juga akan mengalami perdarahan pada urine, mual, muntah, urine berubah warna, urine berbau busuk, hingga sering buang air kecil.

Penanganan kencing sakit pada pria

Karena kencing sakit pada pria dapat disebabkan oleh beragam hal, maka penanganannya juga dapat akan disesuaikan dengan pemicunya. Misalnya, apabila infeksi bakteri adalah biang masalah pada sistem kemih Anda, maka antibiotik dapat diresepkan dokter untuk menanganinya. Antibiotik dapat mengatasi infeksi saluran kemih, prostatitis akibat bakteri, beberapa infeksi menular seksual, serta cystitis akibat bakteri. Sementara itu, penanganan batu ginjal dapat berupa peningkatan asupan cairan, obat-obatan, extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) dengan gelombang kejut, tindakan bedah, dan ureteroskopi.

Catatan dari SehatQ

Kencing sakit pada pria dapat disebabkan oleh beragam masalah medis, mulai dari infeksi saluran kemih hingga batu ginjal. Karena penyebabnya yang beragam, kencing sakit pada pria juga akan ditangani dengan beragam strategi oleh dokter.
batu ginjalinfeksi saluran kencingsaluran kemihinfeksi menular seksualprostatitis
Healthline. https://www.healthline.com/health/urination-painful
Diakses pada 16 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/kidney-stones
Diakses pada 16 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/symptoms-of-kidney-stones
Diakses pada 16 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/prostatitis
Diakses pada 16 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cystitis
Diakses pada 16 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gonorrhea
Diakses pada 16 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/genital-herpes
Diakses pada 16 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/sexual-conditions/understanding-chlamydia-basics
Diakses pada 16 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait