Penyebab Kehamilan Kembar dan 5 Faktor yang Memengaruhi Peluang Anda


Penyebab kehamilan kembar adalah karena adanya dua zigot yang membelah atau dua sel telur yang dibuahi oleh dua sperma berbeda. IVF dapat meningkatkan peluang Anda.

(0)
Penyebab kehamilan kembar adalah dua zigot membelah atau dua sel telur dibuahiPenyebab kehamilan kembar adalah dua zigot membelah dari satu sel telur atau dua sel telur yang dibuahi
Penyebab kehamilan kembar adalah adanya dua zigot dari satu sel telur yang dibuahi oleh satu sperma, atau dari dua sel telur yang dibuahi dua sperma secara terpisah.Jika zigot dari satu sel telur mengalami pembelahan, proses kehamilan ini akan menghasilkan anak kembar identik. Di sisi lain, kehamilan kembar yang berasal dari dua buah sel telur berbeda akan menghasilkan anak kembar non-identik atau disebut kembar fraternal.Lantas, hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan peluang Anda sukses hamil anak kembar?

Proses terjadinya kehamilan kembar

Penyebab kehamilan kembar adalah pembuahan 2 sel telur maupun pembelahan zigot
Penyebab kehamilan kembar adalah pembuahan 2 sel telur maupun pembelahan zigot
Seperti yang telah disampaikan di atas, ada dua kemungkinan penyebab kehamilan kembar dilihat dari proses terjadinya pembuahan.Proses kehamilan sejatinya berawal dari bertemunya sel sperma dan sel telur sehingga menghasilkan zigot.Bayi kembar identik diakibatkan oleh pembelahan zigot. Kehamilan bayi kembar identik biasanya terjadi jika hanya ada satu sel telur yang dibuahi oleh satu buah sperma. Satu sel telur yang sudah dibuahi itu kemudian berubah menjadi zigot lalu membelah diri menjadi dua buah embrio, bahkan bisa lebih. Dua embrio tersebut akan tumbuh menjadi dua janin di dalam rahim.Bayi kembar identik akan memiliki karakteristik fisik yang sama karena mereka berbagi DNA yang sama. Anak kembar identik normalnya juga memiliki jenis kelamin yang sama.Sebaliknya, bayi kembar non-identik atau fraternal tumbuh di kantung ketuban terpisah dengan plasenta yang berbeda dan memiliki dua tali pusar yang terpisah. Sebab, proses terjadinya kehamilan kembar non-identik berawal dari dua buah sperma yang membuahi dua buah sel telur secara terpisah.Artinya, dua bayi yang tumbuh di dalam rahim Anda adalah dua individu berbeda dengan DNA yang berbeda. Maka akan sangat memungkinkan jika janin kembar fraternal memiliki karakteristik fisik dan jenis kelamin yang berbeda.

Faktor penyebab yang meningkatkan peluang hamil kembar

Tidak ada yang tahu persis mengapa satu zigot bisa membelah diri untuk menghasilkan bayi kembar, atau kenapa bisa ada dua sperma yang membuahi dua buah sel telur. Namun, ada faktor-faktor tertentu yang dapat meningkatkan peluang hamil kembar.Beberapa faktor tersebut adalah:
  • Usia ibu saat hamil
  • Riwayat keluarga
  • Etnis
  • Program bayi tabung
  • Inseminasi intrauterin
Berikut penjelasan lebih lanjut terkait faktor-faktornya.

1. Usia ibu

Ibu hamil di usia dewasa lebih berpeluang hamil bayi kembar
Ibu hamil di usia dewasa lebih berpeluang hamil bayi kembar
Menurut riset yang diterbitkan pada jurnal American Journal of Obstetrics and Gynecology, kemungkinan penyebab kehamilan kembar meningkat seiring dengan umur ibu.Riset ini memaparkan, ibu berumur 40 tahun atau lebih berpeluang paling besar untuk mendapatkan bayi kembar, yaitu 6,9%, yang diikuti dengan ibu usia 35 hingga 39 tahun di angka 5 persen. Kemungkinan terkecil tampak dimiliki oleh perempuan berusia 15-17 tahun, yakni hanya sebesar 1,3 persen.Usia dapat memengaruhi terjadinya kehamilan kembar karena adanya perubahan hormonal saat usia ibu semakin dewasa. Perubahan hormon di usia tua dapat meningkatkan peluang indung telur (ovarium) melepaskan lebih dari satu sel telur dalam waktu bersamaan.

2. Memiliki anggota keluarga sedarah yang kembar

Riset dari Trakia Journal of Sciences menyatakan bahwa warisan genetik juga menjadi salah satu penyebab kehamilan kembar yang umum.“Bakat” kehamilan kembar lebih kerap diturunkan dari ibu yang memiliki anggota keluarga sedarah kembar. Dari 60 kelahiran, ada satu peluang kelahiran kembar non-identik yang diturunkan dari keluarga ibu. Sementara dari keluarga ayah, kemungkinan kelahiran anak kembar non-identik umumnya hanya satu dari 125 kelahiran.

3. Etnis

Orang dengan etnis Jepang memiliki peluang kehamilan bayi kembar nonidentik paling kecil, yaitu hanya sebesar 1,3 dari seribu kelahiran. Sementara orang-orang etnis Afrika di Nigeria memiliki kemungkinan kelahiran bayi kembar non-identik sekitar 50 dari seribu kelahiran. Hal ini dipaparkan pada riset terbitan National Center for Biotechnology Information.

4. Program bayi tabung

Meletakkan sel telur lebih dari satu meningkatkan kemungkinan hamil bayi kembar
Meletakkan sel telur lebih dari satu meningkatkan kemungkinan hamil bayi kembar
Program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) rupanya bisa menyukseskan proses terjadinya kehamilan kembar. Bahkan, peluang kehamilan kembar dengan IVF dapat meningkat sampai 9,1-12,1 persen, sepert dipaparkan penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention.Metode ini dilakukan dengan meletakkan kembali sel telur yang sebelumnya sudah dibuahi di luar rahim.Sebagai cara meningkatkan keberhasilan bayi tabung, beberapa memutuskan untuk menanam lebih dari satu sel telur yang telah dibuahi. Bila sel-sel tersebut berhasil berkembang menjadi embrio, kehamilan kembar pun bisa terjadi.

5. Program inseminasi intrauterin (IUI)

Inseminasi intrauterin adalah teknik yang menyuntikkan sperma langsung ke rahim tanpa penetrasi seksual. Cara ini sebetulnya tidak menjadi penyebab kehamilan kembar yang berdiri sendiri.Namun jika inseminasi intrauterin diiringi dengan pemberian obat perangsang ovulasi, proses ini akan berpengaruh pada peluang Anda.Terbukti, penelitian terbitan The New England Journal of Medicine melaporkan angka kehamilan bayi kembar akibat penggunaan obat ini meningkat sebanyak 3,4 hingga 7,4 persen.

Catatan dari SehatQ

Penyebab kehamilan kembar terjadi akibat beragam faktor. Kehamilan kembar yang lebih sering ditemukan adalah kembar nonidentik.Selain faktor yang dibawa oleh sang Ibu, seperti usia kehamilan hingga riwayat keluarga, ada pula penyebab kehamilan kembar yang terjadi akibat pengaruh luar, seperti pemilihan metode bayi tabung hingga obat-obatan tertentu.Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ciri-ciri hamil anak kembar hingga cara merawat kehamilan kembar, konsultasi ke dokter kandungan terdekat ataupun melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
hamilkehamilankehamilan bayi kembaribu hamil
American Academy of Pediatrics. https://www.healthychildren.org/English/family-life/family-dynamics/Pages/The-Difference-Between-Identical-and-Fraternal-Twins.aspx Diakses pada 1 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/types-of-twins Diakses pada 1 Maret 2021American Journal of Obstetrics and Gynecology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5571734/ Diakses pada 1 Maret 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/pregnancy/art-20045756 Diakses pada 1 Maret 2021Obstetrics & Gynecology. https://journals.lww.com/greenjournal/Fulltext/2005/03000/Relationship_of_Maternal_Body_Mass_Index_and.25.aspx Diakses pada 1 Maret 2021Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/what-are-my-chances-of-having-twins-1960180 Diakses pada 1 Maret 2021Trakia Journal of Sciences. http://doi.org/10.15547/tjs.2016.01.015 Diakses pada 1 Maret 2021The Journal of Reproductive Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17039697/ Diakses pada 1 Maret 2021National Center for Biotechnology Information. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK493200/ Diakses pada 1 Maret 2021Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/chances-of-having-twins Diakses pada 1 Maret 2021Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/art/pdf/2014-report/art-2014-national-summary-report.pdf Diakses pada 1 Maret 2021The New England Journal of Medicine. https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJMoa1313517 Diakses pada 1 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait