Stres hingga Sindrom Isaac, Ini Penyebab Kedutan Lengan Kiri

Penyebab kedutan lengan kiri umumnya bukan masalah serius
Kedutan di lengan kiri dapat mengindikaskan gangguan kesehatan

Kedutan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk kedutan di lengan kiri. Biasanya, kondisi ini tidak serius dan bisa hilang dengan sendirinya, tapi tidak jarang juga merupakan pertanda penyakit yang lebih serius.

Kedutan adalah adalah reaksi dari jaringan yang membentuk otot yang tidak bisa Anda kendalikan. Jaringan otot sendiri dikendalikan oleh urat saraf. Adanya rangsangan pada urat saraf inilah yang kemudian menimbulkan kontraksi sehingga terasa seperti kedutan di bawah kulit Anda.

Ketika Anda mengalami kedutan di lengan kiri, banyak hal yang dapat menyebabkannya. Jika sampai mengganggu aktivitas, Anda dapat melakukan beberapa langkah perawatan untuk mengurangi ketidaknyamanan Anda akan kedutan tersebut.

Penyebab kedutan lengan kiri

Kedutan lengan kiri bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari kondisi yang tidak serius hingga harus ditangani oleh dokter saraf. Beberapa penyebab kedutan lengan kiri yang umum ditemui dan biasanya tidak berbahaya, antara lain:

  • Kurang tidur atau kelelahan

    Ketika tubuh tidak memiliki waktu cukup untuk beristirahat, otot akan menegang sehingga menyebabkan kedutan hingga keram. Kedutan lengan kiri juga akan diikuti dengan otot yang terasa gatal atau menjadi lemah.
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein

    Minum kopi, teh, atau cokelat hangat di pagi hari memang dapat meningkatkan energi, tapi terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan kedutan. Efek ini mirip dengan jika Anda mengonsumsi obat stimulan seperti amfetamin.
  • Stres

    Kondisi ini bukan hanya berdampak pada pikiran, tapi juga fisik Anda. Salah satunya ditandai dengan kedutan di berbagai bagian tubuh, seperti kedutan di lengan kiri.
  • Kekurangan elektrolit

    Kinerja otot banyak dipengaruhi oleh asupan mineral, seperti potasium dan magnesium. Kekurangan mineral ini dapat mengakibatkan otot tertarik dan kemudian mengalami kedutan.
  • Pengaruh obat tertentu

    Obat seperti diuretik yang membuat Anda lebih sering buang air kecil akan menyebabkan potasium berkurang dan mengakibatkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Obat lain seperti antidepresan juga membuat efek yang sama.

Dalam kasus yang lebih jarang, kedutan lengan kiri bisa juga disebabkan oleh hal-hal yang lebih serius. Kedutan parah ini biasanya terjadi karena ada kerusakan pada sistem saraf, misalnya:

  • Distrofi muskular 

Distrofi muskular merupakan sekumpulan penyakit keturunan yang menghancurkan dan melemahkan otot seiring bertambahnya usia.

  • Penyakit Lou Gehrig

Penyakit Lou Gehrig dikenal juga sebagai penyakit sklerosis lateral amyotropik yang menyebabkan sel saraf mati. Penyakit ini dapat membuat kedutan di berbagai bagian tubuh, termasuk kedutan lengan kiri.

  • Sindrom Isaac

Sindrom Isaac, yang juga dikenal sebagai neuromyotonia, merupakan kondisi yang menstimulasi jaringan otot sehingga Anda sering merasakan kedutan lengan kiri, lengan kanan, serta pada bagian kaki. Penyebab sindrom ini adalah penyakit autoimun.

Bagaimana cara menghentikan kedutan lengan kiri?

Kedutan di lengan kiri bisa berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa hari, tapi sifatnya datang dan pergi. Anda biasanya tidak harus melakukan perawatan khusus apa pun karena kondisi ini akan hilang dengan sendirinya.

Meski demikian, lakukan beberapa tips berikut untuk membantu meredakan ketidaknyamanan akibat kedutan lengan kiri:

  • Perbanyak istirahat
  • Hindari stres dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai di sela-sela rutinitas
  • Lakukan peregangan dan pijat ketika otot Anda terasa kaku
  • Jangan khawatir berlebihan akan kondisi Anda karena kedutan lengan kiri biasanya tidak berbahaya
  • Batasi konsumsi kafein yang terdapat pada teh atau kopi
  • Batasi konsumsi alkohol
  • Jangan minum obat sembarangan tanpa mendapat rujukan medis. Jika Anda berpikir obat tertentu mengakibatkan kedutan di lengan kiri, hentikan pemakaiannya dan konsultasikan pada dokter Anda bila perlu.

Jangan ragu untuk menghubungi dokter jika kedutan lengan kiri Anda berlangsung lebih dari dua minggu. Anda juga sebaiknya memeriksakan diri ke klinik atau rumah sakit, jika kedutan terjadi di lebih dari satu tempat secara bersamaan atau area yang mengalami kedutan menyebabkan lemah otot. Jika memang sangat mengganggu, dokter akan memberi beberapa pengobatan tergantung dari diagnosisnya.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324641.php
Diakses pada 26 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/brain/ss/slideshow-twitches-spasms-causes
Diakses pada 26 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/muscle-twitching
Diakses pada 26 November 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/twitching-eyes-and-muscles/
Diakses pada 26 November 2019

Artikel Terkait