Penyebab KB Suntik 1 Bulan Bisa Kebobolan dan Cara Mengatasinya


Walaupun kemungkinannya kecil, KB suntik 1 bulan bisa kebobolan. Beberapa penyebabnya adalah terjadi pembuahan saat masa perlindungan belum efektif dan telat suntik KB selanjutnya.

(0)
04 Nov 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
KB suntik 1 bulan bisa kebobolan jika terjadi pada kondisi tertentuKB suntik tetap bisa kebobolan meski kecil risikonya
KB suntik merupakan alat kontrasepsi dalam bentuk suntikan yang berisi hormon progesteron, atau kombinasi antara hormon estrogen dan progesteron sintetik yang menyerupai hormon alami. KB suntik memiliki varian suntikan rutin 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Meski tergolong memiliki tingkat keberhasilan sangat tinggi, rupanya masih ada kemungkinan KB suntik 1 bulan bisa kebobolan.

Penyebab KB suntik 1 bulan bisa kebobolan

KB suntik banyak dijadikan pilihan karena dianggap praktis. KB jenis ini juga bisa membantu wanita yang mengalami nyeri menstruasi atau perdarahan haid yang deras.Usai menerima KB suntik, seorang wanita dapat mengalami gejala-gejala yang mirip dengan wanita hamil. Misalnya, haid yang jarang atau bahkan berhenti, mudah lelah, berat badan naik, hingga nyeri payudara.Karena gejala-gejala tersebut, ada beberapa kasus penerima KB suntik yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil karena sudah menggunakan KB.Walaupun kecil, tetap ada kemungkinan KB suntik 1 bulan bisa kebobolan jika disebabkan oleh sejumlah hal berikut:

1. Masih ada risiko kehamilan pada KB

Persentase keberhasilan KB suntik sangatlah tinggi, yakni mencapai lebih dari 99%. Hal ini berarti kurang dari 1 kehamilan bisa terjadi dari 100 pengguna KB suntik, atau kurang dari 10 kehamilan mungkin terjadi dari 1000 pengguna KB ini.Walaupun persentase kegagalan yang sangat rendah, bukan berarti tidak ada. Oleh karena itu, bukan hal yang mustahil jika KB suntik 1 bulan bisa kebobolan. Faktanya, bukan hanya pada KB suntik, semua alat kontrasepsi tetap memiliki risiko kebobolan atau terjadi kehamilan saat Anda menggunakannya.

2. Terjadi pembuahan saat masa perlindungan belum efektif

Berapa batas telat suntik KB 1 bulan? Waktu pemberian KB suntik menentukan perlindungan dari kehamilan sudah efektif atau belum. Jika Anda disuntik pada 1-5 hari pertama saat masa haid, maka perlindungan kehamilan dari KB suntik dapat efektif dan kembali normal.Namun, jika Anda disuntik di luar waktu tersebut, diperlukan waktu 7 hari hingga perlindungan kehamilan mulai efektif. Apabila dalam kurun waktu 7 hari sejak suntik KB terjadi pembuahan, tidak mengherankan jika KB suntik 1 bulan bisa kebobolan.

3. Telah hamil saat disuntik KB

Suntik KB 1 bulan bisa hamil jika Anda melakukannya saat sudah mengandung. Tidak sedikit orang yang belum menyadari dirinya hamil saat kandungannya baru berusia beberapa hari.Bahkan, tidak sedikit pula yang baru menyadari kehamilan setelah kandungan berjalan beberapa minggu atau bulan padahal sudah mengalami mual dan muntah serta nafsu makan meningkat.Hal ini umumnya dialami oleh orang-orang yang tidak menantikan kehamilan atau memiliki masa haid yang tidak teratur. Dalam kasus ini, KB suntik 1 bulan bisa kebobolan karena sebetulnya telah terjadi pembuahan atau kehamilan sebelum KB diberikan.Baca juga: 5 Tanda-tanda Hamil Muda pada Perut Ibu Hamil

4. Jadwal suntik KB terlewat

Salah satu kelemahan dari suntik KB adalah harus rutin melakukan suntik sesuai jadwal. Saat jadwal suntik KB terlewat atau suntik KB dilakukan tidak secara teratur, maka kemungkinan hamil menjadi lebih tinggi.Peserta yang tidak melakukan suntik KB tepat waktu, misalnya karena lupa atau melewatkan jadwal suntik, dapat meningkatkan kemungkinan hamil.Efektivitas KB dapat menurun menjadi 94 persen Jika Anda melewatkan jadwal KB suntik. Sehingga, potensi KB suntik 1 bulan bisa kebobolan semakin tinggi.

Mencegah terjadi kebobolan setelah suntik KB

Untuk mencegah telat suntik KB 1 bulan bisa hamil, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Gunakan alat kontrasepsi ganda

Walaupun sudah menggunakan KB suntik, Anda dapat juga meminta pasangan menggunakan kondom sehingga risiko kebobolan dapat diturunkan.Khususnya, jika Anda melakukan KB suntik di luar 1-5 hari pertama masa haid. Maka dalam 7 hari pertama setelah disuntik KB, pasangan Anda wajib menggunakan alat kontrasepsi lain untuk mencegah terjadinya kehamilan.

2. Lakukan suntik KB dengan teratur

Saat menerima suntik KB, jangan lupa mencatat jadwal suntik selanjutnya. Hal ini untuk menghindari kemungkinan KB suntik 1 bulan kebobolan karena jadwal yang terlewat.Karena KB suntik 1 bulan bisa kebobolan, segera hentikan rencana suntik KB selanjutnya jika Anda dipastikan positif hamil. Penggunaan obat-obatan kontrasepsi harus dihindari pada saat kehamilan karena dapat meningkatkan risiko berat bayi lahir rendah (BBLR) pada bayi.Baca juga: KB Suntik untuk Ibu Menyusui, Lebih Baik yang 1 Bulan atau 3 Bulan Jika Dilihat dari Efek Sampingnya?

Bagaimana jika lupa suntik KB dan sudah berhubungan seksual?

KB suntik 1 bulan telat 1 hari apa bisa hamil? Ya, suntik KB telat sehari atau telat suntik KB 1 bulan selama 4 hari bisa saja membuat Anda kebobolan dan hamil. Dikutip dari Plant Parenthood, hal ini terutama jika Anda sudah telat selama 15 hari dari waktu suntik terakhir.Jika Anda telat suntik KB dan sudah terlanjur berhubungan intim, Anda bisa menggunakan kondom terlebih dahulu sebagai penghalang saat berhubungan seks.Pilihan lainnya adalah dengan minum pil KB darurat. Pil KB darurat ini dapat membantu Anda mencegah kehamilan meski konsumsinya dilakukan setelah berhubungan intim.Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut seputar KB suntik dan jenis KB lainnya, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
penggunaan kbkontrasepsikeluarga berencana
Parents. https://www.parents.com/getting-pregnant/i-got-pregnant-on-depo-provera/
Diakses 21 Oktober 2020
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/birth-control-shot/how-effective-is-the-birth-control-shot
Diakses 21 Oktober 2020
Your Life. https://www.your-life.com/en/contraception-methods/short-acting-contraception/contraceptive-injection/
Diakses 21 Oktober 2020
The Family Planning Association (FPA) - United Kingdom. https://www.fpa.org.uk/sites/default/files/contraceptive-injections-your-guide.pdf
Diakses 21 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait