Penyebab Karang Gigi Lepas Sendiri dan Cara Ampuh Menghilangkannya

(0)
25 Sep 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Karang gigi lepas sendiri itu pertanda rongga mulut sudah sangat kotorPenyebab karang gigi lepas sendiri adalah karena sudah terlalu menumpuk
Tidak jarang orang mendapati bahwa karang gigi yang mereka miliki lepas dengan sendirinya. Lalu, karena karang tersebut sudah dirasa lepas, orang tersebut lalu jadi sedikit santai karena merasa karang gigi tidak akan lagi mengganggunya.Padahal, karang gigi lepas sendiri bukanlah pertanda baik. Lantas, apa penyebab dan solusinya?

Penyebab karang gigi lepas sendiri

Karang gigi lepas sendiri tandanya rongga mulut kotor
Karang gigi lepas sendiri bukanlah pertanda baik
Karang gigi atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai kalkulus dental, adalah tumpukan plak dan mineral yang mengeras. Plak gigi sendiri merupakan lapisan yang terdiri dari bakteri yang terbentuk setelah Anda makan.Jika Anda rutin membersihkan gigi, maka plak tersebut bisa hilang. Namun jika tidak, plak lama-kelamaan akan menumpuk dan menyatu dengan mineral yang ada di air liur, lalu mengeras membentuk karang gigi.Karang gigi yang semakin menumpuk, lama-kelamaan bisa lepas dengan sendirinya. Namun ingat, karang gigi yang lepas itu hanya sebagian dan tidak membuat gigi Anda kemudian jadi bersih.Justru, saat karang gigi sudah sudah mulai lepas sendiri, maka itu artinya suasana di dalam rongga mulut sudah sangat kotor. Bisa jadi, hal ini juga menandakan gigi yang tadinya menjadi tempat bersandar karang, sudah rapuh.Anda juga sebaiknya bisa membedakan, yang lepas benar-benar karang gigi, atau justru pecahan tersebut merupakan puing-puing dari gigi yang rapuh.Jadi saat kondisi ini terjadi, segeralah periksakan kondisi rongga mulut Anda ke dokter gigi terdekat.

Cara menghilangkan karang gigi

Gambar scaling gigi menhancurkan karang gigi
Scaling gigi adalah cara efektif untuk hilangkan karang gigi
Untuk bisa menghilangkan karang gigi yang menumpuk sebelum lepas dengan sendirinya, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter gigi. Sebab, karang gigi tidak bisa hilang sempurna hanya dengan sikat gigi, berkumur dengan obat kumur, atau bahan alami.Agar karang gigi tersebut bisa benar-benar bersih dari gigi, maka Anda perlu menjalani prosedur scaling gigi atau pembersihan karang gigi.Saat melakukan prosedur tersebut, dokter akan menggunakan alat bernama ultrasonic scaler, untuk melepas karang gigi dari permukaan gigi dengan sempurna.Ingat, karang gigi tidak hanya terdapat di permukaan yang terlihat. Komponen ini juga bisa tumbuh dan terselip di sela-sela gigi atau bahkan di bawah gusi. Jadi, perlu tenaga profesional seperti dokter gigi untuk melepaskannya.Berikut ini tahapan scaling gigi secara singkat:
  • Dokter akan memeriksa kondisi rongga mulut Anda secara keseluruhan dan mencatat riwayat kesehatan secara umum.
  • Karena prosedur ini tergolong ringan, maka Anda bisa langsung menjalaninya setelah menyetujui prosedur yang dijelaskan dokter.
  • Tidak diperlukan persiapan khusus sebelum scaling.
  • Saat proses scaling dimulai, Anda mungkin akan merasa sedikit ngilu karena alat yang digunakan. Sedikit darah juga mungkin keluar dari gusi, tapi itu adalah hal yang wajar.
  • Dokter akan membersihkan seluruh gigi hingga karang gigi dan noda-noda di gigi benar-benar hilang.
  • Setelah scaling selesai, gigi akan disikat menggunakan alat khusus oleh dokter, lalu Anda boleh langsung pulang
Setelah menjalani scaling gigi, Anda mungkin akan merasa sedikti ngilu untuk satu atau dua hari. Namun efek ini akan hilang sendiri. Hal ini disebabkan oleh terbukanya jaringan gigi yang semula tertutup karang. Jadi, gigi perlu melakukan penyesuaian.

Cara mencegah karang gigi lepas sendiri

Sikat gigi teratur bisa mencegah karang gigi lepas sendiri
Menyikat gigi teratur bisa mencegah karang gigi lepas sendiri
Agar Anda tidak mengalami karang gigi lepas sendiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya, seperti:

1. Menyikat gigi secara teratur

Menyikat gigi teratur dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur, terbukti ampuh untuk mencegah terbentuknya karang gigi.Selain itu, Anda pun perlu memperhatikan cara sikat gigi yang benar. Pilih juga bulu sikat yang halus dan pasta gigi dengan fluoride.

2. Menggunakan benang gigi

Benang gigi atau dental floss akan membantu Anda membersihkan kotoran di sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi. Dengan cara ini, maka karang gigi yang terbentuk di sela-sela gigi dan gusi bisa dicegah.Gunakan dental floss satu kali sehari untuk hasil yang maksimal.

3. Berkumur dengan obat kumur

Berkumur dengan obat kumur akan menyempurnakan rangkaian pembersihan gigi Anda. Obat kumur akan menjangkau area yang lebih luas, sehingga kotoran bisa benar-benar bersih.

4. Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan yang lengket dan manis akan memicu penumpukan bakteri dan plak. Maka dari itu, untuk mencegah hal ini, batasi konsumsi permen, kue, maupun makanan kemasan lainnya dan perbanyak makan sayur dan buah.

5. Tidak merokok

Merokok akan membuat karang gigi jadi lebih mudah terbentuk, gigi menguning, dan napas jadi berbau. Sehingga, agar tidak mengalami karang gigi lepas sendiri, berhentilah melakukan kebiasaan buruk ini.Karang gigi bisa sangat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Sehingga jika karang gigi sudah terlihat mulai terbentuk, segera periksakan ke dokter gigi secara berkala untuk menghilangkannya.
kesehatan gigigigi goyangkarang gigi
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/teeth-scaling
Diakses pada 11 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/tartar-removal
Diakses pada 11 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/oral-health/guide/tartar-dental-calculus-overview#2
Diakses pada 11 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait