Perubahan DNA sel prostat yang normal, bisa memicu terjadinya kanker prostat.
Kanker prostat bisa terjadi akibat perubahan DNA sel prostat yang normal.

Berdasarkan data Globocan pada 2018, kanker prostat masuk ke dalam lima besar jenis kanker, dengan angka kasus baru terbanyak pada pria dengan 11.361 kasus. Melihat hal tersebut, kewaspadaan mengenai kanker prostat tentu perlu lebih ditingkatkan.

Kanker prostat umumnya menyerang pria lansia yang berusia 65 tahun ke atas. Meski begitu, bukan berarti para pria yang belum berusia lansia dapat mengabaikan ancaman penyakit ini. Alangkah baiknya, Anda mengenali penyebab kanker prostat berikut ini agar sebisa mungkin melindungi diri dari ancaman kanker prostat.

Berbagai Penyebab Kanker Prostat

Hingga saat ini, para ahli belum mengetahu pasti penyebab kanker prostat. Namun pada dasarnya, kanker prostat dapat terjadi karena adanya perubahan pada DNA dari sel prostat yang normal. Perubahan pada DNA tersebut dapat diturunkan dari orangtua ke anak, maupun terjadi karena faktor lain.

Kanker prostat umumnya menyerang pria yang berusia 65 tahun ke atas. Namun, tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga diderita oleh pria yang berusia sekitar 30 atau 40 tahun. Pria yang anggota keluarganya memiliki riwayat menderita kanker prostat juga berisiko lebih besar untuk terserang penyakit ini.

Para ahli juga menyebutkan, pola makan berpengaruh terhadap meningkatnya risko seorang pria terkena kanker prostat. Pria yang sering mengonsumsi makanan berlemak, terutama yang bersumber dari daging merah dan sumber lemak hewani lain yang dimasak dalam suhu tinggi, memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat.

Faktor hormonal dipercaya merupakan hal yang menghubungkan antara pola makan dengan risiko kanker prostat. Hal ini dikarenakan, lemak dapat menstimulasi kenaikan produksi hormon testrosteron dan hormon lainnya di dalam tubuh.

Sementara itu, hormon testosteron dapat mempercepat pertumbuhan kanker prostat.Tingginya kadar testosteron di tubuh juga dipercaya dapat menstimulasi pengaktifan sel kanker di tubuh dan memengaruhi terjadinya proses awal kanker prostat.

Faktor Risiko Kanker Prostat

Meski penyebab kanker prostat belum diketahui secara jelas, tapi ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini. Selain usia dan pola makan seperti yang telah disebutkan di atas, berikut ini faktor risiko kanker prostat yang perlu Anda kenali.

1. Usia

 

 

Semakin bertambahnya usia, maka risiko seorang pria untuk terkena kanker prostat akan semakin meningkat. Kebanyakan kasus kanker prostat terdiagnosis pada pria yang berusia di atas 50 tahun.

2. Kelompok Etnis

 

 

Penderita kanker prostat umumnya merupakan bagian dari kelompok etnis Afrika-Karibi,a serta keturunan Afrika. Sementara itu, kejadian kanker prostat pada pria dari kelompok etnis Asia lebih sedikit, jika dibandingkan dengan kedua kelompok etnis tersebut.

3. Obesitas

 

 

Meski perlu diteliti lebih jauh kaitan obesitas dengan risiko kanker prostat sudah mulai terlihat. Anda disarankan untuk rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, agar risiko terkena penyakit ini dapat berkurang.

Mengenali penyebab kanker prostat dapat Anda jadikan sebagai langkah awal pencegahan penyakit ini. Selain menjalani gaya hidup yang sehat, Anda juga disarankan untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan prostat ke dokter, sebagai bentuk deteksi dini berbagai kelainan yang mungkin terjadi.

American Cancer Society. https://www.cancer.org/cancer/prostate-cancer/causes-risks-prevention/what-causes.html
Diakses pada 2 April 2019

American Cancer Society. https://www.cancer.org/cancer/prostate-cancer/causes-risks-prevention/risk-factors.html
Diakses pada 2 April 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/prostate-cancer/causes/
Diakses pada 2 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/prostate-cancer/guide/what-is-prostate-cancer
Diakses pada 2 April 2019

Global Cancer Observatory. http://gco.iarc.fr/today/data/factsheets/populations/360-indonesia-fact-sheets.pdf
Diakses pada 2 April 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed