Faktor-faktor Risiko Ini Dapat Memengaruhi Terjadinya Kanker Prostat

Usia dan ras menjadi faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya kanker prostat
Kanker prostat memiliki faktor risiko yang dapat memengaruhi terjadinya penyakit ini.

Kanker disebabkan oleh mutasi dari DNA yang menyebabkan pertubuhan sel menjadi tidak terkontrol. Dalam kasus kanker prostat, mutasi DNA tersebut terjadi pada sel-sel di prostat. Kanker prostat merupakan kanker yang hanya menyerang pria.

Penyebab Kanker Prostat Berdasarkan Faktor Risiko

Penyebab kanker prostat hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, berbagai penelitian telah menunjukkan faktor-faktor tertentu dapat menyebabkan seseorang memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat. Beberapa faktor risiko tersebut, di antaranya:

1. Ras

Penelitian menunjukkan bahwa pada seseorang dengan ras Afrika Amerika memiliki kemungkinan menderita kanker prostat 70 persen lebih besar dibandingkan ras Kaukasian.

2. Usia

Pertambahan usia akan meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat. Kanker prostat jarang ditemukan pada pria berusia di bawah 40 tahun, sedangkan kejadian kanker ini mengalami peningkatan signifikan pada usia 60 tahun ke atas.

3. Genetik

Jika Anda memiliki anggota keluarga, terutama ayah atau saudara kandung, yang menderita kanker prostat, maka Anda berisiko dua kali lebih tinggi dibandingkan seseorang yang tidak memiiki riwayat kanker prostat dalam keluarganya. Adanya mutasi pada BRCA1 dan BRCA2 diketahui berhubungan dengan kejadian kanker prostat.

4. Riwayat Kanker

Pria yang telah memiliki kanker tertentu, seperti kanker ginjal, kandung kemih, paru-paru, tiroid, dan kanker kulit melanoma, berpotensi meningkatkan risiko untuk mengalami kanker prostat di kemudian hari.

Beberapa faktor risiko penyebab kanker prostat yang dapat diubah, yaitu kelebihan berat badan, kurang berolahraga, dan konsumsi makanan tinggi lemak. Kadar lemak yang tinggi dalam tubuh akan merangsang peningkatan produksi hormon testosteron. Hormon ini berperan dalam mempercepat pertumbuhan sel kanker prostat dan mengaktifkan sel kanker yang dorman.

Dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti menurunkan berat badan yang berlebih, berolahraga secara teratur, dan mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak, Anda dapat menurunkan risiko menderita kanker prostat. Selain itu, terapi hormonal juga dapat membantu dengan menurunkan kadar testosteron dalam tubuh.

Waspadai Gejala-gejala Kanker Prostat Ini

Kanker prostat pada tahap awal umumnya tidak bergejala. Seiring perkembangan dari sel kanker yang membesar, seseorang yang menderita kanker prostat mengalami gejala berupa:

  • Gangguan buang air kecil. Masalah-masalah yang dapat dihadapi, yaitu pancaran urine yang kecil atau lambat, peningkatan frekuensi buang air kecil setiap harinya, terutama pada malam hari (nokturia). Selain itu dapat pula ditemukan darah pada air seni ataupun carian semen.
  • Gangguan fungsi ereksi (impotensi).
  • Nyeri pada panggul dan di sekitar alat kelamin. Apabila telah terjadi metastasis (penyebaran sel kanker ke organ tubuh lain) ke tulang, seseorang dapat mengalami nyeri pada tulang belakang, tulang dada, ataupun lokasi lainnya yang terdapat penyebaran sel kanker tersebut.
  • Kelemahan atau baal pada tungkai atau kaki juga dapat muncul.
  • Kehilangan fungsi mengontrol buang air besar maupun kecil. Hal ini dikarenakan adanya sel kanker yang menekan dan merusak saraf pengontrol buang air besar/kecil.

Jika mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Pada sebagian besar kasus, hal ini bukan disebabkan oleh kanker, melainkan pembesaran prostat jinak atau benign prostat hyperplasia (BPH). Kondisi ini memiliki gejala yang serupa dengan kanker prostat akibat pertumbuhan abnormal dari prostat.

Untuk memastikan pembesaran prostat yang terjadi bersifat jinak atau ganas, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Semakin cepat terdeteksi, maka kemungkinan terjadinya penyebaran dan komplikasi dari sel kanker dapat dikurangi.

Prostate Cancer Foundation. https://www.pcf.org/about-prostate-cancer/what-is-prostate-cancer/prostate-cancer-causes/
Diakses pada Mei 2019

Cancer.org. https://www.cancer.org/cancer/prostate-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html
Diakses pada Mei 2019

Cancer Research UK. https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/prostate-cancer/risks-causes
Diakses pada Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed