Bukan Sekadar Kedinginan, Ini 7 Penyebab Kaki Dingin dan Cara Mengatasinya

Kaki dingin merupakan kondisi umum yang sering terjadi. Masalah ini biasanya disebabkan karena suhu udara yang dingin, ditambah dengan kondisi kaki yang tidak dilindungi pakaian yang tebal

Akan tetapi, kaki dingin tidak hanya disebabkan karena suhu udara yang dingin saja. Apabila kaki dingin terjadi secara terus-menerus, atau muncul tanpa alasan yang jelas maka bisa saja masalah ini disebabkan oleh penyakit atau kondisi tertentu. Lantas, apa saja penyebab kaki dingin?

Berbagai penyebab kaki dingin

Sebagian penyebab kaki dingin hanyalah bersifat sementara dan tidak berbahaya. Namun, sebagian lainnya dapat mengindikasikan kondisi kesehatan yang lebih serius. Beberapa penyebab kaki dingin, di antaranya:

  • Suhu dingin

Ketika tubuh berada pada area yang bersuhu dingin, pembuluh darah di kaki dan tangan akan menyempit. Hal ini dapat mengurangi aliran darah pada kedua area tersebut sehingga menyebabkan kaki dan tangan menjadi dingin.

Lama-kelamaan, kondisi ini juga mampu menyebabkan berkurangnya oksigen dalam jaringan atau organ, yang membuatnya berubah warna jadi pucat atau kebiruan. Akan tetapi, ketika suhu menjadi lebih hangat, kaki dan tangan pun akan menghangat dan kembali normal.

Bila tubuh terpapar suhu dingin dalam waktu lama, Anda dapat mengatalami frostbite. Kondisi yang juga dikenal dengan radang dingin ini adalah cedera yang terjadi ketika paparan suhu dingin berlebih menyebabkan pembekuan pada kulit atau jaringan di bawahnya. Hal ini dapat menyebabkan dingin pada kaki ataupun gejala lain, seperti kulit kemerahan, mati rasa, pembengkakan, dan lainnya.

  • Masalah sirkulasi darah

Salah satu penyebab paling umum dari kaki dingin adalah masalah sirkulasi darah. Orang yang memiliki sirkulasi darah yang buruk seringkali mengeluhkan kakinya dingin.

Kondisi dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari tidak aktif bergerak, duduk di kursi sepanjang hari, merokok, dan kolesterol tinggi yang dapat menyebabkan sirkulasi ke kaki berkurang sehingga kaki menjadi dingin.

  • Anemia

Anemia adalah kondisi di mana sel darah merah normal dalam tubuh seseorang terlalu sedikit. Penyakit ini dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi, folat, atau menderita penyakit ginjal kronis. Pada kasus anemia yang sedang hingga berat, penyakit kurang darah ini dapat menyebabkan kaki penderitanya dingin.

  • Diabetes

Penderita diabetes lebih berisiko mengalami kaki dingin. Kadar gula darah yang sering tinggi dapat menyebabkan penyempitan arteri dan berkurangnya pasokan darah ke jaringan sehingga menyebabkan kaki menjadi dingin.

Pada sebagian orang, diabetes juga mampu menyebabkan neuropati perifer diabetik yang merupakan kerusakan saraf. Tak hanya kaki dingin, gejala lain yang mungkin dirasakan penderitanya, yakni kesemutan, sensasi ditusuk-tusuk, mati rasa, atau sakit yang membakar pada kaki dan paha.

  • Hipotiroidisme

Hipotiroid adalah kondisi di mana kadar hormon tiroid dalam tubuh rendah yang dapat berdampak buruk pada metabolisme tubuh. Buruknya metabolisme dapat memengaruhi sirkulasi, detak jantung, dan suhu tubuh sehingga dapat menyebabkan kaki menjadi dingin.

Tak hanya itu, penderita hipotiroidisme juga mungkin mengalami gejala lain, seperti kenaikan berat badan, kelelahan, dan masalah dengan ingatan.

  • Penyakit Raynaud

Penyakit Raynaud terjadi ketika pembuluh darah di kaki atau tangan menyempit sehingga membatasi atau mengganggu sirkulasi darah.

Kondisi ini dapat membuat dingin atau mati rasa jari-jari tangan, kaki, telinga, atau hidung. Fenomena penyakit Raynaud dipicu oleh suhu dingin dan tekanan emosional yang tinggi.

  • Penyakit aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penyempitan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak. Penumpukan plak ini membuat darah sulit mengalir melalui arteri, serta dapat terjadi di area tubuh mana saja, termasuk kaki.

Penyakit ini dapat menyebabkan kekurangan darah dan oksigen sehingga menyebabkan kaki dingin, kelelahan, otot lemah, dan lainnya.

Cara mengatasi kaki dingin

Jika dingin pada kaki yang Anda alami hanyalah hal yang biasa terjadi, maka Anda hanya perlu melakukan perawatan di rumah. Berikut cara mengatasi kaki dingin agar kembali hangat yang bisa Anda lakukan:

  • Bergerak

Bergerak menjadi cara yang termudah untuk menghangatkan tubuh, serta melancarkan aliran darah ke kaki sehingga menjadi hangat kembali. Jika Anda pekerja kantoran yang seharian tak bergerak aktif, sebaiknya sempatkan untuk berjalan-jalan di sekitar meja kerja Anda.

  • Menggunakan kaus kaki

Menjaga kaki tetap tertutup merupakan cara yang baik untuk membantu kaki dingin menjadi kembali hangat. Gunakanlah kaus kaki yang hangat agar kaki Anda terasa nyaman dan menghangat dengan segera.

  • Kompres hangat

Meletakkan kompres hangat pada kaki yang dingin dapat membuatnya menjadi lebih hangat. Jika tak ada handuk kompres, Anda juga dapat menggunakan botol minum berisi air hangat dan menaruhnya di kaki.

  • Rendam kaki dengan air hangat

Merendam kaki dalam air hangat merupakan cara cepat dalam mengembalikan kaki yang dingin menjadi hangat. Rendamlah kaki selama 10-15 menit untuk menjaga kelancaran sirkulasi darah ke kaki.

Jika kaki dingin yang Anda alami tak kunjung hilang atau disertai dengan gejala lain, sebaiknya segera periksakan diri Anda pada dokter. Dokter akan melakukan diagnosis dan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah Anda.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320327.php#when-to-see-a-doctor
Diakses pada 12 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-feet#outlook
Diakses pada 12 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/raynauds-phenomenon#additional-symptoms
Diakses pada 12 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/atherosclerosis#diagnosis
Diakses pada 12 Desember 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/frostbite/symptoms-causes/syc-20372656
Diakses pada 12 Desember 2019

Artikel Terkait