logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

9 Penyebab Jempol Kaki Sakit dan Cara Mengatasinya

open-summary

Jempol kaki yang sakit dan bengkak bisa disebabkan oleh cantengan akibat kuku kaki yang tumbuh ke arah dalam. Kadar asam urat yang tinggi juga bisa menyebabkan jempol kaki terasa sakit, merah, bengkak, dan terasa panas jika disentuh.


close-summary

12 Sep 2022

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Jempol kaki sakit bisa disebabkan oleh cantengan, asam urat, hingga cedera

Penyebab jempol kaki sakit yang umum salah satunya cantengan

Table of Content

  • Penyebab jempol kaki sakit
  • Cara menghilangkan nyeri pada jempol kaki 

Sering mengalami jempol kaki sakit saat ditekan hingga menimbulkan rasa berdenyut yang sangat mengganggu? Jika iya, Anda perlu cari tahu penyebabnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan jempol kaki Anda sakit. Dengan mengenali penyebabnya, Anda dapat mengetahui apakah hal tersebut kondisi biasa atau malah berbahaya.

Advertisement

Penyebab jempol kaki sakit

Jempol kaki sakit yang disebabkan oleh asam urat
Penyebab jempol kaki sakit yang umum adalah cantengan dan asam urat

Jempol kaki sakit sangat membatasi aktivitas sehari-hari, terutama saat berjalan atau mengangkat barang. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. 

1. Kuku cantengan

Kuku cantengan adalah salah satu penyebab jempol kaki sakit yang paling sering terjadi. Kuku cantengan merupakan kondisi ketika kuku tumbuh masuk ke dalam kulit dan jaringan, sehingga mengakibatkan pembengkakan di jempol kaki.

Untuk mencegah kuku kaki cantengan, pastikan memotong kuku jangan terlalu pendek dan menggunakan sepatu yang pas dan nyaman. Anda juga perlu menjaga kebersihan kaki, serta membersihkan kotoran-kotoran di bawah kuku.

Sementara itu, untuk mengurangi rasa sakit pada kuku, coba rendam kaki di air hangat beberapa kali dalam sehari. Kemudian, gunakan kapas yang diteteskan minyak zaitun untuk mendorong kuku keluar dari kulit.

2. Cedera

Keseleo dan patah tulang merupakan jenis cedera pada jempol kaki yang bisa menyebabkan jempol kaki sakit. Anda dapat mengalami pembengkakan, nyeri tekan di area jempol, kesulitan untuk bergerak, hingga memar.

Periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah jempol kaki hanya mengalami cedera biasa atau patah.

3. Asam urat 

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat di dalam darah yang mengkristal dan menumpuk di persendian. Kondisi metabolisme ini juga bisa memengaruhi sendi pada jempol kaki. 

Selain jempol kaki sakit saat ditekan atau saat berjalan, gejala asam urat lainnya meliputi pembengkakan, meradang, terasa panas, dan terkadang berubah warna. Gejala tersebut bisa semakin parah di malam hari. 

Untuk mengatasinya, Anda perlu minum obat NSAID, asam urat atau bahkan menggunakan sepatu yang memiliki alas kaki yang kaku atau ujung yang bisa menekuk. Terkadang, Anda butuh latihan peregangan khusus untuk meringankan kondisi radang sendi. Pada kasus yang lebih parah, tindakan operasi mungkin diperlukan.

5. Turf toe

Turf toe merupakan istilah yang merujuk pada keseleo di jaringan lunakdan ligamen pada daerah bawah jempol kaki. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit, pembengkakan, dan perubahan warna pada kulit.

Biasanya, dokter akan memberikan saran gerakan peregangan untuk meningkatkan kekuatan dan mobilitas kaki. Hindari beraktivitas secara berlebih dan kompres jempol kaki dengan kantong es beberapa kali sehari.

Anda juga bisa menggunakan perban atau alas kaki khusus saat berjalan untuk mengurangi rasa sakit. erkadang, alat bantu berjalan juga dibutuhkan untuk membantu Anda bergerak. Pada kasus yang parah, operasi dibutuhkan untuk menangani turf toe.

6. Bunion

Bunion atau hallux valgus adalah gangguan pada persendian tulang jempol kaki yang membuat arah persendian miring ke jari kaki yang kedua. Bunion terlihat berupa benjolan keras seperti tulang yang muncul di bagian samping jempol kaki.

Jempol kaki sakit hanyalah salah satu dari indikasi bunion. Bila Anda memiliki bunion, Anda akan mengalami pembengkakan dan iritasi di bagian samping dan bawah jempol.

Anda dapat menggunakan alas kaki atau penyokong khusus dari dokter untuk mengatasi bunion, serta melakukan peregangan untuk meningkatkan kelenturan kaki. Anda juga bisa mengompres bagian yang sakit selama 20 menit dengan kantong es.

Biasanya, operasi dibutuhkan untuk membuang benjolan dan menata ulang bentuk tulang jari kaki. 

7. Chilblains

Chilblains terjadi ketika ada peradangan di pembuluh darah kecil di sekitar jempol kaki. Saat mengalami chilblains, Anda akan mengalami pembengkakan, melepuh, gatal, dan bercak merah pada kaki dan tangan.

Chilblains disebabkan oleh rasa dingin yang berlebih dan biasanya akan hilang dalam kurun waktu satu sampai tiga minggu saat cuaca mulai menghangat.

8. Sesamoiditis

Sesamoiditis adalah peradangan pada kaki yang berdampak pada dua tulang kecil di bawah persendian jempol kaki. Anda tidak hanya akan mengalami jempol kaki sakit, tetapi juga peradangan, memar, dan kesulitan untuk menggerakkan jempol kaki.

Kondisi ini bisa diatasi dengan mengikat jempol kaki agar menekuk ke bawah dan menggunakan alas kaki khusus. Terkadang, Anda juga memerlukan alat bantu untuk berjalan.

9. Penyakit Raynaud

Penyakit ini dapat berdampak pada jemari tangan dan kaki akibat penyempitan pembuluh darah di jempol kaki yang membuat kaki terasa kebas dan dingin. Penyakit Raynaud bisa diatasi dengan menghindari udara dingin.

Baca Juga: Penyebab Jempol Kaki Sering Kesemutan

Cara menghilangkan nyeri pada jempol kaki 

Minum ibuprofen untuk mengatasi jempol kaki sakit
Untuk mengatasi nyeri pada jempol kaki bisa minum obat pereda nyeri

Mengetahui penyebab jempol kaki sakit bisa menjadi langkah awal penanganan yang tepat. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jempol kaki yang sakit, antara lain:

  • Menggunakan obat-obatan anti-inflamasi nonsteroid atau suntikan kortikosteroid sesuai anjuran dokter pada jempol kaki yang sakit karena peradangan
  • Menggunakan kompres panas atau dingin untuk mengurangi nyeri. Gunakan kompres panas atau dingin di area yang terkena beberapa kali sehari selama 15-20 menit
  • Menggunakan bahan alami sebagai pereda nyeri, seperti kunyit dan minyak cengkeh.
  • Menerapkan teknik akupunktur, meditasi, atau pijat untuk mengatasi jempol kaki sakit. Anda mungkin membutuhkan bantuan terapis atau rekomendasi dokter
  • Mengonsumsi asam lemak seperti omega-3 dan asam gamma-linolenic yang biasanya digunakan untuk mengatasi sendi yang kaku dan nyeri akibat arthritis
  • Mengurangi asupan makanan tinggi purin jika jempol kaki sakit disebabkan oleh asam urat 

Selama proses penyembuhan, usahakan untuk selalu istirahat dan sebisa mungkin menaikkan kaki Anda, guna menghindari adanya tekanan pada jempol. Jika perlu, coba gunakan perban kompresi.

Baca Juga

  • Keratin adalah Protein yang Dibutuhkan Rambut, Bagaimana Cara Memperolehnya?
  • Kenali Berbagai Penyebab Kuku Kuning yang Mungkin Anda Alami
  • Berbagai Cara Mengobati Cantengan pada Kuku Jari yang Ampuh

Itulah beberapa penyebab jempol kaki sakit, termasuk saat ditekan, beserta cara mengatasi nyeri yang timbul. Rasa sakit pada kaki tidak boleh diabaikan karena bisa mengganggu mobilitas, bahkan mengindikasikan adanya penyakit yang membutuhkan penanganan serius. 

Jika Anda mengalami jempol kaki sakit saat ditekan atau gejala lainnya pada area kaki, konsultasikan segera ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Anda juga bisa berkonsultasi melalui fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!

Advertisement

cedera jaripenyakit kakicantengankuku

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved