Awas! Penyebab Hepatitis A Bisa Datang dari Perilaku Seks Anda

Berhubungan seksual dengan penderita hepatitis A bisa menjadi salah satu penyebab hepatitis A
Salah satu penyebab hepatitis A adalah infeksi melalui hubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi.

Penyebab penyakit Hepatitis A bisa datang dari mana saja, termasuk terinfeksi dari partner seksual yang terinfeksi Hepatitis A. Bahkan, penyebab Hepatitis A bisa saja karena hal yang biasanya dianggap remeh: malas mencuci tangan.

Sejatinya, virus Hepatitis A terkandung dalam feses atau tinja. Itu sebabnya, setiap orang yang baru selesai menggunakan fasilitas toilet umum harus mencuci tangan mereka dengan air mengalir sebelum kembali beraktivitas.

Tidak hanya itu, kontak fisik dengan peralatan yang rentan terkena tinja seperti handuk juga perlu diwaspadai. Meski demikian, bukan berarti Hepatitis A tidak bisa disembuhkan.

Bisa Terjadi di Sekitar Kita

Akhir April lalu, seorang pekerja restoran terkenal Arby’s di Pinellas County, Florida, Amerika Serikat positif terinfeksi Hepatitis A. Departemen Kesehatan Florida memprediksi infeksi ini terjadi antara tanggal 5-20 April 2019.

Seketika, Departemen Kesehatan mengeluarkan imbauan bagi pelanggan Arby’s yang mengunjungi restoran pada rentang tanggal tersebut agar segera mendapatkan vaksin Hepatitis A. Tidak disangka, ternyata dampaknya bisa sebesar itu!

Sebelumnya, seorang pegawai di restoran Taco Bell Florida juga mengalami hal yang sama. Berdasarkan investigasi, ternyata keran air panas di kamar mandi tidak berfungsi. Tak hanya itu, tempat sabunnya pun sudah rusak.

Hanya karena hal seperti itu, seluruh pengunjung Taco Bell di rentang waktu satu bulan infeksi terjadi harus memeriksakan diri dan mendapatkan vaksin Hepatitis A.

Terasa familiar? Hal ini bisa saja terjadi di sekitar kita.

Penyebab Hepatitis A

Sama seperti Hepatitis B dan hepatitis C, penyebab Hepatitis A adalah virus yang menyebabkan peradangan hati. Virus ini sangat mudah menular. Media penularannya adalah faecal-oral yaitu lewat makanan dan air yang sebelumnya terkontaminasi feses penderita.

Tak hanya itu, perilaku seks oral dan anal dengan orang yang belum benar-benar pulih dari Hepatitis A juga berisiko. Untuk itu, penting memastikan partner seksual benar-benar sembuh dari Hepatitis A. Biasanya, masa inkubasi virus Hepatitis A di tubuh seseorang sekitar 14 hingga 28 hari.

Lebih jauh lagi, banyak pasien Hepatitis A yang datang dari tempat tinggal dengan kebersihan dan sanitasi kurang baik. Menurut data World Health Organization (WHO), 90% anak-anak di bawah usia 10 tahun dari negara berkembang bersanitasi buruk pernah terinfeksi virus Hepatitis A.

Lalu, apa saja penyebab Hepatitis A?

  • Sanitasi buruk
  • Tidak ada air bersih/air mengalir
  • Tinggal bersama dan terkontaminasi feses penderita Hepatitis A
  • Kontak seksual dengan penderita Hepatitis A
  • Mengunjungi negara endemik Hepatitis A karena belum mendapatkan vaksinasi
  • Makanan/minuman yang diolah penderita Hepatitis A yang tidak mencuci tangan setelah ke toilet
  • Penggunaan obat-obatan terlarang
  • Konsumsi daging dan ikan mentah yang tidak bersih

Gejala Hepatitis A

Biasanya, gejala Hepatitis A tidak akan terasa sampai virus telah menginfeksi selama beberapa hari. Gejala yang biasa dirasakan adalah:

Menarik kesimpulan dari betapa dekatnya penyebab Hepatitis A dengan kehidupan kita, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan diri. Cucilah tangan dengan air mengalir terutama setelah dari toilet atau mengganti diaper anak.

Pastikan partner seks Anda bersih dari virus Hepatitis A. Tak lupa, bekali diri dengan vaksinasi Hepatitis A untuk menghindari terinfeksi virus ini.

ABC News. https://www.abcactionnews.com/money/consumer/dirty-dining/taco-bell-worker-tests-positive-for-hepatitis-a-employees-had-to-be-vaccinated
Diakses 5 Mei 2019

ABC News. https://www.abcactionnews.com/news/region-pinellas/food-service-worker-at-arbys-in-clearwater-tests-positive-for-hepatitis-a
Diakses 5 Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hepatitis-a/symptoms-causes/syc-20367007
Diakses 5 Mei 2019

WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hepatitis-a
Diakses 5 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed