7 Penyebab Gusi Gatal, Bagaimana Cara Mengatasinya?

(0)
Gusi gatal bisa disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari alergi hingga masalah pada area gigi dan mulutGusi gatal bisa disebabkan oleh adanya luka pada gusi
Tidak hanya area kulit yang bisa terasa gatal, gusi pun ternyata juga demikian. Gusi gatal dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari yang ringan hingga membutuhkan penanganan medis dari dokter. Apa penyebab gusi gatal dan bagaimana cara mengatasinya?

Berbagai penyebab gusi gatal yang Anda alami

Penyebab gusi gatal sebenarnya bermacam-macam. Mulai dari alergi, masalah pada area gigi dan mulut, hingga perubahan hormon pada wanita.Berikut adalah berbagai penyebab gusi gatal mulai dari yang ringan sampai membutuhkan penanganan dari dokter.

1. Reaksi alergi

Penyebab gusi gatal bisa jadi karena reaksi alergi tertentu.Ya, jika Anda memiliki alergi terhadap sesuatu, seperti makanan atau jenis obat-obatan tertentu, paparan terhadap zat alergen dapat menjadi penyebab gusi gatal.Bahkan, rhinitis alergi juga dapat menyebabkan gatal pada gusi.

2. Adanya luka pada gusi

Gusi gatal bisa disebabkan oleh adanya luka pada gusi
Gusi yang terluka bisa menimbulkan rasa gatal
Gusi gatal dapat disebabkan oleh adanya luka pada gusi. Gusi yang terluka bisa menimbulkan rasa gatal, nyeri, dan tidak nyaman.Penggunaan sikat gigi yang terlalu kasar serta kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur (bruxism) dapat melukai gusi sehingga menyebabkan gusi gatal.Selain itu, luka pada gusi dapat disebabkan oleh cedera fisik saat Anda berolahraga.Gusi gatal mungkin juga disebabkan oleh iritasi penggunaan rokok elektrik dan vape.

3. Penumpukan plak

Salah satu penyebab gusi gatal adalah penumpukan plak pada gigi dan gusi.Plak adalah lapisan lengket dan tidak berwarna dari sisa-sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi. Seiring berjalannya waktu, plak pada gigi dan gusi dapat menumpuk sehingga menyebabkan penyakit gusi.Gejala penumpukan plak di antaranya penurunan sensitivitas gusi, perdarahan saat menyikat gigi, dan gusi gatal.
Penumpukan plak bisa jadi penyebab gusi gatal
Penumpukan plak lama-kelamaan bisa sebabkan gusi gatal
Penumpukan plak yang cukup lama dan sudah bercampur dengan air liur dan bakteri di area mulut dapat mengeras sehingga menyebabkan timbulnya karang gigi.Jika karang gigi sudah terbentuk, akan sulit bagi Anda untuk membersihkannya sendiri.Kondisi tersebut tidak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi atau menggunakan benang gigi karena Anda membutuhkan penanganan medis dari dokter gigi.

4. Mulut kering

Umumnya, mulut memiliki kemampuan untuk mengatur kelembapan alaminya sendiri.Namun, kadang-kadang kondisi medis atau konsumsi obat-obatan tertentu dapat membuat mulut Anda tidak dapat menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga gusi dan kelembapan lidah.Hal ini yang dapat menyebabkan mulut kering. Salah satu gejala mulut kering yang paling umum adalah gusi gatal.

5. Gingivitis atau radang gusi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penumpukan plak yang menjadi penyebab gusi gatal dapat menyebabkan penyakit gusi. Salah satunya adalah radang gusi atau gingivitis.Pada tahap ini, kondisi radang gusi kemungkinan besar belum menimbulkan komplikasi lebih lanjut.Akan tetapi, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter guna mendapatkan penanganan medis yang tepat.

6. Perubahan hormon

Perubahan hormon alami yang dialami wanita ternyata dapat memengaruhi kondisi gusi Anda, salah satunya adalah gusi gatal.Umumnya, wanita hamil, pubertas, menstruasi, atau menopause lebih sering mengalami gusi gatal.Selain itu, kondisi ini mungkin disertai dengan gejala lain, seperti nyeri, penurunan sensitivitas pada gusi, hingga muncul perdarahan sewaktu-waktu.

7. Penggunaan gigi palsu yang tidak tepat

Penggunaan gigi palsu yang tidak pas dapat menyebabkan masalah.Misalnya, ada celah antara gigi palsu dan gusi sehingga membuat sisa-sisa makanan terselip di dalamnya.Akibatnya, bakteri dapat berkembangbiak dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi.Kondisi tersebut dapat menimbulkan peradangan, penurunan sensitivitas pada gusi, dan gusi gatal.

Cara mengatasi gusi gatal secara alami di rumah

Pada dasarnya, cara mengatasi gusi gatal dapat dilakukan sesuai dengan penyebabnya.Namun, Anda dapat melakukan beberapa cara mengatasi gusi gatal secara alami di rumah terlebih dahulu sambil menunggu jadwal konsultasi berobat ke dokter gigi melalui langkah-langkah berikut ini:

1. Jaga kebersihan gigi dan mulut

Sikat gigi dua kali sehari bisa jadi cara mengatasi gusi gatal
Gunakan pasta gigi yang tepat saat sikat gigi
Salah satu cara mengatasi gusi gatal di rumah adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi dan melakukan flossing gigi dua kali sehari.Pastikan Anda menggunakan pasta gigi yang dirancang untuk mencegah pembentukan plak pada gigi dan gusi.Jika Anda mengalami infeksi atau peradangan pada gusi, gunakan obat kumur antiseptik bebas alkohol untuk membersihkan area gigi dan mulut.

2. Kumur air garam

Kumur air garam juga menjadi cara mengatasi gusi gatal di rumah.Larutan air asin ini dianggap dapat meringankan rasa gatal dan iritasi pada gusi.Caranya, larutkan 1 sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Lalu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama beberapa detik. Kemudian, buang air bekas berkumur. 

3. Gunakan es batu

Gunakan es batu sebagai cara mengatasi gusi gatal
Kulum es batu ke dalam mulut, diamkan sampai meleleh
Es batu juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi gusi gatal di rumah.Caranya, Anda dapat mengulum sebongkah es batu, lalu biarkan meleleh dalam mulut.Langkah ini dapat membantu mendinginkan gusi dan menghentikan rasa gatal pada gusi.

4. Perubahan pola hidup

Kebiasaan merokok dapat mengganggu kesehatan gusi Anda. Jadi, bagi Anda yang perokok dan kerap mengalami gusi gatal, tak ada salahnya untuk berhenti merokok. Termasuk berhenti dari rokok elektrik dan vape.Selain itu, menghindari makanan yang dapat mengiritasi gusi juga dapat membantu mengurangi rasa gatal pada gusi.Misalnya, makanan pedas, asam, manis, mengandung tepung adalah biang kerok dari kondisi iritasi gusi yang paling umum.

Cara mengobati gusi gatal dengan obat-obatan dan prosedur medis

Jika keluhan gusi gatal terus berlanjut dan tidak kunjung membaik walaupun telah menerapkan cara mengatasi gusi gatal di rumah, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.Dokter akan mendiagnosis penyebab dan memberikan penanganan yang tepat sesuai penyebab gusi gatal yang Anda alami.Sebab, jika tidak ditangani, gusi gatal dapat menyebar jadi masalah gusi dan infeksi gigi yang lebih serius.Berikut adalah cara mengobati gusi gatal yang umumnya diberikan oleh dokter gigi:

1. Obat antihistamin

Salah satu cara mengobati gusi gatal yang diberikan oleh dokter gigi adalah obat antihistamin.Obat resep ini mungkin diberikan apabila penyebab gusi gatal yang Anda alami adalah reaksi alergi.Antihistamin dapat membantu menghentikan gejala gusi gatal yang disebabkan oleh alergi. 

2. Pakai pelindung gigi

Penggunaan pelindung gigi mungkin disarankan oleh dokter gigi guna mencegah kerusakan lebih lanjut pada gigi Anda saat berolahraga atau tidur.

3. Scaling plak

Scaling plak adalah prosedur yang dilakukan oleh dokter gigi untuk menghilangkan penumpukan plak dari atas dan di bawah garis gusi.Biasanya dokter gigi akan menggunakan alat listrik dalam menjalankan tindakan medis satu ini.

4. Perawatan akar gigi

Perawatan akar gigi mungkin dilakukan oleh dokter gigi untuk menghilangkan penumpukan plak gigi yang mengeras akibat gusi yang turun.Tindakan ini dapat membuat gigi dan gusi menjadi segar sehingga dapat menempel pada jaringan yang sehat.

5. Prosedur laser

Cara mengobati gusi gatal dengan prosedur laser bertujuan untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Ini merupakan prosedur medis yang efektif selain scaling plak dan perawatan akar gigi.Penyebab gusi gatal bisa bermacam-macam. Anda mungkin dapat menerapkan cara mengatasi gusi gatal dengan langkah-langkah di atas untuk meringankan gejala.Namun, segera konsultasikan dengan dokter gigi apabila gusi gatal tak kunjung membaik.Anda juga perlu menemui dokter gigi apabila gusi gatal disertai dengan gejala lain serta berlangsung selama berhari-hari.Kondisi gusi gatal yang Anda alami dapat dikonsultasikan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
gatalkesehatan gigikesehatan mulutradang gusi
Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/itchy-gums#see-a-doctor
Diakses pada 7 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319565
Diakses pada 7 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait