8 Penyebab Globus sensation atau Perasaan Mengganjal di Tenggorokan

(0)
29 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Globus sensation dapat menyebabkan perasaan mengganjal di tenggorokan.Perasaan mengganjal di tenggorokan? Bisa jadi penyebabnya globus sensation.
Globus sensation adalah perasaan mengganjal di tenggorokan. Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan masalah ini. Jika globus sensation menyebabkan Anda sulit menelan, tentunya kondisi ini perlu menjadi perhatian.

Apa itu globus sensation?

Pernahkah Anda merasakan seperti ada benda asing yang mengganjal di tenggorokan? Kondisi ini disebut sebagai globus sensation. Sebenarnya, perasaan mengganjal itu hanyalah sensasi belaka, padahal tidak ada benda asing atau sisa makanan yang terperangkap di tenggorokan Anda.Globus sensation tidak menimbulkan rasa nyeri. Hanya saja, kondisi ini dapat sangat mengganggu penderitanya.Terkadang, gangguan ini dapat ditangani dengan menelan makanan dan minuman saja. Namun, ada juga kasus globus sensation yang dapat bertahan lama dan sering muncul kembali walau sudah diatasi.

8 penyebab globus sensation yang harus diwaspadai

Globus sensation atau sensasi tenggorokan terasa mengganjal dianggap sebagai kondisi medis umum. Itu artinya, siapa pun dapat mengalami kondisi ini. Namun, bukan berarti globus sensation boleh diremehkan karena ada beberapa penyakit yang juga bisa menyebabkan masalah ini.

1. Otot tegang

Saat Anda sedang tidak menelan atau berbicara, otot tenggorokan akan mengendurkan dirinya dan berusaha untuk rileks. Namun, saat otot tenggorokan tidak mengendur dengan benar, ketegangan otot dapat terjadi. Hal ini dapat memicu terjadinya globus sensation di tenggorokan.

2. Gangguan mental

Beberapa gangguan mental, seperti stres dan gangguan cemas, dapat menyebabkan munculnya globus sensation. Hal ini dibuktikan lewat sebuah studi yang menyatakan bahwa gangguan mental sering kali menyebabkan globus sensation.Ditambah lagi, peristiwa traumatis atau yang memicu stres juga dianggap bisa menyebabkan tenggorokan terasa mengganjal.

3. Penyakit tiroid

Beberapa orang yang pernah mengidap penyakit tiroid melaporkan bahwa mereka juga mengalami globus sensation. Kondisi ini bahkan juga dapat dirasakan oleh mereka yang tiroidnya sudah terangkat sebagian atau sepenuhnya.Korelasi antara globus sensation dan penyakit tiroid masih belum diketahui secara pasti. Namun, prosedur pengangkatan tiroid (tiroidektomi) dianggap ampuh untuk mengatasi globus sensation pada pasien penyakit tiroid.

4. Hilangnya koordinasi otot

Otot tenggorokan didesain untuk mengendur dan berkontraksi secara sinkron. Koordinasi otot ini membuat Anda dapat menelan dengan baik.Namun, saat koordinasi otot ini tak terjadi sebagaimana mestinya, ketegangan otot dapat terjadi. Hasilnya, globus sensation bisa muncul.

5. Refluks asam lambung

Globus sensation dapat menyebabkan tenggorokan terasa mengganjal
Globus sensation dapat menyebabkan tenggorokan terasa mengganjal
Asam lambung yang naik ke esofagus dapat menyebabkan ketegangan otot dan pembengkakan di jaringan tenggorokan. Kondisi ini akan membuat Anda merasakan adanya benjolan atau hambatan di bagian tenggorokan.Sebuah penelitian membuktikan, sekitar 23-68 persen orang yang pernah mengalami globus sensation, juga mengidap refluks asam lambung atau gejala gastroesophageal reflux disease atau GERD.

6. Postnasal drip

Postnasal drip terjadi saat lendir berlebih terperangkap di dalam tenggorokan. Biasanya, lendir itu berasal dari hidung dan sinus.Saat lendir itu masuk ke dalam tenggorokan dan terperangkap di sana, globus sensation dapat terasa. Umumnya, orang yang kondisi ini akan langsung berdeham untuk mengeluarkan lendir berlebih di tenggorokannya.

7. Benda asing

Jika tenggorokan pernah kemasukan benda asing secara tak sengaja, biasanya dokter akan melakukan prosedur pengangkatan benda asing tersebut dari tenggorokan. Terkadang, masih ada sisa-sisa kecil dari benda asing yang tertanam di tenggorokan. Hal ini akan membuat Anda merasakan tenggorokan seperti tersumbat.Hati-hati, jika serpihan benda asing itu tak kunjung dikeluarkan secara keseluruhan, bisa saja saluran udara tersumbat yang membuat Anda menjadi sulit bernapas. Segeralah minta pertolongan medis di rumah sakit untuk mengangkatnya dari tenggorokan.

8. Tumor tenggorokan

Dalam kasus yang sangat langka, globus sensation dapat disebabkan oleh tumor di tenggorokan, seperti kanker orofaring metastasis dari karsinoma sel Merkel (KSM).Itulah sebabnya Anda selalu disarankan untuk datang ke dokter jika merasa adanya sesuatu yang terperangkap di dalam tenggorokan. Dokter dapat mendiagnosis penyakit apa yang menyebabkan globus sensation.

Pengobatan globus sensation berdasarkan penyebabnya

Globus sensation, penyebab tenggorokan terasa mengganjal
Globus sensation dapat diatasi dengan berbagai cara
Sebenarnya, tidak ada obat yang bisa menyembuhkan globus sensation karena dokter belum mengetahui penyebabnya secara pasti.Namun, jika globus sensation yang terjadi pada Anda disebabkan oleh penyakit, tentu dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan penyakitnya.
  • Terapi otot

Jika ketegangan otot membuat tenggorokan terasa mengganjal, dokter bisa merekomendasikan terapi otot guna mengatasi ketegangan otot yang terjadi.
  • Semprotan hidung

Semprotan hidung alias nasal spray dapat mengobati globus sensation yang diakibatkan oleh postnasal drip. Selain itu, Anda juga akan disarankan untuk minum air lebih teratur untuk menghilangkan lendir di tenggorokan.Tidak hanya itu, obat-obatan dekongestan di apotek juga bisa dikonsumsi untuk membabat habis lendir di bagian tenggorokan.
  • Terapi gangguan cemas dan stres

Globus sensation dapat disebabkan oleh gangguan mental, seperti stres dan gangguan cemas. Itulah mengapa datang ke psikolog atau psikiater juga disarankan. Dokter juga bisa menyarankan Anda untuk meminum obat-obatan antidepresan.
  • Antasida

Jika globus sensation yang Anda rasakan disebabkan oleh naiknya asam lambung, dokter dapat memberikan obat-obatan antasida resep. Saat asam lambung sudah ditangani, sensasi tenggorokan terasa mengganjal dan sesak pun akan hilang.
  • Mengonsumsi makanan

Menelan air liur saja dianggap tidak cukup untuk menghilangkan globus sensation. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan guna mengatasi sensasi tenggorokan terasa mengganjal dan sesak.Jika dokter mendiagnosis adanya tumor di tenggorokan yang menyebabkan globus sensation, dokter bisa melakukan terapi radiasi, kemoterapi, maupun operasi.

Catatan dari SehatQ:

Globus sensation umumnya tak perlu dikhawatirkan. Namun, ada kalanya globus sensation menjadi pertanda dari penyakit-penyakit serius. Maka dari itu, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
penyakitradang tenggorokansakit tenggorokan
Healthline. https://www.healthline.com/health/lump-in-throat
Diakses pada 14 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320245#causes-of-a-lump-in-the-throat
Diakses pada 14 Oktober 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/throat-cancer/diagnosis-treatment/drc-20366496#:~:text=For%20early%2Dstage%20throat%20cancers,and%20make%20you%20more%20comfortable.
Diakses pada 14 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait