Penyebab Gigi Anak Berlubang dan Cara Merawatnya


Gigi anak berlubang dapat disebabkan oleh kebiasaan jarang menyikat gigi dan terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis. Atasi dengan cara ini.

(0)
12 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Gigi anak berlubang sering kali disebabkan oleh tidak rutin menyikat gigiGigi anak berlubang umumnya terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan manis
Si Kecil mengeluh sakit gigi? Cobalah periksa mulutnya karena bisa jadi gigi anak berlubang. Masalah gigi berlubang pada anak biasanya diawali dengan adanya penumpukan plak yang melekat pada gigi. Plak berasal dari bakteri di mulut yang bergabung dengan sisa-sisa makanan, asam, dan air liur. Lama-kelamaan, plak tersebut mengikis lapisan-lapisan gigi hingga membentuk lubang, bahkan juga mengubah warna gigi menjadi kecokelatan atau hitam.Gigi berlubang pada anak 3 tahun ke atas biasanya dipicu oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan jarang menyikat gigi. Kondisi ini dapat menyebabkan gigi sensitif dan menimbulkan sakit yang luar biasa sehingga anak menjadi rewel dan nafsu makannya berkurang.

Penyebab gigi anak berlubang

Ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab gigi berlubang pada, di antaranya:
  • Tidak menyikat gigi secara rutin

sikat gigi
Jarang menyikat gigi sebabkan gigi berlubang
Gigi anak berlubang sering kali terjadi jika ia jarang atau tidak menyikat giginya sama sekali. Hal ini menyebabkan berkembangnya bakteri pada sisa-sisa makanan yang menempel di gigi Si Kecil. Padahal menyikat gigi secara teratur dapat mencegah terjadinya penumpukan plak sehingga masalah gigi anak berlubang dapat dicegah.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

Masalah gigi anak berlubang juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, bergula, atau bertepung yang tinggi karbohidrat misalnya, es krim, kue, permen, atau keripik.Ketika karbohidrat dicerna, bakteri di mulut akan memakannya dan menghasilkan asam. Air liur yang bercampur dengan asam dapat membentuk plak sehingga menyebabkan gigi anak berlubang.
  • Jarang minum air putih

minum air putih
Air putih bantu larutkan asam yang dihasilkan bakteri mulut
Air putih dapat membantu membersihkan dan meluruhkan sisa makanan yang menempel di gigi. Air putih juga membantu melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut. Oleh sebab itu, jarang minum air putih dapat memicu terjadinya gigi berlubang pada anak 3 tahun karena memungkinkan sisa makanan dan bakteri membentuk plak.Masalah gigi anak berlubang nantinya bisa menyebabkan sensitivitas terhadap makanan atau minuman yang dingin dan panas. Pada kasus yang parah, nyeri yang hebat di sekitar area gigi bisa timbul, bahkan hingga membuat pipi bengkak.Jika anak sudah terlanjur dalam kondisi ini, obat pereda nyeri dapat membantu meredakan nyeri yang muncul. Anda dapat memberi Si Kecil paracetamol atau ibuprofen sebagai obat sakit gigi anak berlubang yang dibeli di apotek atau diresepkan oleh dokter.  

Cara mengatasi gigi berlubang pada anak

Terdapat beberapa cara mengatasi gigi berlubang pada anak yang dapat dilakukan, yakni:
  • Tambal gigi

Masalah gigi anak berlubang umumnya diatasi dengan tambal gigi. Tambal gigi adalah prosedur untuk menutup kembali gigi yang berlubang menggunakan bahan tambal yang sesuai dengan kondisi gigi Si Kecil.Dalam prosedur ini, dokter akan mengisi lubang dengan resin komposit atau semen ionomer kaca (GIC) untuk memperbaiki gigi berlubang. Nantinya, anak dapat menggunakan kembali gigi tersebut untuk menggigit atau mengunyah.
  • Pembuatan crown gigi

Jika gigi berlubang pada anak sudah terbilang parah, dokter gigi akan melakukan prosedur ini. Dokter akan memasang crown (mahkota gigi) palsu di atas gigi yang rusak. Sebagian besar gigi yang rusak akan dikikis, dan disisakan sebagian agar dapat dijadikan sebagai tumpuan.
  • Cabut gigi

Gigi berlubang pada anak 3 tahun ke atas juga dapat diatasi dengan prosedur cabut gigi. Prosedur ini dilakukan apabila kerusakan gigi sudah sangat parah dan tak bisa diperbaiki lagi. Setelah dicabut, gigi permanen anak tetap bisa tumbuh dengan baik. Cabut gigi juga menjadi salah satu cara menghilangkan gigi hitam berlubang yang efektif.Merawat gigi berlubang tidaklah sulit. Pastikan Si Kecil rajin menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Selain itu, batasi asupan gula yang dikonsumsi anak. Jangan lupa untuk mengajaknya memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Dengan begitu, kesehatan gigi anak bisa terjaga dengan baik.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar gigi anak berlubang tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan anakkesehatan gigigigi sensitifgigi berlubang
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/cavities-in-kids#treatment
Diakses pada 26 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/childrens-health/cavities-in-kids#recognize-the-signs
Diakses pada 26 Februari 2021
Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/tooth-decay-caries-or-cavities-in-children
Diakses pada 26 Februari 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/toothache/
Diakses pada 26 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait