Ketahui Penyebab Gatal Selangkangan dan Cara Mencegahnya

Gatal selangkangan atau jock itch dapat diakibatkan oleh infeksi jamur tinea cruris
Gatal selangkangan yang mengganggu tidak selalu dikarenakan kutu kemaluan, tetapi dapat disebabkan oleh infeksi jamur.

Rasa gatal tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih lagi jika rasa gatal muncul pada daerah-daerah tertentu, seperti bagian selangkangan. Gatal selangkangan dapat terjadi pada pria maupun wanita.

Selain itu, gatal selangkangan juga merupakan hal yang cukup umum terjadi. Jika Anda mengalami gatal selangkangan, tidak perlu khawatir karena rasa gatal yang dialami belum tentu diakibatkan oleh kutu kemaluan.

Namun, selalu konsultasikan ke dokter jika gatal yang dirasakan sangat mengganggu atau tidak kunjung sembuh meskipun sudah dioleskan obat dari apotek.

Penyebab gatal selangkangan

Gatal selangkangan atau jock itch dapat diakibatkan oleh infeksi jamur tinea cruris dan merupakan salah satu bentuk dari kurap. Sebenarnya jamur tinea cruris tidak berbahaya, tetapi akan berkembang biak dengan cepat pada kondisi yang lembap dan hangat.

Infeksi jamur ini tidak hanya dapat terjadi di daerah selangkangan tetapi juga bisa pada daerah paha bagian dalam dan pantat. Gatal selangkangan biasanya dialami oleh orang yang sering berkeringat dan memiliki berat badan yang berlebih (overweight).

Gatal selangkangan juga lebih sering terjadi pada pria, khususnya pria remaja. Infeksi jamur ini juga dapat menular dengan cepat dan bisa menular pada bagian tubuh lainnya.

selangkangan gatal

Ciri-Ciri infeksi jamur penyebab gatal selangkangan

Tidak cukup dengan mengetahui penyebabnya, Anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri atau tanda-tanda dari infeksi jamur yang menjadi penyebab gatal selangkangan.

Anda mungkin mengalami infeksi jamur yang menyebabkan gatal selangkangan jika rasa gatal dirasakan secara terus-menerus dan terdapat sensasi panas atau terbakar. Kulit pada selangkangan akan berwarna kemerahan serta pecah-pecah atau mengelupas.

Ruam pada selangkangan akibat infeksi jamur dapat menyebar dari selangkangan sampai bagian atas paha dalam bentuk bulan sabit dengan bagian tepian ruam terasa berbiji-biji atau membengkak.

Ruam juga tidak kunjung membaik meski sudah dioleskan obat antigatal dari apotek. Kondisi ini juga semakin parah terutama setelah melakukan suatu aktivitas seperti berolahraga. Penderita juga dapat mengalami perubahan pada warna kulit.

Pengobatan gatal selangkangan

Bila gatal selangkangan belum parah, dokter akan memberikan salep, bubuk, atau semprotan antijamur yang dapat dibeli di apotek. Penderita mungkin perlu menaruh obat antijamur selama kurang lebih satu sampai dua minggu, meskipun ruam-ruam karena gatal selangkangan sudah hilang.

Namun, jika gatal selangkangan sudah parah, maka dokter akan memberikan resep salep, minyak, atau pil antijamur yang lebih kuat daripada obat antijamur yang dapat dibeli di apotek.

pencegahan selangkangan yang gaaatal

Pencegahan gatal selangkangan

Gatal selangkangan pastinya sangat mengganggu dan meresahkan. Akan tetapi, tidak berarti gatal selangkanan tidak dapat dicegah. Pencegahan gatal selangkanan dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal, yaitu:

1. Penggunaan jenis pakaian

Pemilihan jenis pakaian sangat berpengaruh terhadap risiko mengalami gatal selangkangan. Penggunaan dalaman yang terlalu ketat dapat mengiritasi kulit dan meningkatkan risiko mengalami gatal selangkangan.

Sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang longgar saat cuaca panas atau lembap untuk menghindari keringat berlebih.

2. Menjaga agar selangkangan tetap kering

Selalu pastikan agar bagian intim dan selangkangan Anda tetap kering bersih. Keringkan menggunakan handuk bersih setelah mandi dan berolahraga.

3. Tangani penyakit kaki atlet (athlete’s foot)

Penyakit kaki atlet dapat menyebar ke selangkangan dan menjadi penyebab gatal selangkangan. Oleh karenanya, segera atasi penyakit kaki atlet yang dialami.

Anda dapat mencegah penyakit kaki atlet dengan selalu menggunakan sandal saat di kamar mandi umum.

Jika Anda mengalami penyakit kaki atlet, pastikan untuk selalu mengeringkan kaki menggunakan handuk yang berbeda dengan handuk yang digunakan untuk mengeringkan badan.

Anda juga dapat menggunakan kaos kaki terlebih dahulu sebelum menggunakan celana dalam, agar infeksi jamur tidak menular ke daerah selangkangan.

4. Tidak berbagi barang pribadi

Jangan meminjamkan dan meminjam barang-barang pribadi, seperti handuk, baju, dan sebagainya. Infeksi jamur pada selangkangan dapat berpindah melalui barang-barang pribadi.

5. Menjaga kebersihan tubuh

Anda perlu mengganti celana dalam setidaknya sekali sehari atau lebih, jika Anda sering berkeringat. Selain itu, Anda perlu untuk mencuci pakaian dan peralatan olahraga Anda setelah digunakan.  

Selain itu, selalu mandi setelah berolahraga atau melakukan aktivitas yang memicu keringat. Pastikan untuk selalu membersihkan daerah yang lembab dengan sabun.

Konsultasikan ke dokter

Bila Anda merasa terganggu dengan infeksi jamur penyebab gatal selangkangan, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Healthline. https://www.healthline.com/health/jock-itch#prevention
Diakses pada 23 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/jock-itch/symptoms-causes/syc-20353807
Diakses pada 23 April 2019

WebMD. https://www.webmd.com/men/causes-and-prevent-jock-itch#1
Diakses pada 23 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed