4 Penyebab Gatal pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh dan Cara Mengatasinya

(0)
03 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh adalah penyakit kulit kronisGatal yang tak kunjung sembuh perlu segera ditangani
Gatal merupakan sensasi menggelitik akibat iritasi yang biasanya dirasakan di kulit. Gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab-penyebab gatal umumnya tidak terlalu berbahaya dan mudah ditangani. Namun, saat gatal tidak kunjung sembuh, bisa jadi penyebabnya lebih serius.Untuk mengetahui penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh, maka harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Kulit yang gatal biasanya akan menunjukkan gejala-gejala yang tidak biasa, seperti ruam, bintil, kemerahan, dan semacamnya. Namun, tidak jarang kulit yang terasa gatal tidak menunjukkan gejala apa pun pada permukaan kulit.

Penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh

Gatal biasanya hanya berlangsung sementara, dapat sembuh sendiri, atau bisa diobati dengan penanganan sederhana. Namun, ada juga jenis gatal yang terasa intens dan sulit untuk sembuh. Berikut ini adalah beberapa penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh.

1. Penyakit kulit

Penyakit kulit dapat menjadi penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh. Gatal bisa terasa tak tertahankan dan bahkan semakin gatal setelah digaruk. Beberapa penyakit kulit ini, di antaranya:

2. Penyakit di dalam tubuh

Penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh bisa merupakan pertanda atau gejala adanya penyakit pada tubuh. Beberapa di antaranya adalah diabetes, penyakit darah, gangguan ginjal, gangguan hati, HIV, dan kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroid).Gangguan ginjal tingkat lanjut, di mana penderita harus menjalani dialisis atau cuci darah, juga dapat menimbulkan gejala gatal yang meluas. Khususnya pada bagian punggung, lengan, dan kaki.Penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh juga bisa dikarenakan gangguan hati, seperti hepatitis C, sirosis, atau tersumbatnya saluran empedu.Biasanya, gatal yang merupakan gejala penyakit hati akan bermula dari telapak tangan dan kaki, sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya.Gatal yang tak kunjung sembuh juga sering dirasakan pasien dengan penyakit yang memengaruhi darah, contohnya limfoma Hodgkin.

3. Usia 65 tahun ke atas

Seiring bertambahnya usia, terjadi perubahan pada kulit manusia. Setelah berusia 65 tahun, kulit mengalami penipisan dan hilang kelembapannya. Kondisi ini membuat kulit menjadi kering dan sering menyebabkan rasa gatal.

4. Gangguan saraf

Apabila tubuh Anda mengalami gangguan atau kerusakan saraf, hal ini bisa menjadi penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh. Kerusakan saraf bisa terjadi karena adanya penyakit atau mengalami cedera.Gatal akibat gangguan saraf cenderung hanya terjadi di satu tempat dan tidak terlihat adanya ruam. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gatal akibat gangguan saraf, yaitu stroke, multiple sclerosis, dan herpes zoster.

Cara mengatasi penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh

Daftar penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh di atas cukup panjang dan beragam. Oleh karena itu, kecuali Anda mengetahui penyebabnya, sebaiknya jangan sembarangan mengaplikasikan obat pada permukaan kulit yang gatalnya tak kunjung sembuh.Beberapa penyakit mungkin memiliki gejala awal yang mirip, tetapi bisa berkembang dengan gejala lanjutan yang berbeda. Jadi, sebaiknya konsultasikan masalah Anda dengan dokter spesialis kulit.
  • Dokter dapat menegakkan diagnosis setelah Anda memberikan keterangan riwayat penyakit dan mengamati gejala pada permukaan kulit (apakah ada ruam, bintil, penebalan, atau perubahan kulit lainnya).
  • Apabila tidak ada gejala pada permukaan kulit atau dokter mencurigai adanya penyakit tertentu, Anda mungkin akan memerlukan pemeriksaan lanjutan, seperti tes darah, tes fungsi tiroid, hati, dan ginjal, serta rontgen.
  • Setelah diketahui penyebab gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh, dokter akan memberikan obat atau menganjurkan perawatan medis yang sesuai dengan kondisi Anda.
Jika Anda punya pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar penyebab gatal kulit yang tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
gatalpenyakit kulit
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-uncontrollably-itchy-skin
Diakses 21 September 2020
Scientific American. https://www.scientificamerican.com/article/experts-why-we-itch-and-scratch/
Diakses 21 September 2020
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/itchy-skin/diagnosis-treatment/drc-20355010
Diakses 21 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait