Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit

(0)
18 Feb 2019|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan gatal di kulit punggungAlergi, gigitan serangga, dan hormon kehamilan bisa menjadi penyebab gatal pada kulit
Rasa gatal pada kulit merupakan hal yang wajar dirasakan siapapun. Tak jarang, sulit menahan keinginan untuk menggaruk kulit. Mulai dari area tubuh yang mudah dijangkau tangan, hingga yang sukar seperti punggung. Seiring bertambahnya usia, hal ini juga menjadi lebih umum.Pernahkah Anda berpikir, apa sebenarnya penyebab gatal tersebut?

Macam-macam penyebab gatal pada kulit

Seringkali sulit untuk menentukan penyebab gatal pada kulit. Pakaian sering diduga menjadi pemicunya.Gatal pada umumnya merupakan salah satu cara tubuh menunjukkan kondisi kulit yang kering.Rasa gatal bahkan bisa memburuk di musim dingin dan di tempat-tempat dengan udara yang terasa kering. Di sisi lain, bisa jadi gatal merupakan gejala dari sesuatu yang lebih serius, seperti ruam atau penyakit.Rasa gatal dapat menjadi gejala masalah yang lebih dalam, seperti:

1. Alergi

Gatal biasanya muncul sebagai reaksi alergi.Gatal pada kulit akibat alergi terlihat seperti biduran, bilur yang timbul dan bisa muncul banyak secara bersamaan.Stres, panas, olahraga, makanan, serbuk sari, udara dingin, bulu binatang tertentu, serta paparan sinar matahari, bisa menjadi penyebab alergi.

2. Psoriasis

Psoriasis adalah reaksi tubuh karena terlalu banyak memproduksi sel-sel kulit. Hal ini merupakan hasil dari sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif.Pertumbuhan sel kulir yang abnormal ini bisa membuat permukaan kulit meradang sehingga timbul gatal.

3. Kehamilan

Setidaknya 1 dari 10 wanita hamil merasa gatal-gatal pada kulitnya. Mulai dari ruam yang tidak berbahaya, hingga kondisi yang lebih serius.Gatal pada kulit saat hamil biasanya dikarenakan kadar hormon kehamilan yang tinggi di dalam darah.

4. Penggunaan obat-obatan tertentu

Beberapa obat mungkin membuat kulit Anda gatal, bahkan tanpa tanda-tanda ruam atau iritasi.Anda pun sebaiknya mewaspadai risiko gatal-gatal pada kulit, selama masa tanggap darurat bencana. Sebab pada masa pasca bencana, air dan udara berisiko tercemar.Oleh karena itu, masyarakat harus hati-hati terhadap potensi penyakit saluran infeksi atas, infeksi kulit, hingga gatal-gatal. 

Penyebab ruam pada kulit saat gatal

Jika Anda mulai menggaruk dan mendapati ruam di kulit, ada banyak hal yang menyebabkan hal tersebut, di antaranya adalah infeksi jamur dan bakteri, serangga, eksim atau dermatitis atopik, serta dermatitis kontak.

1. Infeksi jamur dan bakteri

Seperti halnya impetigo dan folikulitis

2. Gigitan serangga

Jika Anda digigit serangga, seperti nyamuk, laba-laba, atau bahkan kutu dan tungau, hal tersebut bisa menyebabkan ruam disertai gatal.

3. Eksim atau dermatitis atopik

Pada kulit, dermatitis atopik akan menyebabkan bercak kering, bersisik, atau ruam dengan rasa gatal yang luar biasa.Kondisi ini belum bisa dipastikan penyebabnya.Anak-anak memiliki risiko lebih tinggi jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat asma dan alergi.

4. Dermatitis kontak

Ruam gatal pada dermatitis kontak terjadi akibat reaksi terhadap zat asing yang menyentuh kulit.Penyebabnya pun beragam. Bisa jadi karena perhiasan yang Anda kenakan, bahan kosmetik, perlengkapan mandi, dan juga produk pembersih.Jika gatal sudah Anda alami, berhenti gunakan produk tersebut dan amati respons kulit.Konsultasikan dengan dokter jika gatal membuat Anda merasa sangat tidak nyaman.

Mengatasi kulit yang gatal

Untuk meredakan rasa gatal pada kulit kering, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:
  • Tidak mandi dengan air panas. Air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit, maka dari itu, gunakanlah air hangat saat Anda mandi.
  • Gunakan sabun yang lembut. Sabun dapat menghilangkan minyak dari kulit. Hentikan menggunakan sabun yang mengandung deodoran, antibakteri, parfum, dan produk kulit yang mengandung alkohol, seperti hand sanitizers.
  • Batasi waktu berendam di bathtub atau shower. Berendam atau mandi selama 5-10 menit dapat melembapkan kulit, namun jika terlalu lama malah akan memberikan hasil sebaliknya.
  • Gunakan pelembap setelah mandi atau saat kulit masih lembap untuk mengunci kelembapan di kulit.
  • Gunakan humidifier atau pelembap ruangan.
  • Gunakan kain dingin di atas kulit yang kering dan gatal.
  • Atasi bibir kering. Sebelum tidur, gunakan lip balm yang mengandung petrolatum. Nama lain untuk kandungan ini adalah petroleum jelly dan mineral oil.
  • Hindari tempat yang terlalu dingin untuk mencegah bibir dan tangan pecah-pecah.
  • Lindungi kulit wajah Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, bersihkan wajah sekali sehari saja, di malam hari. Di pagi hari, bilas wajah dengan air dingin.
kulit sehatperawatan kulitgatal
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/psoriasis/why-so-itchy#1
Diakses pada 30 Januari 2019
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/dry-skin-self-care
Diakses pada 11 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait